bangben12Avatar border
TS
bangben12
MANFAAT TELUR AYAM BAGI KESEHATAN
MANFAAT TELUR AYAM BAGI KESEHATAN





Di indonesia, telur ayam atau telur merupakan salah satu pangan sumber protein yang popular, mudah diperoleh dan relatif murah. Selain itu, telur juga merupakan makanan yang kaya zat gizi. Sebutir telur mengandung 162 kal, 12.8 protein, 11.5 lemak dan 0.7 karbohidrat. Selain itu telur juga kaya akan berbagai vitamin dan mineral sepertu minetal vitamin A, kalsium fosfor dan zat besi. Beberapa telur yang diproduksi secara khusus juga mrngandung omega-3 yang signifikan. Telur juga mengandung kolesterol. Meskipun telur mengandung kolestrol, tetapi telur tetap menjadi pilihan pangan sumber protein hewani yang terjangkau dan baik bagi kesehatan

Telur terdiri atas dua bagian utama yaitu putih telur dan kunibg tekur. Keduanya meniliki kandubgan gizi yang berbeda. Putih telur berwujud cairan bening yang mengelilingi kuning telur dan mengandung vitamin B2, B3, serta memiliki kadar lemak yang lebih rendah dibandingkan kuning telur. Sebaiknya besar kuning telur mengandung energi dan lemak. Kuning telur juga mengandung berbagai vitamin larut krmak seperti vitamin A, D, dan K. Selain itu kuning telur juga kaya akan mineral seperti zat besi, fosfor dan kalsium.

Menjamin kondisi telur tetap baik saat disimpan dapat mengurangi kerusakan kandungan telur. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyimpanan telur :

1. Menghindari menyimpan dan mengonsumsi telur dengan cangkang yang rusak atau pecah.
2. Menyimpan telur dalam suhu rendah lebih baik daripada disimpan dalam suhu ruangan karena bakteri akan mudah masuk dan berkembang dalam suhu ruang.
3. Menghindari mencuci telur dengan air sampai basah karena air dapat merusak lapisan pelindung di dalam cangkang telur


Manfaat Mengkonsumsi Telur

Telur merupan salah satu sumber zat gizi yang mudah dengan harga relatif terjangkau serta memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. Adapun manfaat telur antara lain sebagai berikut :

• Sumber Protein Sebagai Zat Pembangun

Kandungan protein dalam telur berguna sebagai zat pembangun tubuh. Dimana protein merupakan kandungan gizi paling besar dalam telur. Protein sebagai zat pembangun memiliki banyak sekali fungsi penting seperti marangsang pertumbuhan, memperbaiki jaringan tubuh yang baru dan sehat. Sebutir telur juga mengandung beberapa asam amino yang tidak tersedia oleh tubuh. Asam amino tersebut hanya bisa diperoleh dari makanan yang dikonsumsi. Jenis telur yang diproduksi secara khusus memubgkinkan telur mengandung omega-3 yang baik ubtuk perkembangab dab pemeliharaan sel-sel otak

• Menjaga Kesehatan Kulit Dan Mata

Kekurangan vitamin A bisa menyebabkan ketajaman dan kesehatan mata menurun. Salain itu kekurangan vitamin A juga dapat membuat seseorabg berisiko terkena penyakit mata seperti katarak. Telur merupakan slah satu makanan yang kaya akan vitamin A dan B kompleks. Vitamin tersebut memiliki peran dalam menjaga kesehatan mata. Vitamin juga memiliki peran menjaga kulit tetap sehat dengan mencegah kerusakan pada jaringan kulit.

• Menjaga Imunitasi Tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang baik dapat mencegah timbulnya berbagai macam jenis penyakit tang membahayakan tubuh. Telur memiliki kandungan zat gizi yang berperan sebagai antioksidan dan dapat membantu dalam menjaga imunitas tubuh

Contoh-Contoh Jenis Telur Ayam :

1. Telur organik
2. Telur omega-3
3. Telur coklat
4. Telur pasteurisasi
5. Telur ayam yang dikandangkan
6. Telur ayam bebas tidak dikandang
7. Telur ayam kampung

Contoh Hidangan Telur :




Telur Balado

Bahan - Bahan

- 6 butir telur
- 3 sdm minyak goreng unyuk menumis

Bumbu yang dihaluskan

- 10 buah cabai merah kering
- 6 butir bawang merah
- 5 buah cabai rawit merah
- 3 butir bawang putih
- 1 butir kemiri
- 1 sdt bumbu penyedap rasa ayam
- 1 buah tomat
- 1 sdt garam
- 100 ml air

Langkah - Langkah Membuat

1. Telur direbus hingga matang, dikuoas kulitnya, dan digoreng dalam minyak banyak sampai bagian luar telihat menguning.
2. Bumbu yang sudah dihaluskan kemudian ditumis sampai tercium bau harum.
3. Telur yang sudah direbus dimasukan dalam tumisan bumbu, diaduk hingga merata, kemudian ditambahkan air.
4. Dibiarkan sejenak agar bumbu meresap lalu angkat dan sajikan

Saran penyajian : 6
Waktu memasak : 30 menit
dd5627
bebebeneneus
budi904
budi904 dan 20 lainnya memberi reputasi
21
2.7K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan