- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Mengenal Lebih Dekat Sinar Jaya,Rekomendasi Bus Mewah Dengan Harga Tiket Kaki Lima


TS
si.matamalaikat
Mengenal Lebih Dekat Sinar Jaya,Rekomendasi Bus Mewah Dengan Harga Tiket Kaki Lima
Sudah lama ane gak nulis soal sejarah bus,jadi kangen rasanya gan sist.Kali ini ane akan membahs sejarah bus legendaris dan mempunyai armada paling banyak didaerah pantura.Bus ini juga terkenal akan ugal-ugalannya didekade 90-an,tapi sekarang bus ini sudah insyaf gan sist.Dan jadi pelopor bus nyaman dijalurnya,nama bus tersebut adalah Sinar Jaya.
Sepengetahuan TS,bus Sinjay (Sinar Jaya) ini garasi pusatnya ada didaerah Bekasi.Saat ini melayani berbagai tujuan,dari Jabodetabek menuju wilayah Jateng,Jatim,Jogja sampai Sumatera (Lampung).Bagi gan sist yang sering mudik ke daerah Jateng (Tegal,Cilacap,Wonosobo,Banjarnegara,Purbalingga,Purworejo) bahkan Jogja,pasti sudah gak asing dengan nama Sinjay.Terutama dijalur selatan Jawa yang kotanya ane sebut tadi,bus ini menjadi penguasa disana.Dimana satu terminal isinya didominasi bus Sinar Jaya semua gan sist
,untuk obat karena gak bisa mudik tahun ini.Yuk kita simak sejarah PO legendaris ini 

Sumber
Sejarah Berdirinya Sinar Jaya
Sinjay ini mulai eksis ditahun 80-an gan sist,lebih tepatnya sekitar tahun 1982.Dulu Sinjay terkenal akan body bus kapsulnya,FYI body bus ini memang unik dan menjadi favorit pengusaha bus dan masyarakat pada masanya.Selain itu,dulu Sinjay juga terkenal dengan sorot lampu dim berwarna kuning,ketika akan meminta jalur atau menyalip kendaraan didepannya.

Body kapsul milik Sinjay
Sumber
Dulu diawal kemunculannya,bus ini terkenal akan kecepatannya.Jatah solar cor membuat bus ini lari kesetanan di pantura.Hingga menyebabkan beberapa kecelakaan fatal dimasanya,bahkan salah satu trayeknya pernah dicabut oleh Dishub.Akibat hal ini Sinjay mulai berbenah,dan tidak lagi mengandalkan kecepatan.Tapi mulai mengandalkan kenyamanannya,dan dari kejadian ini mereka mulai menerapkan sistem solar jatah.Sehingga pengemudi tidak akan seenaknya sendiri memacu bus dijalan.
Pilihan Bus Dengan Harga Tiket Kaki Lima

Sumber
Dari dulu sampai sekarang Sinjay memberi harga tiket yang lebih murah (harga kaki lima) kepada para penumpangnya gan sist,membuatnya menjadi pilihan alternatif bus saat hendak bepergian ke Ibukota.Meski tidak menawarkan kecepatan lagi,namun sampai sekarang Sinjay masih jadi favorit bus bagi masyarakat.Dan mulai dikenal akan kenyamanannya,terutama harga tiket yang bersahabat dari kompetitor lainnya.
Walaupun melepas image bus cepat,namun Sinjay mampu bertahan dan malah armadanya semakin bertambah banyak dari tahun ke tahun.Rute favoritnya Sinjay yang ramai sebelum pandemi corona melanda antara lain: Jakarta-Jogja via Magelang,Jakarta-Solo,Jakarta-Cilacap,Jakarta-Surabaya full tol trans Jawa.
Tragedi Kelam Di Tegal,Dan Pencabutan Trayek Oleh Dishub
Seperti yang ane tuis diawal,Sinjay juga punya masa kelamnya gan sist dalam dunia transportasi bus Indonesia.Awal berdiri sampai era awal 2000-an,bus ini memang terkenal akan kecepatannya.Sehingga banyak mengalami tragedi kecelakaan,yang merenggut korban jiwa.
Kecelakaan tragis yang paling diingat terjadi didaerah Tegal,Jawa Tengah.Tepatnya di desa Lebaksiu kecamatan Slawi,waktu itu bus hilang kendali dan menabrak kios bensin eceran sampai terbakar gan sist.17 orang meninggal dunia termasuk dua warga yang ada disekitar TKP
:strip_icc():format(webp)/kly-media-production/medias/386352/original/2401032bBus.jpg)
Sumber
Bus sendiri hendak menuju Jakarta dari Banjarnegara,kecelakaan ini terjadi pada tanggal 23 November 2002 silam gan sist,untuk trayek ini kemudian dibekukan oleh dishub pada masanya seingat TS.Setelah laka ini,Sinjay melakukan pembenahan gan sist.Dan meninggalkan image cepat mereka.Kini bagi para pumpang setianya Sinjay dapat julukan baru yakni Keong Cipali,karena lebih mementingkan kenyamanan daripada kecepatan.
Berkembang Pesat Dan Punya Beberapa Cabang Perusahaan
Seiring berjalannya waktu,Sinjay mulai tumbuh pesat.Menjadi salah satu PO besar di pulau Jawa,ini ditunjukkan dengan mulai melakukan pelebaran sayap diberbagai bidang.Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Sinar Shuttle,travelnya Sinjay
Sumber

Sinar Express,ekspedisi milik Sinjay
Sumber

Star Bus,divisi pariwisata Sinjay gan sist
Armada Yang Digunakan

Hino RK8 (R260) milik Sinjay
Sumber
Selama ini Sinar Jaya selalu setia dengan poduk Hino untu mesin busnya,dari Hino RG sampai RK.Dan tak ketinggalan mereka juga punya RN 285 chasis bus premium dari Hino
Tercatat mereka hanya punya dua buah bus tipe Merceses Benz saja sejauh ini,tipe Mercy tersebut digunakan pada body bus tingkat mereka.Dengan tipe Mercy OC 500 RF 2542,dulu bus tingkat ini mengisi trayek Jakarta-Purwodadi.

Mercy OC500RF 2542 milik Sinjay
Sumber
Karena okupansi penumpang kurang bagus,bus tingkat ini pun dipindahkan ke trayek Jakarta-Surabaya via tol trans Jawa.Hal ini mengusik PO asli Jawa Timur dengan lambang kudanya,setelah Sinjay mulai masuk wilayah Jatim dengan bus SHD dan juga sleeper busnya.Harjay pada akhirnya juga memasang badan,dengan mengoperasikan bus tingkat dan bus SHD-nya untuk trayek Jakarta-Surabaya
Dan terjadilah persaingan sengit dua PO besar di pulau Jawa, antara Sinar Jaya dan Harapan Jaya,untuk trayek Surabaya-Jakarta.Hal ini pun berdampak positif,terutama bagi penumpang,karena punya alternatif pilihan bus nyaman untuk menuju ibukota gan sist
Karoseri Yang Digunakan
Untuk body bus yang digunakan Sinjay memakai jenis body dari berbagai karoseri top di Indonesia.Karoseri yang digunakan antara lain adalah Rahayu Santosa,Tentrem,Laksana sampai Adiputro.
Berikut beberapa body bus kekinian milik Sinjay gan sist, semuanya memakai mesin Hino RK 8 (R260),untuk warna bodynya cukup simple ya.Dulu bodynya berwarna abu-abu dengan strip garis warna-warni memanjang dari bagian depan ke belakang,warna abu-abu tersebut kini berubah jadi warna putih.

Body Jetliner by Rahaya Santosa
Sumber

Body Avante by Tentrem
Sumber

Body SR 2 by Laksana
Sumber

Body Jetbus 3+ by Adiputro
Sumber
Sinar Jaya Pelopor Sleeper Bus

SR2 sleeper bus Sinar Jaya,Hino RN 285
Sumber
Pertengahan 2019 kemarin,Sinar Jaya menjadi pelopor pengguna sleeper bus pertama di Indonesia gan sist.Produk sleeper ini pertama kali diperkenalkan oleh karoseri Laksana pada evet otomotif GIIAS tahun 2019 kemarin.
Pada sleeper bus ini,bangku duduknya diganti dengan bed (tempat tidur gan sist).Jadi kalian bisa full tiduran+rebahan sepanjang perjalanan,karena alasan keselamatan maka model sleeper bus dengan tempat tidur itu harus dirubah,dengan posisi menggunakan tempat duduk dengan sudut kemiringan semi tidur.Perubahan ini untuk mengantisipasi kalau terjadi apa-apa dijalan,penumpang bisa segera bangun dari tempat tidurnya.FYI ada 21 tempat tidur dalam sleeper bus ini gan sist,sudah dilengkapi berbagai perlengkapan seperti: usb charger,tempat botol,tv led,lampu baca dan tidur,CCTV dan tempat alas kaki.

Sleeper bus Sinjay,Hino RN 285,SR2 suites class by Laksana
Sumber


Sumber

Sumber
Interiornya si sleeper bus gan sist
Dan sleeper bus ini digunakan Sinjay untuk trayek Surabaya-Jakarta full tol trans Jawa,wah keren ya.Warga Surabaya dimanjakan oleh Sinar Jaya,setelah mengoperasikan unit sleeper ini.Mereka kemudian mengirim bus tingkatnya juga,untuk trayek yang sama.Untuk tarif suites class ini berkisar antara Rp 450 ribu gan sist,harga sewaktu-waktu bisa berubah
Nah sekian dulu cerita sejarahnya Sinar Jaya,semoga bisa nambah wawasan kita semua seputar dunia perbusan tanah air.Tentu kita terus berdoa dan berharap agar pandemi ini segera berakhir,segalanya bisa normal,dan roda ekonomi bisa berputar kembali.
Jangan Mudik Dulu
Sepengetahuan TS,bus Sinjay (Sinar Jaya) ini garasi pusatnya ada didaerah Bekasi.Saat ini melayani berbagai tujuan,dari Jabodetabek menuju wilayah Jateng,Jatim,Jogja sampai Sumatera (Lampung).Bagi gan sist yang sering mudik ke daerah Jateng (Tegal,Cilacap,Wonosobo,Banjarnegara,Purbalingga,Purworejo) bahkan Jogja,pasti sudah gak asing dengan nama Sinjay.Terutama dijalur selatan Jawa yang kotanya ane sebut tadi,bus ini menjadi penguasa disana.Dimana satu terminal isinya didominasi bus Sinar Jaya semua gan sist



Sumber
Sejarah Berdirinya Sinar Jaya
Sinjay ini mulai eksis ditahun 80-an gan sist,lebih tepatnya sekitar tahun 1982.Dulu Sinjay terkenal akan body bus kapsulnya,FYI body bus ini memang unik dan menjadi favorit pengusaha bus dan masyarakat pada masanya.Selain itu,dulu Sinjay juga terkenal dengan sorot lampu dim berwarna kuning,ketika akan meminta jalur atau menyalip kendaraan didepannya.

Body kapsul milik Sinjay

Sumber
Dulu diawal kemunculannya,bus ini terkenal akan kecepatannya.Jatah solar cor membuat bus ini lari kesetanan di pantura.Hingga menyebabkan beberapa kecelakaan fatal dimasanya,bahkan salah satu trayeknya pernah dicabut oleh Dishub.Akibat hal ini Sinjay mulai berbenah,dan tidak lagi mengandalkan kecepatan.Tapi mulai mengandalkan kenyamanannya,dan dari kejadian ini mereka mulai menerapkan sistem solar jatah.Sehingga pengemudi tidak akan seenaknya sendiri memacu bus dijalan.
Pilihan Bus Dengan Harga Tiket Kaki Lima

Sumber
Dari dulu sampai sekarang Sinjay memberi harga tiket yang lebih murah (harga kaki lima) kepada para penumpangnya gan sist,membuatnya menjadi pilihan alternatif bus saat hendak bepergian ke Ibukota.Meski tidak menawarkan kecepatan lagi,namun sampai sekarang Sinjay masih jadi favorit bus bagi masyarakat.Dan mulai dikenal akan kenyamanannya,terutama harga tiket yang bersahabat dari kompetitor lainnya.
Walaupun melepas image bus cepat,namun Sinjay mampu bertahan dan malah armadanya semakin bertambah banyak dari tahun ke tahun.Rute favoritnya Sinjay yang ramai sebelum pandemi corona melanda antara lain: Jakarta-Jogja via Magelang,Jakarta-Solo,Jakarta-Cilacap,Jakarta-Surabaya full tol trans Jawa.
Tragedi Kelam Di Tegal,Dan Pencabutan Trayek Oleh Dishub
Seperti yang ane tuis diawal,Sinjay juga punya masa kelamnya gan sist dalam dunia transportasi bus Indonesia.Awal berdiri sampai era awal 2000-an,bus ini memang terkenal akan kecepatannya.Sehingga banyak mengalami tragedi kecelakaan,yang merenggut korban jiwa.
Kecelakaan tragis yang paling diingat terjadi didaerah Tegal,Jawa Tengah.Tepatnya di desa Lebaksiu kecamatan Slawi,waktu itu bus hilang kendali dan menabrak kios bensin eceran sampai terbakar gan sist.17 orang meninggal dunia termasuk dua warga yang ada disekitar TKP

:strip_icc():format(webp)/kly-media-production/medias/386352/original/2401032bBus.jpg)
Sumber
Bus sendiri hendak menuju Jakarta dari Banjarnegara,kecelakaan ini terjadi pada tanggal 23 November 2002 silam gan sist,untuk trayek ini kemudian dibekukan oleh dishub pada masanya seingat TS.Setelah laka ini,Sinjay melakukan pembenahan gan sist.Dan meninggalkan image cepat mereka.Kini bagi para pumpang setianya Sinjay dapat julukan baru yakni Keong Cipali,karena lebih mementingkan kenyamanan daripada kecepatan.
Berkembang Pesat Dan Punya Beberapa Cabang Perusahaan
Seiring berjalannya waktu,Sinjay mulai tumbuh pesat.Menjadi salah satu PO besar di pulau Jawa,ini ditunjukkan dengan mulai melakukan pelebaran sayap diberbagai bidang.Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:
Quote:

Sinar Shuttle,travelnya Sinjay
Sumber

Sinar Express,ekspedisi milik Sinjay
Sumber

Star Bus,divisi pariwisata Sinjay gan sist

Armada Yang Digunakan

Hino RK8 (R260) milik Sinjay
Sumber
Selama ini Sinar Jaya selalu setia dengan poduk Hino untu mesin busnya,dari Hino RG sampai RK.Dan tak ketinggalan mereka juga punya RN 285 chasis bus premium dari Hino

Tercatat mereka hanya punya dua buah bus tipe Merceses Benz saja sejauh ini,tipe Mercy tersebut digunakan pada body bus tingkat mereka.Dengan tipe Mercy OC 500 RF 2542,dulu bus tingkat ini mengisi trayek Jakarta-Purwodadi.

Mercy OC500RF 2542 milik Sinjay

Sumber
Karena okupansi penumpang kurang bagus,bus tingkat ini pun dipindahkan ke trayek Jakarta-Surabaya via tol trans Jawa.Hal ini mengusik PO asli Jawa Timur dengan lambang kudanya,setelah Sinjay mulai masuk wilayah Jatim dengan bus SHD dan juga sleeper busnya.Harjay pada akhirnya juga memasang badan,dengan mengoperasikan bus tingkat dan bus SHD-nya untuk trayek Jakarta-Surabaya

Dan terjadilah persaingan sengit dua PO besar di pulau Jawa, antara Sinar Jaya dan Harapan Jaya,untuk trayek Surabaya-Jakarta.Hal ini pun berdampak positif,terutama bagi penumpang,karena punya alternatif pilihan bus nyaman untuk menuju ibukota gan sist

Quote:
Karoseri Yang Digunakan
Untuk body bus yang digunakan Sinjay memakai jenis body dari berbagai karoseri top di Indonesia.Karoseri yang digunakan antara lain adalah Rahayu Santosa,Tentrem,Laksana sampai Adiputro.
Berikut beberapa body bus kekinian milik Sinjay gan sist, semuanya memakai mesin Hino RK 8 (R260),untuk warna bodynya cukup simple ya.Dulu bodynya berwarna abu-abu dengan strip garis warna-warni memanjang dari bagian depan ke belakang,warna abu-abu tersebut kini berubah jadi warna putih.

Body Jetliner by Rahaya Santosa
Sumber

Body Avante by Tentrem
Sumber

Body SR 2 by Laksana
Sumber

Body Jetbus 3+ by Adiputro
Sumber
Sinar Jaya Pelopor Sleeper Bus

SR2 sleeper bus Sinar Jaya,Hino RN 285
Sumber
Pertengahan 2019 kemarin,Sinar Jaya menjadi pelopor pengguna sleeper bus pertama di Indonesia gan sist.Produk sleeper ini pertama kali diperkenalkan oleh karoseri Laksana pada evet otomotif GIIAS tahun 2019 kemarin.
Pada sleeper bus ini,bangku duduknya diganti dengan bed (tempat tidur gan sist).Jadi kalian bisa full tiduran+rebahan sepanjang perjalanan,karena alasan keselamatan maka model sleeper bus dengan tempat tidur itu harus dirubah,dengan posisi menggunakan tempat duduk dengan sudut kemiringan semi tidur.Perubahan ini untuk mengantisipasi kalau terjadi apa-apa dijalan,penumpang bisa segera bangun dari tempat tidurnya.FYI ada 21 tempat tidur dalam sleeper bus ini gan sist,sudah dilengkapi berbagai perlengkapan seperti: usb charger,tempat botol,tv led,lampu baca dan tidur,CCTV dan tempat alas kaki.

Sleeper bus Sinjay,Hino RN 285,SR2 suites class by Laksana
Sumber


Sumber

Sumber
Interiornya si sleeper bus gan sist
Dan sleeper bus ini digunakan Sinjay untuk trayek Surabaya-Jakarta full tol trans Jawa,wah keren ya.Warga Surabaya dimanjakan oleh Sinar Jaya,setelah mengoperasikan unit sleeper ini.Mereka kemudian mengirim bus tingkatnya juga,untuk trayek yang sama.Untuk tarif suites class ini berkisar antara Rp 450 ribu gan sist,harga sewaktu-waktu bisa berubah

Nah sekian dulu cerita sejarahnya Sinar Jaya,semoga bisa nambah wawasan kita semua seputar dunia perbusan tanah air.Tentu kita terus berdoa dan berharap agar pandemi ini segera berakhir,segalanya bisa normal,dan roda ekonomi bisa berputar kembali.
Jangan Mudik Dulu

Sumber: opini,pengamatan dan pemikiran pribadi
Rederensi: 1,2,3
Ilustrasi: google image,blog bismania,blog otomotif
Diubah oleh si.matamalaikat 20-05-2020 02:51






Feraldi.Noval dan 80 lainnya memberi reputasi
77
14.5K
161


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan