CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Komik & Ilustrasi /
Komik Strip Jadul Kesukaanku
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec1e5147e3a724ad07be4e6/komik-strip-jadul-kesukaanku

Komik Strip Jadul Kesukaanku

Spoiler for spoiler:


Komik strip atau gambar kartun di majalah maupun koran adalah bagian tersendiri yang memperkaya dan melengkapi gudang ingatanku. Menghuni dengan aman dan sesekali muncul sebagai kenangan indah dan membuat nyaman.

Ada beberapa komik strip yang menjadi kesayanganku, di antaranya adalah:


1. Wayang Mbeling



Spoiler for spoiler:



Wayang Mbeling adalah komik strip karangan kartunis dari Semarang, Goenawan Pranyoto atau Goen. Komik yang bisa ditemukan di Majalah Remaja Pelajar MOP karena majalah ini adalah majalah wajib yang harus dibeli pelajar SMP dan SMA tahun 80 sampai 90 an

Komik khas yang mengangkat cerita wayang keluar dari pakemnya. Out of the box. Terasa pas, menikmati budaya luhur dalam balutan rasa kekinian kala itu. Renyah dan manis.

Berbagai cerita wayang atau cerita rakyat diangkat dalam cerita yang ringan dan menghibur.

Bisa ditemukan di komik ini, peran utama selalu digambarkan tampan dan gagah, juga cantik nan seksi. Sedang tokoh figurannya, tampil benar-benar komikal.

Pakaian wayang campur pakaian modern seperti, kaos oblong dan celana jeans adalah ciri khasnya.

Dikomik ini tidak hanya senjata keris, panah, gada dan trisula bahkan senjata laras panjang, pistol gengam, granat, basoka, tank, roket, dan senjata mutakhir lainnya meramaikan ilustrasi yang sangat keren, menggelitik.

Ini, adalah komik strip paling juara yang aku suka saat itu hingga kini.

Komik yang mampu menginspirasi tulisanku di Kaskus, Plukme dan Kompasiana mengangkat cerita wayang mbeling juga. Ini salah satunya.
Spoiler for spoiler:


2. Doyok


Spoiler for spoiler:


Ini juga komik strip yang aku dapatkan dengan penuh perjuangan, menunggu dengan sabar. Apa pasal?

Aku kan dulu tinggalnya jauh dari ibukota Jakarta. Sehingga sangat sulit untuk mendapatkan komik strip ini yang merupakan komik harian di koran harian Pos Kota Jakarta.

Alhasil, untuk memperoleh komik ini, aku rela menunggu mingguan bahkan bulanan, setia menunggu saudara atau tetangga yang pulang kampung dari Jakarta.

Bukan oleh-oleh yang aku kejar tapi bungkus oleh-oleh yaitu koran Pos Kota ini. Syukur-syukur ada lembaran koran yang utuh. Itu adalah oleh-oleh terindah untukku.

Komik Strip kesayangan, Doyok, Ali Oncom dan Otoy.

Komik yang selalu mendapat jatah halaman terdepan dan tampil lebih besar adalah karya kartunis Keliek Siswoyo dari Kota Gede, Jogja, Jawa Tengah.

Doyok adalah komik fenomenal untuk mengangkat Pos Kota lebih familiar buat pembaca.

Tokoh lelaki bujang Jawa berbelangkon dan berbaju surjan dan celana mangkentols, khas dengan giginya yang nongol keluar.

Komik yang mengangkat cerita kekinian dengan dengan berbagai tema sosialpolitikbudaya dalam kemasan celetukan berisi kritik nakal dan sopan.

Tokoh yang selalu membela dan memperjuangkan nasib rakyat kecil dan kaum marginal.

Spoiler for spoiler:


3. Otoy


Spoiler for spoiler:


Tokoh Otoy yang bisa ditemukan di lembar bergambar di koran Pos Kota juga.

Dengan tampilan khas rambut licin melancip panjang ke depan. Kaos oblong, celana pendek bergaris dan sepatu andalan. Badan sedikit berisi. Sebagai wakil karakter dari lelaki beristri yang muncul dengan anaknya Cungkring yang modelnya sama dan sebangun dengan bapaknya.

Otoy adalah besutan dari kartunis Kuswondo DS Tokoh kartun wakil dari lelaki Sunda yang merantau di Jakarta. Hidup dalam tekanan istri dan mertuannya.


4. Ali Oncom


Ali Oncom adalah hasil kepiawaian komikus asal Magelang, Budi Priyono.

Karakter pemuda kampungan asal Betawi, yang bekerja serabutan, malah sering menganggur ini mempunyai keinginan meniru gaya kaum mapan ibukota.

Karena dandanannya yang aneh rambut gondrong, cepak pinggir, botak atas dan berkuncir. Baju lengan digulung dan celana jeans kucel merupakan tampilan absurd yang mengokohkan dirinya sebagai pribadi kampungan. Sederhana, jujur dan lugas. Wakil pemuda miskin yang ingin bergaya mapan dan mewah.

Komik strip satir yang sentilannya kadang pedih dan menohok.

Seperti cebol meraih rembulan, maunya bergaya kaya dan trendy malah jatuhnya selalu ketinggalan jaman karena kemiskinannya. Tingkah playboy cap kodok punya.

Spoiler for spoiler:


Ketiga komik strip ini mengangkat realita kehidupan sehari-hari dengan kritik, sindiran yang memyentil genit.

Sambil tertawa dan mentertawakan diri sendiri menikmati semua kritiki ini.

5. Panji Koming


Spoiler for spoiler:


Panji Koming komik buatan Dwi Koendoro atau DwiKoen
Bersetting masa kejayaan Kerajaan Majapahit namun merefleksikan kehidupan politik dan bernegara masa sekarang.

Pemuda kelas menengah bawah yang lugu dan peragu bersama Ni Woro Ciblon yang cantik, pendiam dan sabar.

Melihat tokoh elite yang direprenstasikan dengan tokoh Den Mas Aryo Kendor. Birokat yang gila jabatan dan proyek. Kesana kemari diikuti anak buahnya yang setia mengekorinya.

Panji Koming dan Pailul dkk menyentil dengan gaya komedi, sindiran, satir tentang keadaan sospolbud aktual masa sekarang di dalam geliat kehidupan Jawa kerajaan masa lalu.






Nah, mana kartun atau komik strip jagoanmu?

Mampukah mereka menjadi sumber inspirasimu?


Boleh Kritik, Nakal Asal Santun. Jangan Lupa beri Solusi, itu baru komplit!


Selamat pagi

JAGAT ALIT
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 18 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ndutsetiawan
Halaman 1 dari 2
kalo di Suara Merdeka dulu ada "PAK BEI" gan emoticon-Hot News

Komik Strip Jadul Kesukaanku
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoga.perez dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kamenridergabut
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh babanbe
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
nostalgia
profile-picture
aldienzoro memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Lembergar pos kota
profile-picture
ndutsetiawan memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Komik strip kesukaan ane si Gundul dari Tabloid Bola.

emoticon-Xabi emoticon-Xabi emoticon-Xabi

Komik Strip Jadul Kesukaanku
profile-picture
profile-picture
profile-picture
djembaut dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
kalo gw tatang s gan si petruk
profile-picture
el.achmeedy memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh babanbe
haha
lembergar poskota lah
ga ada lawan
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kalo ga salah baca ini di koran pos kota
suka nih ane dulu kalau ada koran pasti yang dicari komik-komik nya
Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Hahaha... banyak yang suka horee
profile-picture
danQe memberi reputasi
Hampir semua pernah ane baca,dulu seneng banget baca komik model seperti ini emoticon-Jempol
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
lembergar poskota dulunya (jaman 80-90an) malah sampe 4 halaman penuh sekali terbit (seluruhnya ada sekitar 20an komik strip sekaligus) karena pd waktu itu komikus yg berkontribusi disitu banyak emoticon-Matahari

tapi saat ini jumlah komik stripnya udh jauh berkurang, malah ngga nyampe 1 halaman.... antara lain karena satu per satu komikusnya udh meninggal & ngga ada penerusnya emoticon-norose
profile-picture
adica2006 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Post ini telah dihapus oleh babanbe
ali oncom paling memorable.
emoticon-Ngakak
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Benny & mice emoticon-thumbsup
Juwita & si Sirik emoticon-thumbsup
Paman Kikuk, Husin & Asta emoticon-thumbsup
Pak Janggut & Lemari 1000 pintu emoticon-thumbsup
Bona & Rong-rong emoticon-thumbsup
Oki, Nirmala & Ratu Bidadari emoticon-thumbsup
Bobo emoticon-thumbsup
profile-picture
el.achmeedy memberi reputasi
Diubah oleh alibaba123
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
kolab benny & mice favorit ane bre. sama timun. juga kartun ilustrasinya wahyu kokkang.
doyok dan ali oncom favorite ane...gak kerasa udah tua aja
Quote:


Quote:


Aku aja serasa masih 17 taon
Mantep
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di