herrypengarangAvatar border
TS
herrypengarang
Banyak Baca, Tak Berilmu Juga? Ini Sebabnya!


Kita pasti kenal ungkapan ini, “Buku adalah jendela dunia.” Membaca buku berarti membuka wawasan kita, membuat kita berilmu. Tak heran jika anak-anak sekolah, dari jenjang yang paling rendah hingga paling tinggi diingatkan oleh para gurunya untuk rajin membaca. 

Sekarang, aktivitas membaca tersebut tidak hanya membaca buku secara fisik, karena buku pun sudah berkembang menjadi buku digital. Kegiatan membaca juga sudah berkembang, dengan berkembangnya dunia internet. Banyak berita bisa dibaca secara daring (online), demikian juga artikel, esai, hingga karya-karya nonfiksi seperti puisi, cerpen, dan lain-lain.

Banyak membaca pun menjadikan kita sebagai insan yang berilmu, berbudi pekerti, dan bermental serta berkarakter kuat. Tapi, kenapa banyak baca, tak berilmu jua? Ini penyebabnya.

1. Tidak tahu tujuan membaca



Tetapkan dulu tujuanmu! Itu penting, termasuk ketika ingin banyak membaca. Jika tujuan kita adalah ingin menambah ilmu politik, ya bacalah referensi-referensi yang berkaitan dengan dunia politik. Demikian pula, jika tujuan kita membaca ingin memperkuat mental di kala krisis maka bacalah bacaan-bacaan yang bertema inspirasi, motivasi, atau pengembangan diri.

Tujuan membaca yang sudah dipahami pada awalnya akan mengarahkan kita pada bacaan-bacaan yang tepat. Jika asal baca banyak sumber tapi tidak sesuai dengan tujuan maka ilmu kita pun tidak berkembang dari aktivitas baca yang kita lakukan.

2. Tidak tahu manfaat membaca



Mengapa orang malas baca? Mengapa guru, orangtua, dan pemerhati pendidikan sampai saat ini masih prihatin karena minat baca anak didik belum sesuai dengan yang diharapkan? Salah satunya adalah kita tidak tahu manfaat membaca. Padahal, untuk melakukan apa pun, jika kita tahu manfaatnya maka kita bisa melakukannya dengan riang.

Ketidaktahuan manfaat membaca inilah yang juga membuat kita terbiasa membaca dengan tidak tuntas. Misalnya, sekadar membaca judulnya, tanpa memperdalam dengan membaca isinya. Kita pun menjadi insan yang tidak berilmu dari apa yang kita baca. Membaca judul tanpa membaca isi tulisan, misalnya, akan membuat kita punya pemikiran sendiri, pendapat sendiri, bahkan kecurigaan sendiri, yang berujung pada emosi, kemarahan tak terkendali, atau berakhir pada ketakutan dari apa yang kita baca. Ilmu menjauh, prasangka yang berkembang!

3. Tidak pernah tuntas saat membaca



Melengkapi poin 2, salah satu penyebab kita tidak berilmu meski banyak baca, karena kita terbiasa membaca apa pun tanpa menuntaskannya. Hanya membaca judul, hanya membaca paragraf pertama, atau hanya membaca pengantarnya, tanpa menuntaskannya, membuat ilmu kita tidak sempurna. Bahkan, kita bisa menjadi tersesat dengan banyak bacaan yang kita santap.

Contoh sederhana, membaca bacaan bertema kuliner, yang menyuguhkan resep-resep masakan. Apakah kita hanya cukup berhenti pada judul, misalnya, Cara Membuat Kue Bolu, tanpa melanjutkan membaca resepnya? Tentu kita tidak akan bisa mempraktikkan ilmu dari bacaan kuliner tersebut. Atau kita membaca resepnya, tapi tidak sampai akhir. Apakah kue yang akan kita buat menjadi sempurna, enak dimakan dan yummy? Tentu saja tidak.

Demikian pula jika membaca karya sastra, seperti puisi, cerpen, atau novel. Apakah kita hanya membaca setengah dari keseluruhan tulisan yang disajikan? Jika terbiasa demikian maka kita tidak akan mendapatkan ilmu sastra dengan baik. Termasuk jika hanya membaca sinopsisnya, tanpa membaca seluruh novel bernilai sastra, maka kita tidak akan bisa menghayati isi novel yang dituliskan. Ilmu sastra kita menjadi dangkal.

Banyak baca itu menyenangkan, tapi juga menyiksa jika dalam keterpaksaan. Namun, jika ingin berilmu dan berbudi pekerti luhur, ketahui dulu tujuan membaca, manfaatnya, dan tuntaskan semua hal yang kita baca. Itu saja cukup!

Terima kasih sudah membaca tulisan ini sampai tuntas. Semoga kita menjadi insan yang berilmu dan berakhlak mulia dari semua hal yang kita baca.



Foto: pixabay.com
turkusuma
saeful07
nona212
nona212 dan 29 lainnya memberi reputasi
28
2.4K
39
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan