iissuwandiAvatar border
TS
iissuwandi
Pindang Serani, Kuliner Khas Jepara Cocok untuk Menu Berbuka

Gambar
Assalamualaikum

Tak terasa bulan suci Ramadhan tahun ini akan segera berakhir. Memasuki minggu terakhir dan dalam rangka mengikuti event kaskus berbagi cendol berbagi kebaikan, ane mau ngebahas kuliner nusantara. Menu ini sangat cocok disantap untuk menemani saat berbuka Agan dan Sista.

Jepara, salah satu kota kecil di daerah Jawa Tengah, menyimpan beragam cerita dan tentunya memiliki kuliner khas yang amat sayang jika dilewatkan apabila Agan dan Sista sewaktu-waktu berkunjung ke Bumi Kartini. Kota dengan keindahan panorama pantainya yang memikat, membuat masyarakat setempat menjadikan hasil laut sebagai makanan pokok sehari-hari. Hasil laut yang melimpah, membuat harga ikan di daerah ane lebih murah dan gampang banget dijumpai. Ikan-ikan segar yang ditangkap dari laut oleh para nelayan membuat menu olahan laut, khususnya ikan amat sangat diminati.

Ikan dorang
Salah satu kuliner berbahan dasar ikan segar asli Jepara yang wajib Agan dan Sista coba adalah Pindang Serani. Cara mengolahnya gampang banget, karena ikan yang digunakan ikan segar, dijamin rasanya maknyus ditambah dengan perpaduan bumbu-bumbu rumahan yang gampang didapat.

Ikan yang digunakan wajib ikan segar, ya, GanSist. Kalo ane pribadi lebih suka jenis ikan Dorang atau Patikoli. Ikan jenis ini memang harganya di atas rata-rata, setara dengan ikan kakap. Untuk rasa dagingnya, ane lebih suka kedua jenis ikan ini.

Ilustrasi ikan segar
Bumbu-bumbu yang dihaluskan adalah bawang putih, bawang merah, cabe rawit bagi penyuka pedas, merica, sedikit irisan kunyit, sedikit irisan jahe. Setelah bumbu halus, siapkan panci berisi air, rebus hingga air mendidih. Setelah air mendidih, masukkan bumbu yang telah dihaluskan. Masukkan bumbu pelengkap seperti daun berakhlak cemerlang karena selalu menebarkan kebaikan yaitu daun salam, daun jeruk untuk menambah aroma, plus satu batang serai yang telah digeprek.

Oiya, ikan segarnya jangan lupa dibersihkan terlebih dahulu. Dengan membuang bagian perutnya, jika Agan dan Sista menggunakan ikan yang memiliki sisik, sisik ikan juga dibersihkan. Nah, mungkin bagi Agan dan Sista ada yang menyukai bagian insang ikan, boleh tidak dibuang. Tapi kalo ane pribadi, bagian insang ane bersihkan juga.

Setelah bumbu dan teman-temannya dimasukkan dalam air mendidih, selanjutnya masukkan ikan yang telah dibersihkan. Tunggu hingga mendidih. Masukkan kembali daun bawang dan seledri yang telah diiris kasar. Untuk menimbulkan rasa asam dalam masakan, Agan dan Sista bisa menambahkan irisan tomat. Kalo ane rasa asam pada tomat masih kurang, jadi ane tambahkan belimbing wuluh. Jika nggak ada belimbing wuluh, ane gunakan asam kandis atau asam jawa.

Gambar
Tingkat keasaman disesuaikan selera, ya, GanSist. Setelahnya masukkan bahan penyedap lainnya seperti garam, penyedap rasa jika suka, dan gula pasir. Tes rasa, jika dirasa kurang, tinggal ditambah sesuai selera. Bagi yang suka, Agan dan Sista bisa menambahkan daun kemangi. Daun kemangi sebaiknya ditambahkan sesaat sebelum kompor dimatikan.

Pindang serani siap dihidangkan untuk menu berbuka. Buat Agan dan Sista yang nggak suka pedas, untuk cabe rawitnya cukup dicemplungkan dalam keadaan utuh, nggak usah dihaluskan bersama bumbu lainnya. Biasanya ane begitu, jadi anak ane yang balita bisa ikutan menikmati.

Jangan lupa untuk mencicipi pindang serani jika berkunjung ke Jepara. Jika belum sempat berkunjung, Agan dan Sista bisa membuatnya sendiri di rumah. Selamat mencoba.

Penulis : @iissuwandi
Spoiler for :

Spoiler for :
Diubah oleh iissuwandi 17-05-2020 07:23
fardeshil
gembelngehe
nona212
nona212 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
1.3K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan