paspempersAvatar border
TS
paspempers
Lebih terang dari matahari, robot ini jadi mesin pembunuh Ebola
Assalamu Alaikum Wr. Wb
Moga Agan-Agan Pada Sehat Semua Amin


Lebih terang dari matahari, robot ini jadi mesin pembunuh Ebola
Penyebaran virus Ebola yang mulai merambah negara-negara di luar Afrika memantik kecemasan tersendiri. Untuk mencegah penularan yang terjadi di rumah sakit, sebuah robot unik dibuat untuk menjadi mesin pembunuh virus mematikan tersebut.

Robot buatan Xenex yang diberi nama 'Little Moe' tersebut sejatinya sudah diproduksi sejak tahun 2010 silam. Meski harganya cukup mahal, hingga USD 104.000 (sekitar Rp 1,2 miliar tersebut telah digunakan di 250 rumah sakit di seluruh Amerika untuk menghindari persebaran virus Ebola, termasuk rumah sakit Dallas di mana pasien Ebola pertama di Amerika dirawat, Daily Mail (07/10).

Rahasia dibalik kemampuan mematikan robot Little Moe adalah kehadiran perangkat penghasil sinar ultraviolet di dalamnya. Sinar ultraviolet yang dihasilkan berasal dari reaksi kimia gas Xenon yang dikenal tidak beracun. Kekuatan dari sinar tersebut sangat tinggi, diperkirakan sekitar 25.000 kali lebih kuat dari sinar matahari.

Dengan pancaran gelombang ultraviolet 1,5 kali per detiknya, sinar tersebut dapat membunuh beragam bakteri hingga virus yang ada di ruangan di mana alat ini ditempatkan. Pada dasarnya, sinar ultraviolet berfungsi merusak susunan DNA dari virus Ebola.

Jarak pancaran sinar ultraviolet yang paling disarankan maksimal hanya tiga meter saja untuk mendapat hasil sterilisasi terbaik. Tetapi, untuk mendapat jangkauan yang lebih luas, robot ini dilengkapi dengan empat roda yang memungkinkan Little Moe untuk berpindah tempat.

Robot Little Moe diklaim hanya membutuhkan waktu sekitar dua menit untuk membunuh seluruh virus Ebola yang ada di permukaan benda-benda di ruangan rumah sakit. Uniknya, untuk membunuh virus atau bakteri lain, waktu yang diperlukan mencapai lima menit. Ya, walaupun masuk kategori virus mematikan, virus Ebola dapat dibunuh dengan mudah lewat metode penyinaran ultraviolet.

Semoga bermanfaat..
Ane mau juga status id gue ijo gan..jadi yang iso lempar cendolnya yaemoticon-Blue Guy Cendol (L)
Diubah oleh paspempers 08-10-2014 02:52
areev
junaedi1982new
nona212
nona212 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
2.5K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan