tripledoubleAvatar border
TS
tripledouble
Kondisi Kota-kota Paling Berpolusi di Dunia setelah Ada Covid-19
Jakarta: Los Angeles, New Delhi, Jakarta, dan Beijing merupakan beberapa kota yang memiliki tingkat polusi yang paling tinggi di dunia. Dengan adanya pandemi covid-19 seperti sekarang, ada penampakan berbeda di kota-kota tersebut.

Itu karena adanya kebijakan lockdown atau Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) demi mencegah penyebaran covid-19, sehingga menghadirkan perubahan pada kota-kota tersebut. Perubahan yang mencolok tentunya tingkat polusi yang menurun.

Dilansir dari 
Reader’s Digest, berikut ini adalah beberapa kota-kota yang mengalami perubahan tingkat polusi selama pandemi covid-19: 


Beijing, Tiongkok

Berdasarkan pengamatan satelit European Space Agency, langkah ketat dari pemerintah setempat dalam mencegah penyebaran covid-19 pada awal tahun ini menimbulkan terjadinya penurunan konsentrasi nitrogen dioksida secara dramatis. 

Biasanya dilepaskan oleh pembangkit listrik, fasilitas industri, dan asap kendaraan di kota-kota besar di Tiongkok. Sehingga membuat langit Beijing menjadi berpolusi.

"Kualitas udara di Beijing luar biasa. Langit biru cerah selama berminggu-minggu," kata David Roye, MD, profesor bedah ortopedi di Columbia University. 


New Delhi, India

New Delhi memiliki jumlah populasi penduduk sebanyak 21 juta dan juga merupakan salah satu kota yang memiliki tingkat polusi tertinggi di dunia. Sebelum pandemi covid-19, polusi yang berasal dari industri, konstruksi, dan asap kendaraan bermotor membuat kota ini memiliki tingkat kualitas udara yang buruk. 



Namun saat ini, sejak kebijakan pemerintah setempa di tengah pandemi covid-19, ada pengurangan tingkat polusi di New Delhi.


Los Angeles, California, Amerika Serikat

Yifang Zhu, PhD, seorang profesor Ilmu Kesehatan Lingkungan di UCLA Fielding School of Public Healt, menemukan bahwa adanya peningkatan kualitas udara sebesar 20 persen di keseluruhan California Selatan sejak 16 Maret hingga 6 April. 


Tim Dr Zhu juga mengonfirmasi adanya penurunan tingkat polusi sebesar 40 persen, karena adanya pengurangan besar dalam jumlah kendaraan yang melintas.


Dhaka, Bangladesh

Ibu kota Bangladesh ini juga termasuk dalam salah satu kota paling polusi di dunia dan Air Guality Index (AQI) di kota Dhaka berada pada rentang 260 – 319. Dan jika skor AQI sudah berada di atas 150 maka menunjukkan bahwa berpotensi menyebabkan efek kesehatan pada kelompok sensitif. 



Terhitung sejak 29 Maret, tepatnya setelah terjadi pandemi covid-19, dilaporkan skor AQI di kota Dhaka menjadi 91.


Jakarta, Indonesia

Jakarta juga menjadi salah satu kota dengan polusi tertingi bersama New Delhi dan Beijing. Pada Juni tahun lalu Jakarta mencatat skor AQI berada pada tingkat 240. 



Dan beberapa waktu lalu, sekitar akhir Maret sampai awal Mei, skor AQI di kota Jakarta tercatat di bawah 150. Hal itu didukung dengan adanya penerapan social distancing, physical distancing, dan PSBB.


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Yang bisa digarisbawahi dari kondisi berbagai kota diatas sebelum dan selama Covid19 ini, bahwa penyebab terbesar dari polusi udara di kota-kota besar adalah emisi gas buang dari kendaraan bermotor, bukan dari industri atau pembangkit listrik seperti PLTU, kalaupun ada prosentasenya sangat kecil. Bahkan di Jakarta sendiri polusi dari asap kendaraan bermotor menyumbang 65 s/d 70% dari semua sumber polusi yang ada.

Dan harusnya sekarang pemerintah juga harus memikirkan agar kondisi polusi yang menurun sekarang tidak kembali naik setelah pandemi ini berakhir, misal dengan regulasi soal kendaraan rendah emisi (bahkan zero emissions) atau pengendalian jumlah kendaraan yg mana semakin hari semakin bertambah jumlahnya.


Sumber :
https://www.medcom.id/rona/kesehatan/9K50D3Bk-keadaan-kota-kota-paling-berpolusi-di-dunia-setelah-ada-covid-19

Diubah oleh tripledouble 15-05-2020 22:35
zafinsyurga
fiaperm
sarkaje
sarkaje dan 25 lainnya memberi reputasi
26
2.6K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan