Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

JackAlizarAvatar border
TS
OWNER
JackAlizar
Hal-Hal yang masih tetap ada di Ramadhan 1441 H vs Covid19 di Belitung


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Selamat pagi/Siang/Sore/Malam Agan dan Aganwati kaskuser semua, khususnya Budak Bangka Biak belitong, Miak Bangka, Dayang Belitong, kaskuser member KRBB semua. Semoga kita semua dalam keadaan sehat wal afiat, menikmati 10 Hari terakhir di Ramadhan 1441 H walaupun kondisi Negeri kita tercinta sedang terus berjibaku melawan Covid19 ini

 

Thread ane kali ini khusus ane bikin sebagai bentuk keikutsertaan ane dalam Event KASKUS Cendolin Online Regional Serentak 2020 [Bangka Belitung] dan kesempatan kali ini, ane mau bahas tentang “Hal-Hal yang masih tetap ada di Ramadhan 1441 H vs Covid19 di Belitung”

 

Tidak dapat kita pungkiri, Covid19 menyebabkan Suasana Ramadhan tahun ini adalah Ramadhan yang paling berbeda (setidaknya menurut ane) sejak ane lahir. Meskipun begitu, ternyata, tanpa kita sadari, masih terdapat hal-hal yang sama dengan Ramadhan sebelumnya, meskipun mungkin dengan beberapa pergeseran. Hal tersebut antara lain:

 

1.   Shalat Tarawih

Di Pulau Belitung sendiri, pada dasarnya masih terdapat beberapa Masjid yang mengadakan Sahalat Tarawih berjamaah. Namun demikian, sebagian justru memilih Shalat Tarawih di rumah masing-masing, salah satunya yang TS lakukan saat ini. Covid19 tidak dapat mencegah kita dari tetap melaksanakan Shalat Tarawih. Bahkan, gara-gara Covid19 ini, ane yakin justru banyak dari kita yang bisa belajar menjadi imam untuk Shalat Tarawih berjamaah di rumah dengan keluarga kita sendiri.


Spoiler for tarawih:

2.   Persiapan Sahur dan Berbuka Puasa

Sahur di Ramadhan juga tetap berjalan, maksudnya bukan makan sahurnya, tapi kegiatan membangunkan orang lain untuk makan sahur. Walaupun jadinya sekarang gak bisa keliling dini hari untuk membangunkan sahur, tapi masih ada caranya loh, minimal untuk orang terdekat kita walaupun tidak tinggal serumah.

Kalo ane sendiri memilih membangunkan sahur dengan cara menelpon keluarga meskipun jauh dan tidak bisa bertatap muka, dan berulang kali ane lakukan sampai orangnya bangun dan angkat telepon ane.

Spoiler for sahur:


Berburu takjil untuk berbuka puasa juga tetap dilakukan loh. Apalagi jaman canggih sekarang. Semua serba online. Banyak lapak-lapak online setempat yang mengiklankan menu berbuka puasa. Jadi jangan takut kehabisan takjil buat berbuka puasa. Wahkan, dengan pesan secara online, kita justru mendukung program pemerintah dengan tidka berkeliaran di jalan


Spoiler for takjil:

3.   Mengejar Pahala

[size=3]Nah, kalo mengejar pahala udah pasti jelas lah, Covid19 bukan lawan kita demi mendapatkan pahala dan Ridho Allah SWT. Banyak cara nya. Gak harus ke masjid atau ke pertemuan-pertemuan kajian.Shalat wajib dan sunah bisa dilakukan di rumah, termasuk tadarusan dan mengajar anak-anak mengaji. Kajian sekarang lebih canggih loh,. Kajian secara live juga banyak lewat social media.

Spoiler for tadarusan:


]Bahkan, kita justru bisa bersedekah lebih banyak kali ini, apalagi pasti banyak banget saudara kita yang terdampak pandemic ini. Jadi bukan penghalang buat berlomba-lomba mengejar kebaikan di Ramadhan ini.


Spoiler for sedekah:



Selain hal-hal yang ane sebutin tadi, pastinya masih banyak hal-hal positif yang masih tetap terjadi di Ramadhan kali ini. Bagaimana tanggapan agan?

 

Sekian thread sederhana ane, sekalian udah lama gak posting-posting, semoga bermanfaat emoticon-terimakasih

Diubah oleh JackAlizar 15-05-2020 05:27
sofiyuen
nohopemiracle
nona212
nona212 dan 36 lainnya memberi reputasi
37
700
15
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan