CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
DPR Desak Kartu Prakerja Segera Dibatalkan, Ini Alasan Pentingnya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebded337414f570d7637d5f/dpr-desak-kartu-prakerja-segera-dibatalkan-ini-alasan-pentingnya

DPR Desak Kartu Prakerja Segera Dibatalkan, Ini Alasan Pentingnya

DPR Desak Kartu Prakerja Segera Dibatalkan, Ini Alasan Pentingnya
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Willem Wandik mendesak Menko Perekonomian Airlangga Hartarto untuk membatalkan program kartu prakerja di masa pandemi Covid-19. Pasalnya masyarakat saat ini lebih membutuhkan bantuan sembako ataupun tunai daripada pelatihan kerja.

Saat ini banyak masyarakat kita yang mengalami PHK ataupun dirumahkan dari pekerjaannya. Mereka kesulitan membeli kebutuhan pokok ataupun membayar cicilan kredit. Bantuan tunai akan sangat membantu mereka di masa pandemi ini," ujar Wandik yang juga menjabat sebagai Ketua Umum DPP Partai Demokrat, dalam pesan singkatnya, Selasa (12/5). Menurut Wandik, dalam kampanye Presiden Jokowi, sejatinya program kartu prakerja merupakan usaha yang dilakukan Pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan kompetensi tenaga kerja Indonesia untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0.

Oleh karena itu, pelatihan kerja seharusnya dilakukan secara langsung (offline) oleh lembaga pelatihan dan Balai Latihan Kerja yang sudah terakreditasi dan dapat mengeluarkan sertifikasi kompetensi yang dapat digunakan oleh tenaga kerja sewaktu mendaftar ke perusahaan ataupun industri.

Wandik menilai, program kartu prakerja tidak efektif dilaksanakan di masa pandemi. "Selain pelatihan kerja seharusnya ada interaksi langsung pelatih dan peserta, lulusan pelatihan belum tentu terserap dunia kerja karena kondisi ekonomi Indonesia dan dunia saat ini sedang turun akibat dampak pandemi," jelasnya.

Oleh karena itu, Wandik mengingatkan agar Menko Perekonomian segera membatalkan program kartu prakerja di masa pandemik. Anggaran yang ada direalokasi dan refocusing menjadi Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada pekerja yg mengalami PHK ataupun dirumahkan karena pandemi Covid-19. "Kami desak Pak Airlangga segera batalkan program ini," tegas Wandik. Apalagi, kata Wandik, beredar informasi bahwa pelaksanaan program ini tidak menggunakan mekanisme tender dan diduga ada conflict of interest dalam prosesnya. "Anggaran kartu prakerja sangat besar, jangan sampai uang rakyat ini malah menguntungkan kepentingan kelompok tertentu," pungkas Wandik.

Sumber
https://m.ayobandung.com/read/2020/0...san-pentingnya

Opini
Ditengah pandemi yang terjadi saat ini, membuat pemerintah kalang kabut. Baik itu pemerintah legislatif maupun eksekutif. Banyak nya kebijakan yang dikeluarkan pemerintah membuat bingung masyarakat. Yang membuat miris tidak sejalan nya pendapat antara pemerintah eksekutif dan legislatif membuat kondisi tambah runyam.

Masyarakat kebingungan akan kebijakan yang tidak konsisten yang dikeluarkan oleh pemerintah. Belum lagi kebijakan kebijakan yang membuat sebagian masyarakat naik pitam, contoh tenaga kerja asal china yang di isukan akan masuk bulan juli mendatang

Seakan akan pemerintah tidak serius dalam menangani wabah Covid-19 ini. Terbukti dari beberapa kabar yang saya ikuti masih banyak daerah daerah terutama kabupaten yang mengeluh akan kebijakan yang di keluarkan pemerintah pusat. Dan kali ini bukan masyarakat nya, melainkan langsung kepala daerah nya.

Keterlambatan dan ketidak siap siagaan pemerintah membuat jengkel sebagian masyarakat di daerah. Dan minim nya fasilitas yang diberikan oleh pemerintah pusat maupun daerah membuat sebagian masyarakat pasrah akan akibat yang akan mereka dapatkan dari Covid-19 ini
DPR Desak Kartu Prakerja Segera Dibatalkan, Ini Alasan Pentingnya
Sepertinya pandemi ini menjadi ajang buat politisi untuk melakukan pencitraan. Mulai dari gubernur, menteri sampai anggota DPR. Semua seakan" menjadi superhero untuk masyarakat. Nyata nya masih banyak warga yang tidak merasakan dampak dari kebijakan tersebut.

Melihat kasus positif corona yang terus bertambah banyak, masyarakat semakin takut akan keberlangsungan hidup nya kedepan.

PHK dimana mana, daya beli masyarakat menurun drastis, usaha mikro semakin banyak yang tutup, masyarakat menjerit dengan kondisi saat ini. Seharus nya inil menjadi fokus pemerintah, memberikan solusi terhadap mereka yang terkena dampak langsung dari pandemi ini. Bukan nya malah sibuk pencitraan sehingga menimbulkan blunder.

Saya berharap kedepan nya pemerintah lebih serius dan tanggap akan apa yang dikeluhkan oleh masyarakat. Bukan nya asik dengan teori teori dan pencitraan.
Masyarakt perlu nya aksi nyata.

Sekian thread dari saya semoga bermanfaat
Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehat. Pakai masker dan cuci tangan setelah selesai melakukan aktivitas
Terimakasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dj dan 30 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh selamat1994
Halaman 1 dari 2
gada yg bener

ganti blt may esss. di korupsi juga
profile-picture
profile-picture
dadedarwanto dan selamat1994 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Entah gegara ada ajaran rampoklah rumah saat kebakaran...bencana tidak lagi seperti bencana tapi peluang
profile-picture
profile-picture
dadedarwanto dan selamat1994 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
JKW kelihatanya lagi di kondisikan seperti Mbah Harto, dieluelukan sebagai Bapak Pembangunan biar proyek goal dan dana keluar dan dinikmati oleh para kadal istana dan sponsornya


Ketika rakyat tidak puas dan People Power tercipta maka kesalahan itu akan dibebankan semua kepada Mbah Harto

Apakah seperti itu yang terjadi, boleh setuju boleh tidak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
selamat1994 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Blunder terbesar jokowi selama berkuasa....

Parah ini presiden di kerjai sama anak kecil...
profile-picture
profile-picture
atmajazone dan selamat1994 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
cakep emoticon-Big Grin
profile-picture
selamat1994 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kirain berupa dana untuk akomodasi latihan skill di BLK,eeh gataunya pocher nonton tutorial mancing,ngojek dsb..emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
Genjer666 dan selamat1994 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Misalkan anggaran kartu tuh dialihkan ke pengembangan vaksin covid, kan lebih efisien dan efektif. Lagi pula banyak ahli di bidang ini
profile-picture
selamat1994 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Setuju untuk dibatalkan, jalankan lagi setelah wabah selesai dengan pelatihan offline, keterampilan komputer, menjahit, kuliner, dsb
Bukan pelatihan mancing, ojol, dakwah, apaan itu emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
selamat1994 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
menuju decacorn Gan
profile-picture
selamat1994 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ya iyalah in salah satu blunder gara-gara kampanye kemarin. dah jelas ada dept yang ngurus ginian dan udah ada lembaga2nya dah di bikin puluhan tahun. eh ini bikin lembaga baru yang masi coba-coba dari nol lagi.
profile-picture
profile-picture
atmajazone dan selamat1994 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
pusing
DPR Desak Kartu Prakerja Segera Dibatalkan, Ini Alasan Pentingnya
profile-picture
selamat1994 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


gak pernah ngalamin upload foto sampe 3 hari ya di prakerja?

DPR Desak Kartu Prakerja Segera Dibatalkan, Ini Alasan Pentingnya
profile-picture
selamat1994 memberi reputasi
ga dpt jatah yah 🤣
profile-picture
selamat1994 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
gue...
profile-picture
selamat1994 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Progam sia-sia, buang-buang anggaran, hanya pencitraan
profile-picture
profile-picture
atmajazone dan selamat1994 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
hahahhah,presiden di kadalin si bocah belva ruang guru

salam 5,6triliun
profile-picture
profile-picture
bradertangerang dan selamat1994 memberi reputasi
Diubah oleh dispenserr
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
lha.. kan emang dapat blt juga dari prakerja 600 rb tiap bulan.. emoticon-Malu (S)

DPR mirip anak2 d grup ojol kenalan gw.. ngotot kalo prakerja itu duitnya bohongan alias cuma buat ruang guru.. pas d kasih liat bukti transferan dan bukti pembelian masih ngotot juga kalo itu ga bisa buat beli sembako.. emoticon-Ngakak (S)

pas d kasih lihat bukti foto belanjaan sembako.. malah ngajak ribut yg upload dg alasan "ngegas".. emoticon-Ngakak (S)


ga dpr.. ga kadrun.. tololnya sama.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
selamat1994 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
kartu pra kerja cuman buat main proyek orang2 dekat jokowi di istana
profile-picture
profile-picture
atmajazone dan selamat1994 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Inopasi tidak henti, ada gunanya ga?
profile-picture
selamat1994 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kalo dibatalkan enak buat gelombang 1 yg insentif yg udah cair dong emoticon-Leh Uga
profile-picture
selamat1994 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di