Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

AjikganAvatar border
TS
Ajikgan
Mercon Bumbung, Tradisi Ngabuburit Unik di Pinggir Bengawan Bojonegoro

Merconan identik bulan puasa. Di Bojonegoro, tepatnya masyarakat bantaran Bengawan Solo, bermain mercon bumbung (bambu) sudah jadi tradisi.

Dentuman keras mercon bumbung terdengar di sekitar sungai Bengawan Solo. Tepatnya di Desa Klangon, Bojonegoro. Sekitar 4 pemuda sedang bermain mercon bumbung di pinggiran Bengawan Solo. Suaranya keras, bergema hingga ke seberang sungai.

Memang, mercon bumbung cukup identik dengan suasana Ramadhan. Terlebih, di sore hari sembari menunggu waktu buka puasa. Kapan lagi saat tepat bermain mercon kalau bukan di Bulan Ramadhan?



Suara mercon bumbung memang cukup keras. Alasannya, mercon ini menggunakan gas yang berasal dari batu karbit. Gas tersebut ditekan di dalam sebuah tabung, kemudian disulutkan api melalui lubang kecil. Jika gas tidak ngowos atau bocor, ledakannya akan sangat keras.

Biasanya, mercon bumbung terbuat dari potongan bambu. Selain itu, bisa juga dengan mengunakan pipa besar.

Satu dari empat pemuda yang bernama Iswanto, mengaku bahwa sore itu dia membuat 3 mercon bumbung. Mercon tersebut dia buat dengan membeli 3 potongan bambu dan batu karbit 1 kantong plastik.

“Tadi di pasar beli tiga potong bambu, tapi yang satu sudah pecah,” kata pemuda asal Desa Klangon tersebut.

Mercon bumbung yang terbuat dari bambu memang bisa pecah. Itu karena kerasnya ledakan yang ditimbulkan oleh tekanan gas yang dibakar. Serat bambu yang tidak bisa menahan tekanan akan terbelah dan menimbulkan lubang. Lubang ini akan membuat gas ngowos dan ledakan tidak terjadi.



Pemuda berambut gondrong, Reiza Dona, mengaku sering bermain mercon tradisional tersebut. Terlebih ketika Bulan Ramadhan. Itu terbukti dengan ledakan mercon yang diraciknya hampir dipastikan sangat keras.

“Dari dulu sudah sering main beginian, lalu jarang main karena tidak ada tempat. Nggak bisa kan kalau main ini di kota atau tengah kampung,” kata pemuda asal Desa Sukorejo tersebut.

Terlihat Reiza begitu mahir meracik mercon bumbung. Mulai dari memasukkan karbit hingga menyulut api.



Cara membuat ledakan mercon bumbung tidak susah. Batu karbit dimasukkan ke dalam bambu, lalu siram air secukupnya. Setelah itu akan timbul reaksi kimia, yaitu keluar gas yang mudah terbakar. Lalu, secepatnya sumbat semua lubang agar gas tidak bocor.

Buka sebentar sumbatan untuk membuang air tadi, lalu tutup kembali. Setelah cukup waktu, buka sumbatan di lubang besar dan kecil. Sulut api memalui lubang kecil.

Mercon bumbung akan meledak seperti meriam Majapahit yang menghantam musuh-musuhnya. Tetapi, itu jika tidak terjadi kebocoran gas. Alhasil, suara dentuman mercon akan terdengar semakin keras.

Tak lama, para pemuda tersebut berpindah tempat ke bawah Jembatan Sosrodilogo. Melihat bangunan jembatan yang terbuat dari beton dan baja, suara mercon bumbung terdengar lebih keras. Ini karena pantulan gema yang disebabkan bangunan.

Bermain mercon bumbung memang terasa menyenangkan. Apalagi mengingat masa kanak-kanak dahulu. Mercon bumbung merupakan permainan tradisional yang cukup asyik. Bermain sambil menantikan waktu berbuka puasa.



Namun, tetap perlu berhati-hati. Mercon bumbung dirasa lebih aman dibanding mercon yang lain. Pasalnya, ledakan mercon bumbung tidak sekuat mercon buatan pabrikan. Namun, suara ledakannya sangat keras. Bagi kita semua, bahaya bermain mercon tetap harus diwaspadai. Keamanan tetaplah yang nomor satu.

Tradisi bermain mercon bumbung ini memang jadi keunikan tersendiri di bulan Ramadhan. Tapi perlu diingat bahwa permainan ini cukup berbahaya ya, Nabs. Pastikan kamu didampingi ahlinya jika mau bermain mercon bumbung.


Sumber
Diubah oleh Ajikgan 14-05-2020 22:38
zafinsyurga
onik
nona212
nona212 dan 11 lainnya memberi reputasi
12
1.1K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan