hvzalfAvatar border
TS
hvzalf 
[COC Regional : Makanan Tradisional] Sambal Seruit yang Bisa Buat Nafsu Makan Nambah


Hai Agan dan Sista ketemu lagi dengan thread ane. Kali ini, ane mau kasih sedikit informasi tentang kuliner di Lampung. Terus geser ke bawah ya, Gan and Sis!



Lampung sebuah provinsi terletak di ujung pulau Sumatera berbatasan langsung dengan pulau Jawa yang terpisahkan oleh Selat Sunda. Penduduk Lampung juga memiliki beragam suku hingga membentuk masyarakat yang pluralis, beraneka ragam. Banyak sekali suku yang terdapat di Lampung.

Namun, di tengah masyarakat yang beraneka ragam suku Lampung masih memiliki ciri khas tersendiri baik dari segi budaya hingga makanan. Nah, kali ini ane mau mengenalkan sebuah ciri khas makanan yang sangat terkenal di Lampung yaitu Sambal Seruit.



Sambal seruit merupakan kuliner khas yang sangat populer di kalangan masyarakat Lampung. Biasanya sambal ini akan disajikan pada saat acara kelurga.

Sambal seruit merupakan masakan ikan yang telah digoreng atau dibakar, kemudian dicampur dengan sambal terasi yang telah diolah. Biasanya ikan yang digunakan ialah ikan-ikan yang hidup di sungai seperti ikan baung, layis, dan lain-lain.



Untuk membuat sambal seruit, setidaknya ada beberapa tahap yang harus dilakukan. Proses pertama, ikan yang sudah disediakan terlebih dahulu dibumbui dengan bumbu yang sudah dihaluskan. Adapun bumbunya bisa berupa bawang putih, garam, kunyit, dan jahe. Setelah itu, ikan yang telah dibumbui tersebut dibakar hingga matang. Namun, jangan lupa ketika ikan yang dibakar tadi sudah setengah matang, maka ikan harus diolesi dengan kecap manis dan campuran bumbu dari bawang putih, garam, dan ketumbar atau bisa dengan minyak sayur.

Sementara itu, pembuatan sambal untuk campuran seruit adalah cabai merah, cabai kecil, garam, rampai, dan terasi yang telah dibakar. Selanjutnya bahan-bahan sambal ini ditumbuk hingga halus.



Agar rasa seruit ini lebih menggigit lagi, biasanya seruit ditambahkan dengan tempoyak, yakni durian yang sudah diawetkan dengan cara fermentasi. Belum sampai di situ saja, kita juga bisa menambahkan beberapa jenis lalapan, seperti daun kemangi, terong bakar atau rebus, dan daun jambu monyet. Setelah semuanya telah siap, makan ikan bakar tadi diambil dagingnya, kemudian masukkan lalapan, dan campurkan sambal seruit lalu diaduk menjadi satu.

Sambal seruit ini akan lebih nikmat jika disantap dengan nasi panas. Gimana penasaran dengan sambal seruit yang bisa lidah menggigit? Yuk main ke Lampung. Sambal seruit khas Kota Gajah ini akan buat ketagihan dan selera makan dijamin bertambah.

Sumber :

1
mamaproduktif
Alya917
tien212700
tien212700 dan 41 lainnya memberi reputasi
42
1.3K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan