masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Ramadhanku Sepi Karena Pandemi, Kebiasaan Bukber Tidak Bisa Dilakukan Tahun Ini!

Pandemi menghalangi silaturahmi, tidak bisa buka bersama satu alumni seperti tahun lalu!


Tahun 2020 nampaknya menjadi tahun yang berbeda, tidak hanya di keadaan ekonomi dan sosial namun keadaan ibadah dalam keagamaanpun juga sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Perayaan-perayaan hari besar keagamaan diadakan dengan cara yang berbeda demi keamanan dan keselamatan umat dari wabah yang sedang mendera dunia.
Sejak akhir 2019 tepatnya di bulan Desember dunia sedang mengalami ujian berat, wabah virus covid-19 menyebar hampir ke seluruh dunia termasuk Negara kita tercinta Indonesia.

Seluruh lapisan masyarakat ikut terdampak oleh virus covid-19 ini, tidak peduli miskin, kaya atau sedang-sedang saja semua ikut terkena imbasnya.

Menyusul penanganan dan pencegahan penyebaran virus covid-19 yang telah mewabah, Pemerintah menetapkan beberapa peraturan dan kebijakan untuk menekan angka penyebaran virus ini.
Mulai dari penetapan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), larang mudik, larangan keluar dari rumah dan bekerja dari rumah (WFH), dan anjuran beribadah di rumah.

Berbicara mengenai ibadah di rumah dampak dari virus covid-19 nampaknya moment Ramdhan tahun ini menjadi sangat berbeda.
Banyak tradisi dan kegiatan di bulan Ramadhan yang tidak bisa dilakukan seperti Ramadhan sebelum adanya pandemi virus.

Salah satu yang sangat dirasakan yaitu kebiasaan buka puasa bersama.
Mungkin Agan dan Sista disini juga sering menjalankan kebiasaan buka puasa bersama atau bukber di bulan Ramadhan.
Namun di tahun ini nampaknya acara bukber tidak dapat dilakukan karena mengikuti perintah dan kebijakan pemerintah dalam menangani penyebaran virus covid-19.




Seperti sudah menjadi rutinitas dan kewajiban, bukber adalah ajang berkumpul silaturahmi dan moment menyalurkan kerinduan kepada sahabat atau keluarga yang sudah lama tidak berjumpa.
Banyak keseruan yang dapat dirasakan dan dibagikan mengenai kisah hidup atau perjalanan karir bersama teman satu angkatan, karena biasanya bukber juga bisa menjadi ajang reunian.

Namun sayangnya tahun 2020 acara yang biasa diadakan ini tidak dapat dilaksanakan.
Demi keamanan dan keselamatan terpaksa harus menekan keinginan untuk berkumpul dan mengadakan buka puasa bersama.

Pandemi virus covid-19 yang dapat menyebar dengan mudah hanya melalui kontak fisik dan droplet ini tentu sangat riskan dengan acara kumpul-kumpul atau keramaian, sebab itu lah pemerintah melarang masyarakat untuk mengadakan keramaian atau menghadiri acara yang melibatkan banyak orang.

Sebagai warga masyarakat tentu mengikuti arahan dan perintah dari pemerintah adalah keutamaan dan kewajiban, karena saat ini kita tidak dapat mementingkan keegoisan diri sendiri melainkan harus memikirkan keselamatan banyak orang.




Moment-moment buka bersama tahun lalu hanya menjadi memori indah yang tidak dapat diulang untuk tahun ini.
Potret-potret yang tersimpan di dalam albumpun juga menjadi bukti dan media pengingat kenangan yang berlalu.

Sepinya Ramadhan karena pandemi virus kali ini bisa menjadi pelajaran untuk kita semua, bahwa kebersamaan dan kesehatan itu sangat penting di dalam kehidupan, karena kita tidak dapat melakukan apapun jika badan tidak sehat dan kita hidup sendirian.

Entah disadari atau tidak pandemi virus covid-19 memang menjadi hambatan, tidak hanya hambatan ibadah di bulan Ramadhan namun juga menjadi halangan di dalam menggapai angan-angan dan harapan.

Meskipun seperti itu kita tidak boleh pesimis, kita tetap harus optimis mendukung segala kebijakan dan peraturan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah. Serta kita tidak boleh lupa untuk tetap berdoa dan terus berusaha keluar dari masalah virus ini bersama-sama.




Bagaimana apakah suasana Ramadhan Agan dan Sista sama dengan suasana bulan Ramadhan ane?
Pastinya sama ya, karena memang dimanapun kita berada saat ini kita sedang dalam keadaan dan perasaan yang sama.

Oke, itulah tadi cerita yang bisa ane bagikan mengenai kebiasan buka bersama yang tidak dapat dilakukan di bulan Ramadhan tahun 2020 ini.
Semoga pandemi virus covid-19 ini segera berakhir dan kita dapat melakukan aktifitas dan kebiasaan kita seperti sebelum wabah ini datang dan merusak semuanya.

Terima kasih untuk yang sudah singgah di thread ane, dan jangan lupa tinggalkan jejak cendol kebaikannya!




Penulis: @masnukho
Pengalaman pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Rate 5 Staremoticon-Keep Posting Gan
saptalan60
evywahyuni
nona212
nona212 dan 55 lainnya memberi reputasi
56
444
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan