hvzalfAvatar border
TS
hvzalf 
[Part 1] Catatan Sejarah Baru pada Piala Dunia Periode 1962-2018, Apa Saja?


Piala dunia atau juga dikenal dengan FIFA World Cup merupakan sebuah kompetisi paling bergengsi yang ada di jagat bumi ini. Setiap negara memiliki cita-cita untuk dapat mengikuti perhelatan akbar tersebut. Maka tak heran jika aroma kompetisinya sudah sangat tercium walau masih dalam tahap kualifikasi. Masing-masing tim nasional akan mengerahkan segala kemampuannya demi mampu berlaga di pegelaran piala dunia. Seluruh pemain terbaik yang ada di setiap negara akan dikumpulkan dan diseleksi yang kemudian akan menjadi punggawa timnas. Dari piala dunia ini juga sering muncul talenta-talenta baru yang kelak bisa menjadi bintang.

Fédération Internationale de Football Association (FIFA) sebagai badan sepak bola dunia adalah pihak yang menyelenggarakan pertandingan tersebut. Kejuaraan ini dilaksanakan setiap empat tahun sekali. Memulai pertandingan pertamanya tahun 1930 di Uruguay sebagai tuan rumah. Turnamen satu ini pernah tidak digelar pada tahun 1942-1946 dikarenkan terjadinya perang dunia II. Berikut tahun-tahun diselenggarakannya piala dunia :

1930,1934,1938,1950,1954,1958,1962,1966,1970,1974,1978,1982,1986,1990,1994,1998,2002,2006,2010,2014,2018,2022 dst.



Sejak digelar pertama kali selalu ada sejarah baru yang tercatat dalam setiap perhelatannya. Piala dunia memang memiliki catatan yang unik. Maka tak heran jika kompetisi tersebut menjadi hal yang sangat dinantikan oleh setiap juta pasang mata di dunia. Bahkan tingkat antusias penontonnya lebih tinggi dari pergelaran olimpiade sekalipun.

Kali ini, ane ingin memberikan sedikit informasi tentang sejarah baru yang tercata dalam setiap piala dunia periode 1962-2018. Apa saja ya?

1. Piala Dunia 1962



Pada tahun 1962, Chili berhasil menjadi tuan rumah piala dunia saat itu. Kompetisi yang dimulai 30 Mei-17 Juni tersebut membuat catatan sejarah baru yakni diterapkannya regulasi atau peraturan selisi gol. Hal itu menjadikan setiap tim yang memiliki poin sama akan dilihat dari jumlah memasukkan golnya untuk bisa menentukan lolos ke babak selanjutnya.

Selain itu, piala dunia 1962 juga menjadi sejarah pertama diberlakukan aturan setiap pemain yang telah tampil sejak kualifikasi dilarang membela tim lain. Karena pada pegelaran sebelumnya pemain-pemain seperti Erenc Puskas, Jose Santamaria, dan Jose Altafini adalah punggawa yang membela dua tim berbeda.

Kemudian world cup tahun ini juga menjadi piala dunia yang pertama kali memiliki lagu resmi “El Rock del Mundial” yang diciptakan oleh Jorge Rojas Astorga dan dinyanyikan band Los Rambles. Selain lagu resmi, perhelatan piala dunia di tahun 1962 ini menjadi piala dunia yang menghasilkan gol dari tendangan sudut pertama yang dicetak oleh pemain Kolombia Marcos Coll di menit ke-68 kala menghadapi Uni Soviet, 3 Juni.

2. Piala Dunia 1966



Kompetisi akbar tahun 1966 berlangsung di negeri Ratu Elizabeth atau Inggris. Dilaksakan dalam kurun waktu 11-30 Juli 1966. Sejarah yang tercatat pada piala dunia di Inggris ini ialah diperkenalkannya sebuah maskot piala dunia. Saat itu karakater bernama Willie, singa kecil yang lucu dan menggemaskan.

Selain penggunaan maskot, piala dunia ini juga untuk kali pertama diterapkannya tes doping bagi setiap pemain. Kemudian, Korea Utara menjadi negara asia pertama yang pernah berhasil lolos dari babak grup.

3. Piala Dunia 1970



Pada piala dunia 1970 yang berlangsung di Meksiko antara 31 Mei-21 Juni 1970 mengukir sejarah baru juga. Yaitu digunakannya kartu kuning dan merah. Adapun pemain pertama yang mendapatkan kartu kuning pertama ialah Evgeny Lovchev punggawa timnas Uni Soviet. Kartu tersebut ia terima kala Uni Soviet bersua tuan rumah Meksiko pada 31 Mei atau di laga pembuka. Hebatnya itu adalah kartu kuning satu-satunya yang ia terima sepanjang karirnya.

Sejarah baru lainnya ialah diterapkan juga pergantian pemain secara reguler. Pada perhelatan sebelumnya pemain hanya bisa digantikan jika pemain utama cedera. Timnas Rumania menjadi negara pertama yang melakukan pergantian pemain, saat itu sedang menghadapi Brasil pada tanggal 10 Juni. Rumania memasukkan kiper cadangan Steve Adamanche yang menggantikan kiper utama Necula Raducanu.

Pada piala dunia ini pula, FIFA merilis bola resmi. Mereka bekerjasama dengan Adidas dan memberi nama bola tersebut Telstar.

4. Piala Dunia 1974



Di tahun 1974, pegelaran piala dunia berlangsung di Jerman Barat 13 Juni-7 Juli 1974. Sejarah di perhelatan kali ini ialah keikusertaan seluruh benua yang ada, yakni dengan hadirnya Australia dari kawasan Oceania walau pada 2006 meleburkan diri dengan AFC.

Piala dunia di Jerman Barat ini juga menjadi wolrd cup pertama yang menghasilkan kartu merah. Pemain Chili Carlos Caszely yang mendapat hukuman tersebut dari wasit Dogan Babacan asal Turki, dalam laga Jerman Barat vs Cile, 14 Juni.



Indonesia juga turut andil dalam piala dunia kali ini, tapi bukan karena timnas Indonesia menjadi salah satu tim yang berlaga, melainkan digunakannya koin pecahan Rp2.000 dalam laga final yang mempertemukan Jerman Barat dan Belanda. Koin tersebut merupakan keluaran Bank Indonesia dan hanya diproduksi sebanyak 3 keping saja. Ia bertujuan untuk dijual kembali kepada para kolektor. Dalam sisi mata uang tersebut bergambar harimau jawa dan di lain sisi bergambar garuda pancasila. Wasit yang memimpin pertandingan berasal dari Inggris bernama Jack Taylor. Ia mendapatkan koin tersebut secara gratis namun tak diketahui siapa yang memberikannya.

5. Piala Dunia 1978



Di tahun 1978, perhelatan piala dunia berlangsung di Argentina dari 1-25 Juni 1978. Sejarah pertama yang tercatat adalah diberlakukannya babak adu penalti untuk menentukan kemenangan. Pada piala dunia sebelumnya, untuk mendapatkan pemenang, kedua tim harus melakukan pertandingan ulangan.

Kemudian bek Belanda bernama Ernie Brandts menjadi pemain pertama Piala Dunia yang membuat gol ke dalam gawang yang berbeda dalam satu laga. Saat itu terjadi pertandingan Belanda vs Italia, 21 Juni. Brandts melakukan gol bunuh diri di menit ke-19 dan menebusnya dengan menjebol gawang lawan Italia pada 30 menit berselang.

6. Piala Dunia 1982



Piala dunia 1982 dihelat di Spanyol. Saat itu, babak adu penalti pertama kali dilakukan, walau aturannya sudah ditetapkan di piala dunia Argentina 1978. Tim yang menjalani babak dramatis itu ialah pertandingan antara Jerman Barat vs Pranccis, pada tanggal 8 Juli. Alain Giresse pemain timnas Prancis menjadi eksekutor pertama dalam adu penalti yang dimenangkan Jerman Barat 5-4 itu.

Selanjutnya, regulasi format untuk kali pertama diikuti oleh 24 partisipan.

7. Piala Dunia 1986



World cup pada 1986 berlangsung di Meksiko yaitu digelar pada tanggal 31 Mei-29 Juni. Meksiko sendiri merupakan tuan rumah alternatif yang ditunjuk oleh FIFA karena sebelumnya Kolombia lah yang akan bertindak sebagai tuan rumah. Namun, karena masalah keuangan akhirnya dipindahkan ke Meksiko.

Dalam Piala Dunia ini, untuk pertama kalinya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) turut serta dalam kampanye perdamaian dengan media sepakbola. Sejumlah papan display berlogo PBB dan FIFA bertuliskan: “Football for Peace – Peace Year” ditambah slogan Piala Dunia 1986: “El Mundo Unido por Un Balon” (Menyatukan Dunia dengan Bola) dipajang dan dikenalkan.

Kemudian adanya atraksi penonton “The Wave”. Sejarah lainnya ialah pelatih Paraguay Cayetano Re Ramirez menjadi pelatih pertama yang diusir wasit di Piala Dunia. Ia diusir wasit pada 11 Juni (1986) dalam laga melawan Belgia karena berdiri terlalu dekat dengan lapangan.

Nah, itulah sejarah baru yang berhasil dicatat selama perhelatan piala dunia bagian pertama. Nanti, ane sambung lagi part dua nya. Selamat menikmati!

Sumber :

1

2

3

4
Diubah oleh hvzalf 08-05-2020 08:03
eddiesangadjie
nona212
tien212700
tien212700 dan 135 lainnya memberi reputasi
136
5.2K
89
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan