CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ingat, Langgar PSBB di Jakarta Mulai Hari Ini Bisa Didenda Sampai Rp 50 Juta
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebbe0ac263772088a1dfee1/ingat-langgar-psbb-di-jakarta-mulai-hari-ini-bisa-didenda-sampai-rp-50-juta

Ingat, Langgar PSBB di Jakarta Mulai Hari Ini Bisa Didenda Sampai Rp 50 Juta


Ingat, Langgar PSBB di Jakarta Mulai Hari Ini Bisa Didenda sampai Rp 50 Juta


Ingat, Langgar PSBB di Jakarta Mulai Hari Ini Bisa Didenda Sampai Rp 50 Juta

JAKARTA, KOMPAS.com - Sanksi bagi pelanggar pembatasan sosial berskala besar ( PSBB) Jakarta mulai berlaku pada hari ini, Rabu (13/5/2020).

Sanksi berupa denda tersebut tercantum dalam Peraturan Gubernur ( Pergub) Nomor 41 Tahun 2020 tentang Pengenaan Sanksi terhadap Pelanggar PSBB dalam Penanganan Covid-19 di DKI Jakarta yang terbit sejak kemarin.

Dalam Pergub tersebut diatur mengenai pengenaan sanksi kepada pelanggar, mulai dari sanksi sosial hingga denda.

Satpol PP dan berbagai instansi terkait lantas berperan sebagai penegak kebijakan tersebut.

Berikut berbagai aturan dan sanksi yang tercantum dalam Pergub tersebut:

1. Tak Menggunakan Masker

Salah satu aturan yang berlaku yakni masyarakat yang tidak mengenakan masker saat keluar rumah atau berada di tempat umum.

Dalam Pasal 4 Pergub tersebut, terdapat tiga sanksi bagi masyarakat yang tidak mengenakan masker.

Pertama adalah sanksi administrasi teguran tertulis, lalu sanksi kerja sosial berupa membersihkan sarana fasilitas umum dengan mengenakan rompi.

Kemudian, yang terakhir adalah sanksi denda administratif paling sedikit Rp 100.000 dan paling banyak Rp 250.000.

2. Sanksi Bagi perusahaan Yang Beroperasi Saat PSBB


Selama penerapan PSBB di Jakarta, perusahaan diwajibkan untuk menghentikan aktivitas bekerja di kantor.

Perusahaan diminta untuk mempekerjakan pegawainya atau karyawan dari rumah (work from home).

Hanya 11 sektor yang diizinkan untuk tetap beroperasi selama PSBB seperti yang tercantum dalam Pergub Nomor 33 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Penanganan Corona Virus Disease 2019 ( Covid-19) di DKI Jakarta.

Untuk sektor yang tidak diizinkan tetapi tetap beroperasi bakal dikenai sanksi berupa penyegelan kantor atau tempat kerja.

Ada juga sanksi berupa denda administratif paling sedikit Rp 5 juta dan paling banyak Rp 10 juta.

3. Sanksi Untuk Restoran Yang Izinkan Makan di Tempat

Selama PSBB, restoran masih diperkenankan membuka usahanya.

Tapi, pembeli tidak diperkenankan makan di tempat. Pembeli hanya boleh beli makanan atau minuman untuk dibawa pulang.

Restoran yang masih membandel membiarkan pelanggan makan ditempat akan diberi sanksi.


Ada dua sanksi yang bakal dikenakan. Yang pertama penyegelan restoran atau usaha sejenis.

Lalu, ada juga denda administratif paling sedikit Rp 5 juta dan paling banyak Rp 10 juta.

4. Sanksi Bagi Hotel Yang Tak Terapkan Protokol Kesehatan

Sektor perhotelan juga menjadi salah satu sektor usaha yang dikecualikan selama penerapan PSBB.

Meski demikian, pihak hotel tetap harus menerapkan sejumlah protokol pencegahan demi menekan penyebaran Covid-19. Jika tidak, maka hotel tersebut akan dikenakan sanksi.

Pengelola hotel diminta untuk meniadakan aktivitas dan atau menutup fasilitas layanan hotel yang dapat menciptakan kerumunan dalam area hotel.

Sanksi jika melanggar aturan ini ialah penghentian sementara kegiatan, yaitu penyegelan fasilitas layanan hotel dan denda paling sedikit Rp 25 juta dan paling banyak Rp 50 juta.

5. Sanksi Untuk Kegiatan Hiburan Hingga Budaya

Kegiatan sosial dan budaya yang menimbulkan kerumunan orang dihentikan sementara.

Kegiatan tersebut termasuk perkumpulan atau pertemuan politik, olahraga, hiburan, akademik, dan budaya.

Jika melanggar, maka terancam diberikan sanksi berupa kerja sosial yaitu membersihkan sarana fasilitas umum dengan mengenakan rompi bagi pelanggaran yang dilakukan orang.

Denda administratif paling sedikit Rp 5 juta dan paling banyak Rp 10 juta bagi pelanggaran yang dilakukan badan hukum.

Selain pengenaan sanksi denda administratif, terhadap penanggung jawab atau badan hukum yang melanggar ketentuan dikenakan sanksi pencabutan izin usaha oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

6. Ojol Yang Nekat Angkut Penumpang

Pengemudi ojek online yang nekat mengangkut penumpang saat PSBB Jakarta akan dikenai sanksi denda maksimal Rp 250.000.

"Setiap pengemudi sepeda motor yang digunakan sebagai angkutan roda dua berbasis aplikasi yang melanggar ketentuan membawa penumpang dikenakan sanksi denda administratif paling sedikit Rp 100.000 dan paling banyak Rp 250.000," demikian bunyi Pasal 14 Ayat 2 Huruf a Pergub tersebut.

Selain sanksi denda, pengemudi ojek online tersebut bisa dikenai sanksi kerja sosial membersihkan sarana fasilitas umum dengan mengenakan rompi atau kendaraannya diderek ke tempat penyimpanan kendaraan di kantor kelurahan atau kecamatan.

Pengemudi ojek online yang kendaraannya diderek akan mendapat pemberitahuan tertulis dari Satpol PP DKI Jakarta untuk mengambil kendaraannya.

Jika kendaraan yang diderek tidak diambil dalam waktu tiga hari, kendaraan tersebut akan dipindahkan ke tempat penyimpanan kendaraan milik Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

7. Sanksi Untuk Pengendara Yang Melanggar


Pengendara mobil, sepeda motor, dan pemilik angkutan umum yang melanggar aturan PSBB juga dikenai sanksi denda hingga derek.

Pengendara mobil dengan penumpang melebihi ketentuan 50 persen dari kapasitas kendaraan dan/atau tidak memakai masker akan dikenai denda minimal Rp 500.000 dan maksimal Rp 1 juta.

Sementara pengendara sepeda motor yang mengangkut penumpang dengan alamat berbeda dan/atau tidak memakai masker akan dikenai denda Rp 100.000 sampai Rp 250.000.


Kemudian, pelaku usaha atau pemilik angkutan umum orang atau barang yang mengangkut penumpang melebihi ketentuan 50 persen dari kapasitas, tidak memakai masker, dan/atau beroperasi di luar waktu yang ditentukan akan dikenai denda Rp 100.000 sampai Rp 500.000.

Selain sanksi denda, ada dua jenis sanksi lain yang bisa dikenai kenapa para pengendara mobil, sepeda motor, dan pemilik angkutan umum tersebut.

Sanksi lainnya adalah kerja sosial membersihkan sarana fasilitas umum dengan mengenakan rompi atau kendaraannya diderek ke tempat penyimpanan kendaraan di kantor kelurahan atau kecamatan.

Pengendara yang kendaraannya diderek akan mendapat pemberitahuan tertulis dari Satpol PP DKI Jakarta untuk mengambil kendaraannya.

Jika kendaraan yang diderek tidak diambil dalam waktu tiga hari, kendaraan tersebut akan dipindahkan ke tempat penyimpanan kendaraan milik Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

8. Berkumpul Lebih Dari 5 Orang

Setiap warga yang berkumpul lebih dari lima orang di tempat umum atau fasilitas umum akan dikenai sanksi teguran hingga denda maksimal Rp 250.000.

Pasal 11 Pergub itu mengatur tiga sanksi yang bisa dikenakan kepada warga tersebut.

Sanksi pertama berupa pemberian teguran tertulis. Sementara yang kedua adalah sanksi sosial membersihkan sarana fasilitas umum dengan mengenakan rompi.

Sanksi ketiga yang bisa dikenai kepada setiap warga yang berkerumun, yakni denda minimal Rp 100.000 dan maksimal Rp 250.000.

Sanksi akan diberikan oleh Satpol PP DKI Jakarta dan bisa didampingi oleh aparat polisi.

9. Teguran Untuk Yang Shalat Berjemaah

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menegur warga yang masih melakukan kegiatan keagamaan di rumah-rumah ibadah pada masa PSBB.

"Setiap orang yang melanggar larangan melakukan kegiatan keagamaan di rumah ibadah dan/atau di tempat tertentu selama pemberlakuan pelaksanaan PSBB dikenakan sanksi administratif berupa teguran tertulis," demikian bunyi Pasal 10.

Teguran tertulis akan diberikan oleh Satpol PP DKI Jakarta yang bisa didampingi aparat polisi.

+++++++

PSSB nggak efektif bubarkanemoticon-Belgia

Rakyat saja berharap bansos sampai ada yang nangis karena nggak dapat, apalagi ini denda-dendaanemoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
betiatina dan 39 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh andika.1stravel
Halaman 1 dari 3
Aturan anyingemoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bradertangerang dan 2 lainnya memberi reputasi
pergub bisa bikin denda emoticon-Bingung (S)
profile-picture
apollion memberi reputasi
Duitnya buat apaan?
profile-picture
profile-picture
andika.1stravel dan apollion memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ingat, Langgar PSBB di Jakarta Mulai Hari Ini Bisa Didenda Sampai Rp 50 Juta
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eksspy dan 5 lainnya memberi reputasi
udeh mao selese baru didenda
korban udeh nambah bnyk
tp masih bs dikendalikan (yg ada di RS aje)
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Klo berbagi virus ga kena denda donk....

Ingat, Langgar PSBB di Jakarta Mulai Hari Ini Bisa Didenda Sampai Rp 50 Juta
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eksspy dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Tambahin dong buat sangsi yg gelapkan Bansos denda potong titid emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
primawidhie dan cingmahmud memberi reputasi
Berkumpul di rumah ibadah hanya dikenakan teguran tertulis emoticon-Big Grin

Lebih dari itu mungkin bisa ditampol balik dengan pasal penistaan agama emoticon-linux2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anggreiawan1989 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
aturannya terdengar biasa ya tapi pelaksanannya sih pasti jelek, itu sudah emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
primawidhie dan cingmahmud memberi reputasi
Quote:


kan teguran bukan denda
profile-picture
primawidhie memberi reputasi
udah mulai kelar juga, toh dri senin lalu jalanan udah mulai rame kyk biasanya emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
snoopze dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
klo boncengan ama istri sendiri gimana gan...masih kena juga..sedang istri g bisa bawa motor..
profile-picture
primawidhie memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Harusnya dari pertama penerapan psbb langsung siapin sanksi, dan harus tegas! Teguran doang gak mempan

Ediit : ibadah berjamaah yg resikonya paling besar, sanksinya malah cm teguran emoticon-Ngakak

Lawak emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
endryash dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh p.star7
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
nunggu info Ada yg kecyduk emoticon-Hammer2
Denda 50.000.000 kembaliannya 49.999.999.
emoticon-Hammer2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
pelaksanaannya gw ragu
Lucu!!! emoticon-Ngakak

Ingat, Langgar PSBB di Jakarta Mulai Hari Ini Bisa Didenda Sampai Rp 50 Juta
profile-picture
profile-picture
doongdoongan dan alisson.13 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Halah.. Kunntull..

Kmrn sarinah bs kumpul2 gitu, apa kabar? yg dipulo gadung, laporin shalat berjemaah terus digangbang, apa kabar? Gw jg sering lihat itu di videonya raimas backbone, paling cuma diperiksa doang habis itu suruh pulang.. Yg kmrn keluar2 gk pake masker trus pas dikasih tau malah galakan yg gk make sampe yg nyuruh malah ditampol, apa kabar? Harusnya langsung ciduk, bawa ke tempat isolasi lah

Ini jg paling cuma formalitas.. Ujung2nya jg pd di diemin atau cm ditegur tok emoticon-Hammer (S)
profile-picture
profile-picture
endryash dan pertotperbaik memberi reputasi
Diubah oleh anggreiawan1989
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
kalo kumpul bawa lilin, aman tu g bakal kena denda
profile-picture
profile-picture
Jambangan dan alisson.13 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
gaji per bulan aja ga sampe 10 juta ehhh di denda 50 juta. tekor donk ane. emoticon-Wakaka
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di