CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Mengapa Islam Seolah 'Tertinggal' dalam Pengembangan Iptek?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb772725cf6c453a341e884/mengapa-islam-seolah-tertinggal-dalam-pengembangan-iptek

Mengapa Islam Seolah 'Tertinggal' dalam Pengembangan Iptek?

Tampilkan isi Thread
Halaman 10 dari 10
Quote:




Quote:


- nama negaranya lah
- kenapa suka disangkut pautin hasil iptek dan agama? jawabannya inferiority complex

penganut agama "i" kemungkinan sadar agamanya gak punya kontribusi apa apa, makanya suka dibanggain lah hasil iptek yang bahkan dari kaum yang pernah dibenci dan dibully pun diclaim juga emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
estilo.com dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
@atmajazone berapa lama bisa dapat ilmu yang bermanfaat seperti kata imam ghozali? jawabannya relatif tergantung kesungguhan si tholabul ilmi dan dg siapa dia berguru..
ayolah gan,mana boleh seorang muslim main klaim,kalo ada yang main klaim bisa dikategorikan ulama' suu'

kenapa ane bawa ottoman.karna setelah iptek mundur dr jama abassiyah sebenarya islam dapat momentum bangkit lagi melalui ottoman sebagai khilafah terbesar dan termaju.dan ottoman ini menyaksikan kemajuan negara2 eropa.contoh nih gan disaat mesin cetak ditemukan negara² eropa memanfaatkan itu untuk mencetak buku² yang pada akhirnya membantu kemajuan iptek,tetapi sultan ottoman dg kerasnya melarang keberadaan mesin cetak alhasil stuck lah kemajuan iptek di ottoman
oo iya dulu ottoman ini ibukotanya terletak di eropa lho.apa nggak blunder coba...

imam ghozali mengkafirkan para filsuf dan ibnu sina?
lihat dulu siapa ibnu sina,FYI dia adalah seorang mu'tazilah.salah satu paham mu'tazilah adalah peniadaan siafat² tuhan dan salah satu poin yang dikritik imam ghozali dari para filsuf adalah paham bahwa tuhan tidak mengetahui perincian segala sesuatu melainkan secara umum...
ilmu kedokteran ibnu sina memang bermanfaat tapi paham akidahnya yang bermasalah
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Nyimak bre emoticon-Recommended Seller
gw heran kenapa islam selalu dikritik... tapi gk apa apa itu artinya mereka masih pedili dgn islam dibsnding agama lain yg jrg dikrritik...
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kalau dilihat secara luas bisa panjang ceritanya, contoh mikro aja orang2 Indonesia aja yg muslim jago teknologi, baca aja, para tehnisi disini jg jago2 malah ada bahasa kalo org Indo gmn rusaknya tuh barang bisa diperbaiki, itu kalo gak punya skill teknologi sampe mencret jg gak bakal sanggup. En masih panjang lagi ni kalo mau dikupas, jadi ni trit gak mutu menurut ane, kurang objektifemoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
atmajazone dan 2 lainnya memberi reputasi
bukan salah islamnya gan salah orang2nya yg tertinggal
profile-picture
alifiabm memberi reputasi
mana si tsemoticon-Lempar Bata
@atmajazone baca poin kedua dari ane..unat muslim setelah cukup dapet ilmu akherat baru kejar ilmu dunia.ukurannya cukup kalo mau sampe selesai istilah gampangya tinggal lu mondok dimana dan seberapa kesungguhan elu.tapi ane gunakan kata cukup sebagai ukuran dan nilai kecukupan semua orang jelas beda²
sikap ottoman bukan turunan dr yang dulu gan dan era awal ottoman iptek mulai berkembang.ottoman punya kebuhan tersendiri dg iptek.maka era ottoman munculah piri reis,ali kuscu,nasirudin al tusi,ibrahim mutaferika.ingat juga korps janissary adalah tentara pertama yang menggunakan senapan..
mu'tazilah mendapat panggung politik eranya al-makmun,tapi setelah muncul kelompok asy'ariyah kholifah menarik dukungan kepada kelompok mu'tazilah.tidak ada madzhab yang bersatu mu'tazilah,qodiriyah,jabariyah tetap masih ada.satu lagi madzhab fiqihnya imam ghozali ya safi'iyah dan akidahnya asy'ariyah.jauh sebelum imam ghozali jadi ulama ni madzhab sudah ada
kenapa imam ghozali mengkritik kelompok mu'tazilah? ya karena secara akidah mereka melenceng,dan membahayakan umat.makanya imam ghozali dapat julukan hujjatul islam

era awal ottoman iptek mulai bangkit gan,tapi terhenti karena fokus ottoman adalah melebarkan wilayahnya.puncaknya ketika ottoman gagal menaklukan wina,ini berefek dg perang di perbatasan..
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
@atmajazone tentang mesin cetak.dulu ibrahim muteferika pernah mencoba meyakinkan sultan agar di legalkan.tapi karena sultan khawatir kalo mesin cetak akan juga akan membangkitkan semangat revolusi maka dilaranglah mesin cetak..efeknya ya iptek di ottoman tertinggal
pastilah tertinggal, pola pikirnya begini

Mengapa Islam Seolah 'Tertinggal' dalam Pengembangan Iptek?

Mengapa Islam Seolah 'Tertinggal' dalam Pengembangan Iptek?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
wkwkwkwkwkwkwk qaum kadrun qaum terbelakang
@theJizyah dalam qs.al hajj ayat 39-40 jelas bahwa umat islam diijinkan berperang JIKA MEREKA DI PERANGI.dan yang di perangi umat islam adalah pemerintahan suatu negara bukan warga negaranya.makanya setelah penaklukan umat islam tidak pernah membangun kembali peradaban suatu negeri dari nol lagi,umat islam tinggal melanjutkan pemerintahan sebelumnya.jika umat islam memerangi semua orang non muslim misal di wilayah romawi timur,tentunya setelah romawi kalah warga romawi melakukan pemberontakan dg alasan di tindas,nyatanya tidak pernah ada pemberontakan dr non muslim.umat muslim dan non muslim hidup berdampingan..
kenala islam bisa menyerang romawi?.karena atas informasi para pedagang muslim,romawi sudah mempersiapkan pasuka di perbatasan dan bersiap menyerang madinah melalui syam...
tidak benar islam disebarkan melalui perang lihat saja di jawa. islam disebarkan lewat perdagangan dan pernikahan perang yang terjadi adalah perang politik.di habasyah islam di sebarkan lewat ajakan kepada raja.di madinah islam di sebarkan oleh sahabat
adapun jizyah selama setahun sekali non muslim hanya membayar jizyah 4 dinar bagi yang kaya ini lebih ringan drpd zakat yang harus dibayar orang kaya muslim..
tapi berhubung agan sudah menstigma buruk ttg islam,tentu saja balasan ane ini tetap tidak memuaskan agan...
ada yang sibuk mengkafirkan orang
Quote:

Apa yg diharapakan dari penyembah sinterklas .....sungokong dan makhluk khayalan lainnya.....emoticon-Ngakak......ini bukti iptek dipegang kapir cuma klaim......hal endasar aja mereka kalah...sinterklas dan tokoh dongeng mereka percaya...emoticon-Ngakak......iptek dipegang oleh atheis......betul apa nggak...emoticon-Big Grin kaw aja cuma konsumen produk iptek..gaya kali koar koar lebih tinggi sisi iptek dibandingkan muslim emoticon-Ngakak
Quote:


mereka cuma menaikan mental mereka aja karena merasa tolol agama mereka ga lebih hanya tipuan murahan utk anak anak....tapi sampe bapak2nya tertipu ga bisa menolak.....taek kucing itu mereka kuasai teknologi otaknya aja dungu....emoticon-Ngakak

Quote:


Soal otak bang....merka ga pede makanya nyalahin islam biar ga ketahuan dongoknya...emoticon-Ngakak

profile-picture
stomap memberi reputasi
Diubah oleh uwaklobe
terlalu sibuk kerjaa
Gmn lg . Sekolahswasta dr salah satu ormas dijogja bukan tujuan utama siswa . Bahasakasarnya cuma jd tempaat pembuangan siswaw yg gk ketrima di sekokah favorit atau negri . Maungarep apa kalo siswa nakal +bego dikumpulin jadi 1 . Buka nya ilmu iptek yg ditambahain. Malah dijejelin ilmu agama
Quote:



Islam nggak menyuruh meninggalkan dunia (Rasulullah jg berdagang n berbisnis), boleh mencari kekayaan, boleh menikah, dll. prinsipny semua boleh asal tidak ada larangan, contoh nikah boleh, freesex nggak boleh, kerja boleh tp tipu menipu, mencuri, riba, dst tidak boleh

Quote:


kalau sudah merasakan indahny iman, yang lain ceteeek
profile-picture
yudistira98 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
seru juga pada ributin agama islam tapi yang ribut banyak yang gak nyebutin agama nya. nunggu rame lagi ahhh
kok ane di bawa² sih?
pada debat hal meninggalkan keduniaan ya?
jadi di islam memang ada ibadah meninggalkan hal keduniaan,namanya "zuhud".zuhud yang ringan adalah tidak mencintai dunia dan yang berat memang meninggalkan dunia secara nyata tetapi yang terakhir tidak semua orang akan sanggup(bisa dibilang mereka² yang ber predikat "wali" yang melakukan hal itu)
kalau orang muslim awan kewajibannya adalah meninggalkan dunia dihatinya(tidak mencintai dunia) dan menjadikan akhirat sebagai tujuannya

Halaman 10 dari 10


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di