NinaahmadAvatar border
TS
Ninaahmad
Bijak Mengelola Keuangan Dimasa Pandemik
Tips Mengelola Keuangan Dimasa Pandemik

Quote:



Assalamu'alaikum gansis, jumpa lagi dengan ninaahmad. Salah literasi dan salam sehat. Bagaimana kabarnya agan-agan dan sista-sista?, semoga senantiasa dalam lindungan-Nya. Jangan lupa jaga kesehatan ya gansis, duka negeri belum berlalu, virus mematikan masih mengintai. Tapi kali ini ane bukan akan bercerita tentang virus itu ya gansist, tetapi membagikan tips (baca juga klik, klik) bagaimana mengatur keuangan dimasa pandemik.


Sejak WHO menyatakan Covid-19 sebagai pandemik, sejak itulah segala sektor pun terkena imbasnya. Baik dari sektor pariwisata, pendidikan, kesehatan maupun sektor perekonomian. Berbagai keluhan dan curahan hati para kalangan pengusaha kaya maupun kalangan ekonomi lemah bertebaran di media sosial akibat dari dampak covid-19 terhadap usaha yang dijalaninya. Jika kita bijak menyikapi hal ini tentu tidak ada pihak yang patut untuk kita persalahkan. Dalam hal ini pemerintah pun pastinya tidak pernah menginginkan hal ini terjadi. Yang perlu kita lakukan sekarang adalah bagaimana saling menguatkan untuk melewati masa duka negeri saat ini.


Tidak bisa dipungkiri pada masa pandemik seperti sekarang ini banyak pihak yang penghasilan sangat menurun, meski tidak sedikit adapula pihak yang merasa diuntungkan. Nah bagaimana tips mengatur keuangan dimasa pandemik? berikut ulasannya


1. Skala Prioritas

Quote:



Saat masa pandemik tentunya banyak hal yang akan berubah termasuk keuangan. Hal yang paling bijak dilakukan adalah dengan membuat peta skala prioritas. Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi esok kemudian, mengingat angka kematian yang terus meningkat. Hal ini tentunya akan mengubah rencana pembelanjaan awal yang telah disusun sebelumnya. Tidak ada pilihan lain kecuali mengedepankan kebutuhan daripada keinginan. Tidak dapat dipungkuri dimasa pandemik seperti sekarang keuangan akan terkuras dengan pembelian hand sanitizer, masker, kuota internet, vitamin, dan kebutuhan pokok.


2. Jangan Panik

Quote:



Meski sulit, tetapi di tengah pandemik yang paling dibutuhkan adalah kejernihan berfikir ya gansis, jangan dilanda kepanikan dan ketakutan yang berlebihan, belanjalah sesuai kebutuhan. Panik bukan jalan terbaik penyelesaian suatu masalah. Penyebaran Virus yang mematikan ini bukan untuk kita abaikan tetapi bukan pula kita menghadapinya dengan penuh ketakutan. Ketakutan yang berlebihan justru akan menyebabkan sistem imun tubuh akan semakin menurun, dengan begitu virus akan mudah menyerang.


3. Menghindari penambahan hutang

Quote:



Menambah hutang dimasa seperti sekarang bukanlah pillihan bijak, karena masa pandemik tidak akan pernah diprediksi kapan akan berakhir, gunakanlah keuangan seperlunya. Sebagai alternatif jika tak ada jalan lain lagi, berfikirlah untuk mengajukan kredit bunga ringan sebagai modal usaha sampingan. Namun yang perlu diperhatikan pertimbangkan dengan baik apa yang anda akan lakukan dengan modal tersebut dan bagaimana perencanaan jangka panjangnya.


4. Mencari Dana Tambahan

Quote:



Masa Work From Home tentunya akan menambah intensitas keberadaan dirumah ya gansis. Pekerjaan kantor yang dilakukan dirumah dapat di selingi dengan menulis atau membuat usaha kecil-kecilan online yang dapat penambah pemasukan selama masa pandemik seperti membuat kue, kerajinan tangan, membuat masker, meracik jamu untuk peningkatan imun tubuh, membuat hand sanitizer dan mempromosikan melalui media sosial.


5. Manfaatkan Keahlian

Quote:



Pada dasarnya setiap manusia memiliki potensi masing-masing, sedini mungkin kenali potensi diri dan terus kembangkan karena akan ada saat keahlian itu akan sangat membantu. Seperti saat sekarang ini, disaat membutuhkan keuangan yang lebih banyak namun penghasilan justru menurun, saatnya memanfaatkan potensi diri.


Demikian tips ane gansis, semoga bermanfaat

Jangan lupa cendolin, rate, dan koment yang santu ya gansis

Salam sehat & stay at home, doain semoga duka negeri cepat berlalu


emoticon-Cendol Gan


Penulis : ninaahmad
Sumber : Opri
Diubah oleh Ninaahmad 18-04-2020 14:25
bhagasinsan19
haz0204
abellacitra
abellacitra dan 173 lainnya memberi reputasi
174
7.6K
151
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan