Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

brewclawAvatar border
TS
brewclaw
ABK WNI Diberi Makan Umpan Ikan Bau dan Daging 13 Bulan dari Freezer
ABK WNI Diberi Makan Umpan Ikan Bau dan Daging 13 Bulan dari Freezer

Kabar perbudakan anak buah kapal (ABK) asal Indonesia di kapal Long Xing 629 mengusik rasa kemanusiaan. Selain jam kerja yang edan-edanan, para ABK juga mendapat perlakuan diskriminatif dalam urusan makanan.
Hal ini disampaikan pengacara 14 ABK WNI yang selamat, yakni Dalimunthe & Tampubolon (DNT) Lawyers, lewat keterangan pers tertulis yang diterima detikcom, Minggu (10/5/2020).

"ABK sering diberi makanan berupa umpan ikan yang berbau sehingga mereka mengalami gatal dan keracunan makanan," kata DNT Lawyers.

Itu hanya salah satu dari 11 bentuk eksploitasi yang dialami para ABK WNI itu. Semua ABK mengalami eksploitasi dan diduga menjadi korban perdagangan orang. Masih soal makanan, para ABK diberi sajian tidak segar termasuk daging ayam yang sudah berusia setahun lebih di lemari pendingin (freezer). Padahal, ABK dari China diberi makanan yang lebih layak.

"ABK Indonesia diberi makanan berupa sayur-sayur dan daging ayam yang sudah berada di freezer sejak 13 bulan, sedangkan ABK Tiongkok selalu memakan dari bahan yang masih segar yang di suplai dari kapal lain dalam satu grup," kata DNT Lawyers.

Koki China membuat dua pembagian masakan, yaitu makanan khusus ABK China yang seluruhnya menggunakan bahan makanan yang lebih segar dan menggunakan air minum botol, dan bagian kedua adalah makanan khusus ABK Indonesia dengan makanan lama yang tidak segar dan berbau. Mereka juga tidak boleh komplain bila makanan tidak sesuai dengan agama mereka. Makanan buruk, minuman juga buruk.

"ABK Indonesia hanya diberikan air sulingan dari air laut yang masih sangat asin, sedangkan ABK Tiongkok meminum air mineral dalam kemasan botol. Beberapa penelitian menunjukkan kebanyakan minum asin dapat menyebabkan hipertensi dan jantung," kata DNT Lawyers.

Ada persamaan gejala yang dialami tiga anak buak kapal (ABK) warga negara Indonesia (WNI) yang meninggal dunia dan akhirnya dilarung ke laut. Mereka sama-sama mengalami bengkak-bengkak di tubuh saat sakit di tempat mereka bekerja, kapal pencari ikan berbendera China, Long Xing 629.
"Pada Desember 2019, dua orang ABK bernama Sepri dan Alfatah meninggal disebabkan oleh penyakit misterius yang memiliki ciri-ciri sama, yakni badan membengkak, sakit pada bagian dada, dan sesak napas," kata kuasa hukum 14 ABK WNI yang selamat, Dalimunthe & Tampubolon (DNT) Lawyers, lewat keterangan pers tertulis yang diterima detikcom, Minggu (10/5/2020).

Mereka bekerja di kapal Long Xing 629, beroperasi sejak 15 Februari 2019. Kapal ini beroperasi di perairan Samoa, tepatnya di wilayah RFMO Western and Central Pacific Fisheries Commission, selama lebih dari 13 bulan. Kapal terus berada di tengah laut tanpa pernah bersandar di daratan atau pulau. Dalam kondisi di tengah samudera itu, Sepri dan Alfatah terus menderita sakit misterius.

"Selama sakit, kapten kapal hanya memberikan obat-obat yang tidak dapat dipahami ABK Indonesia karena tertulis dalam bahasa China, juga diduga telah kadaluarsa. Kapten juga menolak permintaan para ABK Indonesia untuk membawa temannya yang sakit ke rumah sakit di Samoa," kata DNT Lawyers.
Sepri meninggal pada 21 Desember 2019 di kapal Long Xing 629. Jenazahnya dilarung pada hari itu juga. Alfatah meninggal pada 27 Desember 2019 setelah dipindahkan dari kapal Long Xing 629 ke kapal Long Xing 802 saat masa kritis. Jenazah Alfatah dilarung ke laut pada hari yang sama.

"Sepri dan Alfatah mengalami sakit selama 45 hari sebelum meninggal," kata DNT Lawyers.

Sumber : detik com

Ya ampun kelakuan warga negara commie junjungan si drunktot dan soljin memang sangat kebablasan emoticon-Cape d...
onik
zafinsyurga
tien212700
tien212700 dan 22 lainnya memberi reputasi
23
1.2K
25
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan