CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Indonesia Jadi Satu-satunya Negara di Asia Tenggara yang Tak Turunkan Harga BBM
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb4e8d38d9b1721c72bc7dc/indonesia-jadi-satu-satunya-negara-di-asia-tenggara-yang-tak-turunkan-harga-bbm

Indonesia Jadi Satu-satunya Negara di Asia Tenggara yang Tak Turunkan Harga BBM

Menyusul pennurunan tajam harga minyak mentah dunia, kecuali Indonesia, negara-negara di Asia Tenggara kompak menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM).

Bahkan negara-negara tersebut, sudah menurunkan harga BBM beberapa kali dalam periode 2020.

Hal ini membuat harga BBM di Indonesia, yang biasanya paling murah, kini sudah 'dikalahkan' oleh tiga negara lain.

Simak uraiannya berikut ini.

Delapan dari 10 negara anggota ASEAN sudah beberapa kali menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) dalam dua bulan terakhir.

Kebijakan tersebut menyusul penurunan harga minyak mentah di pasar global.

Mengutip data globalpetrolprices.com, kedelapan negara itu adalah Malaysia, Myanmar, Vietnam, Kamboja, Filipina, Thailand, Laos dan Singapura.

Sedangkan Indonesia belum juga memangkas harga BBM sejak Februari.

Sementara untuk Brunei Darussalam, globalpetrolprices.com tidak menyajikan data harga BBM di negara itu.

Malaysia sudah enam kali menurunkan harga BBM, sejak dua bulan terakhir. Per 13 April 2020, harga bensin dengan kadar oktan 95 di Malaysia di level US$ 0,29 per liter atau Rp 4.387 per liter (kurs Rp 15.127 per dollar AS).

Harga tersebut sudah melorot 39,58% sejak Januari 2020.

Singapura juga sudah memangkas harga BBM sebanyak enam kali sejak Maret hingga Mei 2020.

Jika dihitung dari awal tahun hingga 4 Mei, harga bensin di Singapura sudah menyusut 12,18% menjadi US$ 1,37 per liter.

Langkah serupa ditempuh Myanmar, yang sudah sembilan kali menurunkan harga BBM selama dua bulan terakhir.

Per 4 Mei 2020, harga bensin di Myanmar di posisi US$ 0,36 per liter, atau sudah menyusut 46,27% sejak awal tahun ini.

Kemudian Kamboja sudah lima kali mengubah harga bensin dalam dua bulan terakhir.

Per awal Mei 2020, harga BBM di Kamboja senilai US$ 0,66 per liter, atau sudah menyusut 34,65% ketimbang posisi awal tahun ini.

Bagaimana dengan Indonesia? Masih mengacu data globalpetrolprices.com, terakhir kali Indonesia menurunkan harga BBM pada Februari tahun ini menjadi US$ 0,6 per liter.

Harga itu menurun 10,45% dibandingkan posisi Januari 2020. Sejak Februari hingga Mei tahun ini, harga bensin di Indonesia tak kunjung turun.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif memastikan Indonesia masih mempertahankan alias tidak menurunkan harga BBM saat ini.


Harga Minyak Dunia -37,91 dollar AS.

Dalam Rapat Dengar Pendapat Virtual bersama Komisi VII DPR RI, Senin (4/5) lalu, Menteri Arifin menyatakan pihaknya masih akan memantau kondisi harga minyak mentah di pasar global serta menanti stabilnya nilai tukar rupiah.

Menteri ESDM juga memastikan pihaknya masih menanti dampak kesepakatan pemangkasan produksi antara negara-negara OPEC dan non-OPEC yang dilakukan mulai bulan Mei ini.

Pemangkasan produksi tersebut akan berlangsung terhitung mulai Mei sebesar 9,7 juta barel.

Kemudian di semester II-2020 anggota OPEC+ bakal menurunkan produksi sebesar 8 juta barel.

Selanjutnya pemotongan produksi minyak diprediksi mencapai 6 juta barel pada medio 2021-2022.


https://intisari.grid.id/read/032141...mpaign=partner








profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 28 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Buset, sampe bikin 2 thread, semangat banget. emoticon-Big Grin
profile-picture
diechlove memberi reputasi
Gini aja deh,
Setidak puasnya ente ma harga listrik, BBM dsb
Kalo laporan keuangannya rugi
Dan ente masih jg pengen harga lebih murah lagi
Itu artinya ente zolim ma BUMN n negara emoticon-Big Grin

Negara nya sih demokrasi
Rakyat nya komunis emoticon-Big Grin
Seenaknya sendiri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Mosta2011 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Enak menang banyak
profile-picture
diechlove memberi reputasi
Quote:


Wartawan goblog.. dari paragraf ini aja udah ketahuan indonesia ngga sendiri.. emoticon-Malu (S)

Tipikal kadrun.. mau menggiring opini.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
Mosta2011 memberi reputasi
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 12 balasan
Semenjak dipegang Ahok, Pertamina jadi makin amburadul begini sriii.. emoticon-Ngakak (S)

Kebijakan Pertamina kali ini dalam kepemimpinan Ahok mulai tidak pro rakyat lagi, tidak peduli wong cilik.. emoticon-Big Grin

Dulu Pertamina sebelum era Ahok sering menurunkan BBM jika harga minyak dunia turun.. emoticon-Big Grin

Kali ini Pertamina makin amburadul setelah Ahok masuk.. emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
alfar77 dan kalex46 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Kenapa gak turun? Alasannya apa? Jgn kek bank, sbi naik lgs bunga kredit naik tanpa jeda waktu, begitu sbi turun, alasan macam2 bilang butuh waktu.....
Orang pandai di negara ini yg lebih mampu untuk memimpin banyak, kok ya malah ngangkat mantan kriminal alias narapidana jadi pemimpin badan usaha.. emoticon-Ngakak (S)

Kek negara ini kehabisan orang pandai dan jujur saja.. emoticon-Ngakak (S)

Rezim dagelan, napi jadi pimpinan.. emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kalex46 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan

Bila perlu naikkin 2x - 10x lipat selama PSBB,

Harga normal khusus untuk layanan umum seperti ambulans & bisnis antar makanan

Biar di rumah aja, ga bandel keluyuran

profile-picture
s.o.s.s.o memberi reputasi
ga usah turunin.
premium aja balikin.
di daerah2, udah ilang tuh barang.
profile-picture
wincdma memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
harga turun tapi Indon bangkrut pilih mana?

emoticon-Bingung
harga turun tapi Indon bangkrut pilih mana?

emoticon-Bingung
kalau bbm turun kira2 harga barang turun gak ya?
kalau buat konsumsi pribadi kayanya gak ngaruh..
udah lama gak ke spbu
Kulakan mahal dijual murah ya rugi bandar emoticon-Big Grin ya klo swasta pemainnya banyak ga ikutin pasar ya ga laku emoticon-Big Grin pinter2 kulakan biar ga nyusahin kek harga masker pd naik masa pemerintah kalah cermat sama bakul emoticon-Shakehand2
Maklum presidennya plonga plongo dan klemar klemer
Quote:


Nah ini setujuh emoticon-Toast
Ga ada urgensinya juga diturunin, semua pemakaian bbm sdh berkurang dampak pandemi.
Mending biarin aja.
Drpd dimurahin orang malah pada jalan2.

Nanti kl pandemi sdh berlalu, utk stimulus ekonomi bbm diturunkan. Baru bener....
Income BUMN kok maw diturunin pegimane ?emoticon-Marah kampret
emg komisaris baru kita bisa kerja ga ya ? atau overrated aja ? kerja bacot doang, emg bisa apa ya ?
mana ini buzzerp bangs@t
Chebobgers di prank sama salah satu junjungannya Hhahaha..
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di