si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Mengintip Kandang Macan,Tempat Istirahat Sopir Bus Malam
Hallo gan sist,kali ini ane akan membahas soal kandang macan nih emoticon-Big Grin
Tapi bukan kandang macan dikebun binatang ya,kandang macan yang akan ane bahaa ini terdapat dalam bus AKAP.




Sumber


Kalau sopir truk biasanya mempunyai tempat istirahat tepat berada dibelakang kursi kemudinya,bagaimana dengan sopir bus AKAP ?.Apalagi bus lintas pulau yang melakukan perjalanan 2-3 hari,dimana sopir membutuhkan waktu istirahat yang cukup.


FYI untuk para sopir bus,biasanya disediakan tempat istirahat paling belakang.Berada disebelah toilet bus,persisnya tepat berada diatas kabin mesin.Beralaskan kasur,dan sudah dilengkapi bantal dan guling juga gan sist.


Bagian paling belakang kursi penumpang biasanya digunakan oleh pihak karoseri, untuk digunakan sebagai tempat tidur sopir bus.Kalau agan sista naik bus,sebelum busnya berangkat,coba kalian lihat-lihat ke bagian bangku penumpang paling belakang.
Biasanya letak kandang macan ini berada persis disebelah toilet bus gan sist,coba perhatikan gambar dibawah.





Letaknya persis disebelah toilet bus emoticon-Big Grin







Nah seperti inilah tempat tidurnya pak sopir gan sist emoticon-Big Grin

Sumber Foto



Disanalah tempat sopir bus beristirahat,ketika terjadi pergantian pengemudi.Selain untuk istirahat sopir,juga digunakan istirahat kernet,biasanya terdapat pada bus lintas Sumatera dengan formasi dua sopir dan dua kernet.Tempat ini digunakan kernet (helper) bus untuk bergantian beristirahat selama perjalanan jauh.



Kandang Macansendiri merupakan sebutan dari para penggemar bus (bismania),asal usulnya juga kurang begitu jelas.Karena hal ini sudah dikenal sejak lama gan sist.Tapi dari beberapa sumber yang ane tahu,penamaan kandang macan ini bermula saat jalur pantai utara masih lancar (belum ada tol).


Dimana para sopir bus membawa armadanya dengan garang di jalan layaknya macan emoticon-Hammer (S)
Begitu kalau simpulkan emoticon-Big Grin ,dulu kalau lewat pantura sebelum ada tol.Sopir dituntut tepat waktu dan tetap mengutamakan kenyamanan penumpang,karena garangnya pembawaan mereka,maka tempat istirahatnya jadi dinamai kandang macan emoticon-Hammer (S)




Sumber


Tapi asal mula penamaan kandang macan ini juga belum begitu jelas gan sist emoticon-Bingung (S)
Yang pasti para penggemar bus menyebutnya dengan istilah kandang macan,tempat privasi bagi sopir bus untuk beristirahat.


Ternyata kandang macan sendiri punya peran penting bagi para sopir dan krunya,untuk sekadar mengistirahatkan badan mereka sejenak selama menempuh perjalanan panjang.Sekian dulu ulasan kandang macannya,semoga bisa menambah wawasan untuk kita semua.




Sumber: pemikiran dan opini pribadi
Referensi: disini
Gambar: bloger bismania
Diubah oleh si.matamalaikat 02-05-2020 23:13
nona212
tien212700
blueguy.co.id
blueguy.co.id dan 300 lainnya memberi reputasi
299
22.2K
234
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan