anna1812Avatar border
TS
anna1812
6 Buku Keren Penyejuk Jiwa, Agan Udah Baca Belum?


Banyak hal yang bisa dilakukan saat menunggu waktu berbuka puasa di bulan Ramadhan. Bisa dengan melakukan hal-hal positif agar waktu yang kita miliki tidak terbuang sia-sia. Apalagi dalam kondisi lemas ketika berpuasa ya, GanSis.

Untuk menyiasati supaya waktu menunggu berbuka tidak terkesan lama, GanSis bisa memanfaatkan waktu buat membaca. Yup! Bagi para pecinta literasi, tentu hal ini akan menjadi hal yang sangat menyenangkan. Di samping menambah ilmu pengetahuan, hal ini juga bisa menumbuhkan rasa cinta terhadap dunia yang dianggap membosankan oleh sebagian kalangan.

Terlepas dari itu semua, tahukah GanSis, bahwa buku adalah jendela dunia? Dalam benda kecil itu, banyak informasi yang bisa kita dapatkan tanpa perlu keliling dunia. Banyak juga kisah-kisah dalam kehidupan nyata, dituangkan dalam sebuah karya yang berupa buku. Entah itu berupa novel solo ataupun antologi.

Berbicara mengenai novel atau antologi, ane akan sedikit berbagi tentang novel yang bisa Agan Sista baca saat menunggu waktu berbuka. Apa saja itu? Yuk, disimak!

1. Novel bernuansa Islami

Novel karya Habiburrahman El Shirazy ini menceritakan tentang perjuangan seorang muslim di negara yang tercatat sebagai tempat prostitusi terbesar di dunia. Wah, pasti berat banget ya, GanSis. Dalam novel ini, penulis merangkai adegan demi adegan dengan apik. Alur maju mundur yang disajikan penulis, menjadikan daya tarik tersendiri untuk karya keren ini. Tak luput juga, ilmu-ilmu agama yang terselip, bisa menambah wawasan kita tentang bab-bab yang jarang orang tahu. Pokoknya Agan Sista akan terkagum-kagum membaca novel yang telah difilmkan ini.




2. Novel poligami

Ini adalah salah satu novel yang bisa Agan Sista baca di kala menunggu waktu berbuka puasa. Dalam novel ini, mengisahkan tentang seorang putra kyai sekaligus pejabat yang berpoligami. Di dalamnya, termaktub pula ilmu agama bab-bab poligami dan hal-hal yang dianggap tabu dalam masyarakat. Seperti tulisan-tulisan dalam novel lain, ada sebab akibat dan hukum karma yang dialami oleh para tokohnya. Membaca novel ini, bisa menambah ilmu pengetahuan tentang bagaimana cara menghadapi orang yang berwatak keras dan egois. GanSis tidak akan menyesal membaca karya spektakuler ini, deh.




3. Novel karya Bunda Asma Nadia

Dalam dunia literasi, siapa yang tidak kenal beliau? Istri dari owner salah satu komunitas menulis terbesar di Indonesia ini, telah menelurkan banyak karya. Bahkan tulisannya pun tidak sedikit yang diangkat ke layar lebar. Buku Catatan Hati Seorang Istri ini banyak memuat kisah-kisah nyata dari para istri yang ada di Indonesia. Pelajaran berharga bagi kita sebagai kaum hawa yang tercantum dalam buku best seller ini, tetaplah menjadi wanita yang kuat menjalani takdir Illahi. Sesungguhnya wanita bukanlah makhluk yang lemah. Hanya saja, dirinya rela berkorban demi mempertahankan keutugan rumah tangga yang hampir koyak karena keegoisan laki-laki.




4. Novel cinta dan kehidupan

Ini adalah karya salah satu teman ane. Novel ini berkisah tentang kehidupan rumah tangga, persahabatan, dan cinta seorang wanita. Plot twist yang tersaji, menjadikan kisah ini istimewa. Banyak adegan tidak terduga. Hal positif yang dapat diambil dalam karya sastra ini, bahwa ketulusan hati dalam mencintai, akan berbuah manis. Lika-liku perjalanan untuk mendapatkannya pun, bisa jadi bahan pembelajaran bagi kita, bahwa segala sesuatu di dunia ini, harus diperjuangkan.




5. Novel cinta dan kehidupan

Ini juga salah satu karya teman ane, GanSis. Di dalamnya memuat kisah kehidupan seorang anak perempuan yang menjadi bahan bully-an teman-temannya. Banyak hal positif yang bisa diambil dari karya tulis ini. Salah satunya adalah jangan pernah menghujat seseorang hanya dari penampilan luar. Sebab kita tidak pernah tahu mengapa sampai dia berpenampilan seperti itu. Pernahkah terpikir untuk menanyakan hal itu terhadapnya? Faktanya, banyak orang mem-bully karena mereka tidak tahu bagaimana kehidupan yang dijalani oleh orang yang mereka bully tersebut. Dan tidak sedikit korban bully-an yang berusaha tetap tegar meskipun hal itu sangat menyakitkan dan tak akan pernah dilupakan.




6. Novel kehidupan

Banyak kisah-kisah nyata dalam kehidupan yang tertuang dalam buku kumpulan cerpen ini. Sedih, bahagia, terluka, menjadi satu rasa dalam kata yang kita sebut sebagai takdir. Agan Sista akan menemukan banyak pelajaran berharga setelah membaca kumpulan cerpen ini. Jangan lupa siapkan tisu yang banyak, sebab kisah-kisah di dalamnya, banyak mengandung 'bawang' yang akan menguras air mata.




Itulah beberapa buku yang bisa dibaca untuk memperkaya hati Agan Sista semuanya. Sebenarnya masih banyak buku-buku yang ane rekomendasikan. Namun untuk kali ini, kiranya hanya itu yang bisa ane sarankan. Semoga saja, waktu yang GanSis miliki, tidak terbuang percuma. Buku-buku di atas, bisa dijadikan teman sekaligus tempat menambah wawasan, baik ilmu pengetahuan agama atau pun ilmu kehidupan.

Tetap semangat berpuasa ya, GanSis. Semoga apa yang ane tulis kali ini bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.


Spoiler for cendol kebaikan:


Spoiler for cendol kebaikan:


Penulis : @anna1812
Sumber gambar : dokumen pribadi


emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2
Diubah oleh anna1812 03-05-2020 08:49
sarkaje
finemonday
nona212
nona212 dan 64 lainnya memberi reputasi
65
3.2K
67
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan