CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Terima Aduan Tagihan Listrik Naik, Ombudsman Semprot PLN
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eaf9b5688b3cb0cc40b255a/terima-aduan-tagihan-listrik-naik-ombudsman-semprot-pln

Terima Aduan Tagihan Listrik Naik, Ombudsman Semprot PLN

Terima Aduan Tagihan Listrik Naik, Ombudsman Semprot PLN

Kebijakan PT PLN (Persero) meminta pelanggannya untuk melakukan pengecekan meteran listrik secara mandiri dengan alasan adanya wabah penyakit COVID-19 sehingga tidak memungkinkan petugas melakukan pengecekan ke rumah pelanggan menuai kritik.

"Tidak boleh dengan alasan wabah COVID-19 kemudian justru meminta para pelanggan untuk self service terkait dengan tagihan penggunaan listrik," kata anggota Ombudsman RI Laode Ida , melalui siaran pers, di Jakarta, Minggu (3/5).

Menurut dia, sudah menjadi hak dari pelanggan untuk mendapatkan pelayanan prima dari PLN.

"Penerangan listrik merupakan kebutuhan primer bagi masyarakat, maka seharusnya pimpinan PLN menyadari kalau sektor ini merupakan bagian pelayanan kebutuhan yang harus dilakukan secara prima oleh pihak PLN," kata Laode Ida, dikutip Antara.

Laode menambahkan bahwa Ombudsman telah menerima beberapa keluhan dari masyarakat atas kebijakan tersebut, di antaranya lonjakan tagihan listrik.

"Sejumlah pelanggan mengeluhkan di antaranya telah mengeluh pada Ombudsman, akibat tagihan listrik bulan terakhir melonjak secara berlipat ganda padahal pemakaian listrik oleh pelanggan dianggap normal saja atau tidak naik," katanya.

Hal tersebut, menurutnya, memberatkan masyarakat terlebih banyak pelanggan listrik yang ekonominya terdampak wabah penyakit COVID-19.

"Semula pihak pelanggan berharap akan memperoleh diskon tarif listrik di era krisis akibat COVID-19 ini, eh malah justru terbalik," Ujar Laode Ida.

Dia meminta agar jajaran pimpinan PLN membuat kebijakan untuk kembali melakukan pengecekan meter ke rumah pelanggan karena prosedur pengecekan meter tidak menimbulkan kontak dengan orang lain sehingga minim resiko penularan COVID-19.

"Toh juga petugas PLN jika datang langsung lakukan pengecekan secara fisik tidak bersentuhan dengan orang di lokasi meteran listrik, sehingga tidak beralasan untuk tidak menugaskan petugasnya untuk kerja secara normal," kata Laode Ida.



profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 19 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Kan udah jadi budaya dan trend di negara tercintah ini kalo harga naik tuh diem2 bae...
Apalagi kan PLN gak memungkinkan buat merumahkan pekerjanya di masa pandemik begini, dan skenario potong gaji bagi BUMN sepertinya belum serentak, jadi ya biaya operasional nya kan masih meroket.
Mau ngarepin income dari anak usaha nya? Mereka juga pada suffering kok.
CMIIW. emoticon-Hammer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ivoox.id dan 2 lainnya memberi reputasi
yg di atas mana mikir, suruh pelanggan catat meter mandiri wkwkwkw gobs, pdhl sejak kpn petugas cater catat meter pk salaman ma pemilik rumah, skrng tagihan listrik bny yg naik gila2an, ttp aja yg di maki2 bagian pelayanan yg notabenenya cuma karyawan OS, bukan karyawan PLN emoticon-Stick Out Tongue , suruh pejabat PLN yg nrima tlpn keluhan, mana mau mrk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ivoox.id dan 2 lainnya memberi reputasi
Makanya di cek semua meter pelanggannya biar fair lo tagihan ada hitam diatas putih

Kalo cuma sekedar nembak kan ga ada buktinya pemakaian segitu

profile-picture
profile-picture
ivoox.id dan Abc..Z memberi reputasi
penyebabnya katanya :
1. selama wfh ada peningkatan pemakaian.
2. tidak menyampaikan perubahan kwh meter sehingga diambil nilai rata2 pemakaian 3 bulan terakhir..

kalau alasan nomor 2, harusnya yg nomor 1 gak ngaruh donk ya krn yg dipakai adalah rata2 3 bulan sebelum wfh..
dan akan makin naik saat bulan depanya actual angka dilaporkan..

makanya mendingan pra bayar sih pakai token..
jelas sesuai yg dipakai..
profile-picture
profile-picture
ivoox.id dan 54m5u4d183 memberi reputasi
Hmm kan harga listrik per kwh nya dipengaruhi oleh nilai jual batubara, kl gak salah harga acuan batubara emang naik deh 2020 pernah baca tuh di Okezone

#CMIIW
profile-picture
profile-picture
Malioboror dan ivoox.id memberi reputasi
Diubah oleh tamadate6
tampar pipinya om
profile-picture
54m5u4d183 memberi reputasi
Ya jelas naek lah bos....
Ente di rumah mulu kan 1-2 bulan ini
Ombudsman sok galak..
yg pakai token bakalan lebih meroket apalagi yg daya 2200emoticon-Wakaka
profile-picture
54m5u4d183 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Didaerah ane pelanggan pasca bayar malah pada suruh tanda tangan surat perjanjian sama pln, kalo telat bayar meteran listrik bakal diganti ke meteran token. Padahal telat hitungan hari aja.
Diubah oleh to2wnrt
makin baik aja kinerja PLN di era sekarang, banyak sekali rakyat yang puas ngak ada yang mengeluh, bahkan ombudsman kasih pujian buat PLN
profile-picture
daisy90 memberi reputasi
Cara paling gampang untuk cek listrik naik apa ga :

Coba yg pake listrik abonemen di cek penggunaan per bulanya berapa terus tagihanya dibagi ama penggunaan kwh per bulan. Biaya per kwh nya naik atau ga.. disitu kan bisa keliatan tarif nya naik atau ga....

sediain perusahaan listrik swasta deh, biar pln ada pesaing dan ga monopoli gini
Nagihnya telat 3 hari aja kaya debt collector nagih utang.an-jing.
Quote:


Sebenernya masalah swasta ini udah dari lama sih gan, di daerah Jawa Tengah aja udah dibangun pembangkit Ultra super kritikal gan yang sampe 2000 MW. Nah terus tuh pembangkit dijual deh ke pemerintah gitu gan, jadi yaa sebenernya udah lama sih pembangkit pembangkit swasta ini udah ada.

Lagian kan ini jaringan listrik yaa, bukan macem provider HP bisa bebas milih. Sama satu lagi deh maksud agan di swasta in itu gimana yaa...Kl ane boleh tau tolong diperjelas yak
Quote:


yup sy tau klo di sisi produksi listrik udah ada pihak swasta yg garap.
tp dr sisi penyaluran listrik ke konsumen itu msh full dipegang pln.
profile-picture
tamadate6 memberi reputasi
klo ini apa namanya gans, korupsi, mark up, apa pungli, ato apa bijimana ?? mohon pencerahannya dimari agans suhu ?? emoticon-Bingung
Quote:


Ultra super critical temperatur steamnya sampai berapa? Di thermodynamic ane ga pernah nemu yg Ultra super critical.
Gue bayar sih bulan ini emang ada kenaikan, tapi masih dalam batas normal kok. Naik goceng. Tapi ya kelewatan kalau sampe ada yg naik 2x lipatemoticon-Cape d... (S).

Btw, PLN ini petugas catatnya kalo salah catat, selisihnya diakumulasi langsung gan. Kantor gue pernah ngalamin soalnya. Jadi rata-rata penggunaan sekitar sekian kwh, dibulan berikutnya penggunaannya naik 1,5x lipat. Sampe sempat investigasi kenapa naiknya signifikan banget. Begitu ditelusuri, ternyata petugas meteran ada salah catat, makanya begitu ketahuan ada kesalahan, pelanggan dibebani langsung. Ada baiknya, bagi pelanggan pasca bayar, catat penggunaan kwh berikut angka di meterannya, jadi begitu ada lonjakan bisa dicek dahulu, apa ada salah catat dari petugas apa memang pemakaian yg bertambah.
Quote:


Kl boleh jujur aslinya ane gak tau dia ultra kritikal atau apaan....ane cuma boleh denger dr kating di tempat kerja. Yaa maksudnya sih permbangkit yg di Jepara itu..
#CMIIW
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di