- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Proses Pembuatan Ban Mobil


TS
s3r4hf3
Proses Pembuatan Ban Mobil

Sebagai salah satu bagian penting dari kendaraan,ban dibuat dengan berbagai jenis dan peruntukannya.berbagai produsen ban pun berlomba-lomba membuat ban dengan inovasinya masing-masing pun resepnya sangat rahasia.
Ternyata proses pembuatan ban cukup rumit lho
Ada beberapa tahap pengerjaan untuk menjadi sebuah ban yang siap pakai.
MIXING
ini merupakan proses awal pembuatan ban,dimana bahan baku mulai dari karet,dan berbagai bahan kimia yang sudah ditimbang komposisinya,diaduk atau digiling dimesin BANBURY untuk menjadi lembaran panjang atau disebut coumpound,lalu bahan yang sudah di mixing tadi akan di proses kebeberapa bagian lain diantaranya: EXTRUDE,CALENDAR,BEAD
EXTRUDE
Dibagian ini bahan yang dihasilkan dari MIXING tadi diproses menjadi Tread atau bagian tapak Ban tapi masih dalam bentuk lembaran panjang.
BEAD
Dibagian ini bahan yang dihasilkan dari MIXING tadi diproses dimesin BEAD WIRE menjadi Bead dengan menyatukan Coumpound dengan wire baja yang sudah ditentukan sesuai kebutuhan
CALENDAR
Dibagian ini bahan yang dihasilkan dari MIXING dibuat menjadi lembaran yang lebih tipis,yaitu menyatukan lembaran tekstil atau anyaman benang lalu dilapisi COUMPOUND yang dihasilkan dari mesin BANBURY
BUILDING
Dibagian ini seluruh hasil proses dari ketiga bagian diatas disatukan di mesin TYRE BUILDING menjadi ban yang siap dicetak,hasil dari proses ini disebut GREEN TYRE.
CURING
Green tyre yang dihasilkan dari mesin BUILDING lalu diproses menjadi ban dengan cara dimasak dalam cetakan dengan tekanan tinggi dan temperatur berkisar 180°c sampai menjadi ban yang sudah terbentuk sempurna
BALANCE
setelah ban sudah terbentuk sempurna maka ban diproses dimesin dynamic balance untuk menentukan titik teringan,dimana nanti pentil akan dipasang.
UNIFORMITY
dari proses Balance lalu ban memasuki proses terakhir untuk mengetahui grade ban,jika sesuai standar yang diberlakukan maka ban tersebut akan diketahui class nya,A CLASS, B CLASS atau C CLASS.
Demikian proses pembuatan ban tube less dari awal sampai akhir.meski sudah melalui semua proses pembuatan,namun untuk bisa dijual atau dikirim kepembeli ban tersebut masih harus diuji dengan cara pengambilan acak,untuk diuji dilaboratorium pengujian ban.
Diantaranya uji DIMENSI,ENDURANCE,BEAD UNSEAT,dan lain-lain.
Demikian proses pembuatan tyre atau ban yang bisa ts bagikan buat agan dan sista mungkin ada beberapa bagian yang tidak bisa ts sampaikan mohon koreksinya.terimakasih
Sumber gambar: google
Diubah oleh s3r4hf3 29-04-2020 03:54






putrateratai.7 dan 25 lainnya memberi reputasi
26
1.3K
13


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan