sitinur200Avatar border
TS
sitinur200
Satu Mangkuk Takjil, Puluhan Doa Mengiringi





Bulan suci Ramadhan adalah bulan penuh ampunan, penuh berkah dan penuh pahala. Yang biasanya tidak berbagi, bulan Ramadhan bisa menjadi waktu terbaik untuk berbagi terhadap sesama.



Spoiler for Gambar:

Sumber di sini

Berbagi tidak melulu soal makanan, tapi bisa juga cara yang lain seperti berbagi ilmu dan masih banyak lagi.


Di bulan suci ini ane biasanya berbagi takjil ke tetangga, walaupun tidak banyak--cuma satu mangkuk, asal dengan niatan yang baik dan ikhlas. Percuma ngasih banyak-banyak kalau hanya untuk ria, ingin dipuji.


Tidak harus disengaja khusus membuat untuk dibagi, ane cuma bikin secukupnya dan menyisihkan satu mangkuk untuk dikasih ke tetangga bergiliran. Satu hari, satu mangkuk selama Ramadhan.



Dengan niatan baik dan ikhlas, sekecil apa pun yang kita lakukan pahalanya tetap sama. Jangan berpikiran, "Kalo ngasihnya dikit, nanti pahalanya dikit juga."

Pahalanya sama aja, mau ngasih dikit atau banyak juga. Dengan syarat, harus ikhlas dan tidak mengharap pamrih.


Selain dapat pahala, tali silaturahmi akan tetap terjalin. Saat mengantarkan takjil, akan bertemu dengan tetangga. Yang biasanya jarang ngobrol otomatis akan ngobrol, asal jangan ngobrol kepanjangan nanti ujungnya malah ghibah. (Emak-emak gitu, kan, ya?)


Habis nganterin takjil, ketemu tetangga lain di jalan. Nambah lagi silaturahminya. Indah bukan?


Walaupun lagi pandemik, tapi silaturahmi tetap harus dijaga, ya, GanSis. Dengan mentaati prosedur-prosedur pemerintah. Kalau daerahnya tidak dalam zona merah, dor to dor mungkin tidak terlalu beresiko selama kita menerapkan sesuai yang dianjurkan.


Lupakan Corona sejenak, kita resapi Ramadhan yang indah. Hempaskan semua gundah, pandang lurus ke depan, raih pahala dan berkah di bulan yang penuh anugrah.


Efek dari berbagi yang bisa ane rasakan, melihat senyum bahagia dari bibir tetangga. Mungkin, tetangga yang tadinya julid pun bisa berubah kalau dibaikin. Hatinya akan luluh secara perlahan. Api dilawan api akan ada yang terbakar, makanya kalau ada api balas dengan air supaya padam.

Banyak pula yang mendoakan. Aamiin.


Yuk mulai berbagi, sekecil apa pun itu!

Jangan malu untuk berbuat baik.


Daun salam di tumpukan jerami
Salam silaturahmi


Berkah selalu, sehat selalu, semangat selalu.


Wassalam ....
Diubah oleh sitinur200 27-04-2020 13:04
sebelahblog
deal71
4iinch
4iinch dan 14 lainnya memberi reputasi
15
337
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan