cintadineAvatar border
TS
cintadine
6 Sitkom Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Versi Ane, No 1 Paling Terkenal
Komedi Situasi atau sering disingkat sitkom adalah salah satu genre komedi yang berawal dari radio namun sekarang kebanyakan dijumpai di televisi. Dalam sejarah pertelevisian Indonesia, beberapa stasiun tv juga memproduksi serial sitkom terutama memasuki era 2000an. Sitkom biasanya berlatar di tempat yang sama setiap episodenya seperti rumah atau tempat kerja dan memunculkan karakter atau tokoh yang selalu sama.

Jika di Amerika sana terdapat sitkom legendaris era 90an yang berjudul Friends maka di Indonesia pun muncul berbagai sitkom dan di antaranya layak disebut sebagai yang terbaik. Nah, gan. Inilah deretan sitkom Indonesia terbaik sepanjang masa versi ane.

1. Bajaj Bajuri
Di tempat pertama ane tempatkan Bajaj Bajuri. Sitkom legend ini tayang pada 2002 di Trans TV dan merupakan garapan sutradara Aris Nugraha (yang juga sutradara Preman Pensiun). Sitkom ini begitu ikonik dengan Mat Solar sebagai Bajuri, seorang supir bajaj di Jakarta dengan istrinya Oneng yang buka usaha salon. Jangan lupakan juga karakter Ucup yang diperankan oleh Fany Fadillah yang menjadi pelopor fans sepakbola karbitan karena punya banyak jersey bola kw dari berbagai tim emoticon-Ngakak. Cerita ringan dan dialog yang bikin ngakak menjadi kekuatan kenapa Bajaj Bajuri bisa sukses besar.

2. Office Boy (OB)
Sitkom OB yang ane maksudkan ini adalah OB yang pertama alias yang tayang pada 2006 di RCTI setiap sore hari. Menceritakan keseharian karyawan OK TV di bagian HRD beserta dengan OB-nya. Karakter yang punya ciri khas masing-masing dan lawakan yang tidak dibuat-buat menjadi alasan kenapa sitkom OB saat itu punya rating yang tinggi. Pemerannya antara lain Aditya Padat Karya, Tika Pangabean, Bayu Oktara, Daus Separo, dll. OB punya sekuel pada 2018 yang lalu namun kurang begitu mendapatkan sambutan yang antusias.

3. Tetangga Masa Gitu?
Ketika awal NET berdiri banyak program-program berkualitas dan menghibur dan salah satunya adalah Tetangga Masa Gitu? (TMG?). Pemain utamanya hanya empat orang dan latarnya hanya di rumah saja tapi justru kesederhanaan itulah yang jadi daya tariknya. Dibintangi oleh Dwi Sasono, Sophia Latjuba, Chelsea Islan, dan Deva Mahenra. Mengisahkan dua pasang suami istri yang bertetangga. Yang satu pasangan muda baru dan yang satu pasangan yang sudah agar senior tapi entah kenapa masih belum punya momongan emoticon-Big Grin. Tingkah laku Adi yang kerap membuat tetangganya kerepotan hampir selalu ada di setiap episode emoticon-Ngakak

4. Kelas Internasional
Lagi-lagi dari NET. Kelas Internasional menceritakan di suatu sekolah khusus Bahasa Indonesia untuk orang-orang asing yang datang. Ada sekitar tiga belas orang dari berbagai negara termasuk Korea Selatan, Jepang, India, dll. Perbedaan kultur dan logat para tokoh saat berbicara membuat serial ini menunjukan jika perbedaan itu memang indah sekaligus saling melengkapi. Berbagai permasalahan kocak terjadi di setiap episodenya.

5. OK-JEK
Lagi-lagi dari NET gan. Yaitu OK-JEK yang tayang pertama kali pada akhir 2015 hingga 2018. Serial sitkom ini terinspirasi dari ojek online yang tengah mulai populer di Indonesia saat itu. Mengisahkan para driver dan karyawan OK-JEK dan bagaimana keseharian mereka dalam bekerja beserta dengan momen-momen kocaknya serta dibintangi oleh Ibnu Jamil, Chika Waode, Arif Didu, dll. Seperti program NET lainnya, serial ini juga tidak dilanjutkan walaupun sebenarnya masih dapat rating yang layak.

6. Abdel & Temon
Sebenarnya ane bingung di nomor lima ane pilih yang mana dan ane masukin aja Abdel & Temon. Pertama tayang pada 2008 di Global TV dan membuat dua komedian ini menjadi terkenal di Indonesia. Kisahnya pun tak jauh-jauh dari tingkah laku Temon yang sering dibodohi oleh Abdel emoticon-Ngakak. Seiring bertambahnya episode juga muncul tokoh lain seperti Mukhlis, Udin, dan masih banyak lagi. Beberapa tahun yang lalu Abdel & Temon cukup sering ditayangkan ulang yang artinya banyak orang yang suka dengan sitkom ini.

Nah, gan. Sitkom favorit agan yang mana? emoticon-Ngakak

Quote:
Diubah oleh cintadine 27-04-2020 09:37
rayhanpahlevi27
pepenion
999999999
999999999 dan 85 lainnya memberi reputasi
86
6.4K
131
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan