MakanDimanaAvatar border
TS
MakanDimana
Buka Puasa dengan Nasi ‘Grombyang’, Menu Khas Kota Pemalang


Pemalang
 
merupakan nama sebuah kabupaten yang masuk dalam wilayah administratif provinsi Jawa Tengah, dimana ketika Kaskuser menyusuri jalur pantura maka agan sista bakal nemuin kota yang diapit oleh kota Tegal dan kota Pekalongan. Tak kalah dengan tempat lainnya, kota yang memiliki luas wilayah kabupaten sebesar 111.530 km² ini juga memiliki makanan khas yang mangstab untuk disantap sebagai menu buka puasa. Pada Minggu, 26 Mei 2019 jadi pengalaman ane buat icip-icip menu ‘Nasi Grombyang’ di Pemalang, Jawa Tengah.

Bukber dengan Menu Khas Kota Pemalang


Bagi Kaskuser yang udah mencoba mungkin udah pada punya gambaran gimana dengan rasa dari menu ini, tapi agan sista yang belum pernah sama sekali tenang gan .. karena ane bakal sedikit ceritain soal hidangan ajib ini. Nasi Grombyang ini merupakan nasi yang disajikan bersama daging sapi dan pastinya menggunakan bumbu-bumbu yang menambah sedap dari makanan ini. Secara penyajian, nasi putih disiram dengan kuah dan daging, kemudian pada bagian atas ditaburi dengan bumbu bawang goreng sebagai pelengkap. Penyajian hidanga ini pun terbilang unik, karena disajikan pada mangkuk kecil yang dijamin dari rasa dan porsi bakalan bikin agan ga cukup menyantap satu porsi. Ingat gan, bagi agan yang tidak suka dicampur pun bisa memesan nasi grombyang dengan nasi dan daging di pisah. emoticon-Cool.

Untuk penjual atau pun tempat makan yang menjajakan menu ini terbilang banyak sih gan, dari yang bentuknya rumah-rumah tenda yang berlokasi di pusat kota (alun-alun) sampai dengan rumah makan yang tempatnya luas dan muat untuk orang banyak. Diantaranya beberapa penjual nasi grombyang sudah memiliki nama seperti ‘Nasi Grombyang Pak Waridin’, ‘Nasi Grombyang Pak Warso’, dan ‘Nasi Grombyang Pak Toli’. emoticon-2 Jempol

 

‘Nasi Grombyang Pak Waridin’ Jadi Pilihan


Kebetulan kemarin ane dan keluarga datang ke kota Pemalang dari arah Banyumas (Purwokerto) gan, sehingga akan lebih mudah nyobain Grombyang Pak Waridin yang berada di Jl. Gatot Subroto, Kebondalem, Bojongbata, Kec. Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Sesampainya di TeKape, ane dan keluarga pun ditawari untuk langsung makan atau mau pesan minum terlebih dahulu. Sangking antusias banget, akhirnya ane berinisiatif untuk pesan minum (Es Teh Manis) dan Nasi Grombyang secara bersamaan. Nah ini dia penampakannya Gan… 

Serasa makin lengkap deh gan karena nasi grombyang disajikan dengan ditemenin dengan Sate Daing Sapi yang berbalut serundeng yang berasa banget!. Untuk Kaskuser yang membawa kendaraan sendiri baik sepeda motor atau kendaraan roda empat, tak perlu khawatir untuk melipir ke sini gan.. karena tersedia tempat parkir sepeda motor di bagian dalam, dan parkir mobil tepat di depan rumah makan tersebut. 


Foto diambil pada 26 Mei 2019 saat mampir di Pemalang dengan tujuan utama mencicipi menu ‘Nasi Grombyang’ khas Pemalang untuk berbuka puasa.

 

Pada foto ini memperlihatkan Sate Daging Sapi sebagai makanan yang menemani menu nasi grombyang khas kota Pemalang. Meskipun dengan porsi yang minim namun agan sista bisa mencicipi menu ini dengan harus membayar Rp. 15.000 /porsi. Untuk sate daging sapi sendiri kalau ane ga salah dihitung per sindik sekitar Rp. 2.500.


Nasi Grombyang Pak Waridin yang selalu ramai ini (apalagi mendekati waktu buka puasa), maka tidak menutup kemungkinan kalau kita ngantri karena penuh. Oleh karenanya bagi agan  sista yang mau mencoba nasi grombyang di tempat lain atau menu buka puasa lainnya bisa menuju ke Pasar Anyar yang berdekatan dengan Alun-Alun Pemalang. Sepanjang jalan ini agan bakal nemuin warung-warung tenda yang menyuguhkan berbagai menu makanan, diantaranya ada Baso, Sate, Nasi Goreng, Lontong Dekem, hingga Nasi Grombyang.

Kalau agan kekeh tetep kepengin nyobain ‘Nasi Grombyang’, cobalah mampir di tempat ini untuk mencoba ‘Nasi Grombyang Pak Warso’ atau ‘Nasi Grombyang Pak Toli’ yang lokasinya sangat berdekatan. 

Duh.. Habis Buka Puasa Ane Mau Lanjut Sholat Maghrib dulu gan, Tapi di mana yah..?


Sebelah barat Alun-Alun Pemalang terdapat Masjid yang bisa jadi tempat tujuan agan melakukan sholat. Masjid ini didirikan oleh Mbah Nur Khalam, dan untuk menuju masjid ini dari tempat makan nasi grombyang yang ada di Pasar Anyar cukup dengan jalan kaki menuju arah selatan, kemudian belok kanan dan langsung terlihat sebuah Masjid yang besar. Lokasi tepat dari Masjid Agung sendiri berada di sebelah barat dari Alun-Alun Pemalang.
Tuntas sudah thread kali ini yang bagikan pengalaman mencicipi 'Nasi Grombyang' khas Pemalang sebagai menu berbuka puasa. Bagi Kaskuser yang sudah pernah nyobain boleh banget nih untuk reply thread ini dan ceritain pengalamannya.
Untuk kaskuser yang belum pernah, coba deh nanti pas mudik (ke Jawa Tengah dan Jawa Timur) via jalur pantura agar sempatkan melipir ke Kota Pemalang mencoba 'Nasi Grombyang'. 
emoticon-Shakehand2





Diubah oleh yukbukber 27-05-2019 02:04
sovel
madmuklis
ceuhetty
ceuhetty dan 5 lainnya memberi reputasi
6
5.8K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan