otomotifcomAvatar border
TS
otomotifcom
8 Merk Ban Motor Terbaik dan Awet


Ban jadi penunjang utama keselamatan mengendarai sepeda motor, ini bukan sekadar variasi belaka. Itulah sebabnya, banyak merk ban motor terbaik menawarkan ban dengan ukuran berbeda, jenis dan fungsi masing-masing. Tujuannya bisa memberikan keamanan, kenyamanan dan kemudahan berkendara di medan apapun.


Apalagi jika berada di tempat baru dengan medan tidak dikenali sebelumnya, pemilihan ban yang tepat bisa mengurangi risiko kecelakaan. Terlebih, jika baru bisa mengendarai kendaraan. Ternyata jenis dan ukiran ban memiliki fungsi berbeda, sehingga saat membeli ban sebaiknya sesuaikan ukuran velg dan kondisi jalanan.

Jika masih bingung menentukan merk ban motor terbaik yang bisa memberikan kenyamanan juga keamanan. Berikut ini ada beberapa rekomendasi ban yang sesuai dengan kebutuhan, dari ukuran, jenis hingga jalanan yang sesuai. Pasalnya jalan beraspal dan tanah berlumpur, sebaiknya menggunakan ban berbeda untuk menghindari selip.

8 Merk Ban Motor Terbaik dan Paling Awet

1. Ban Motor Bridgestone

Salah satu merk ban yang masuk dalam daftar ban motor terbaik yaitu ban motor Bridgestone. Pasalnya, merek ban yang satu ini memiliki kemampuan yang cukup unggul, khususnya dalam menjaga kestabilan laju kendaraan. Tak hanya itu saja, desain ukirannya pun cukup menarik karena ban motor Bridgestone memang dikonsep untuk menunjang performanya agar lebih optimal ketika dikendarai untuk melewati medan apapun. 

Selain itu, merk ban motor terbaik Bridgestone ini juga mampu mencegah terjadinya selip ban sehingga kecelakaan pun bisa dihindari.

Maka, wajar jika Bridgestone ini menjadi merek ban yang produknya sering digunakan pada ajang balap bergengsi seperti Formula F1 dan MotoGP. Sebagai salah satu ban motor terbaik kelas premium dan sudah mendunia maka harga ban motor Bridgestone pun dibanderol sangat mahal di mana kisaran antara Rp 1 juta hingga Rp 2 jutaan. 

Namun, ada beberapa tipe juga yang dibanderol pada kisaran angka Rp 300 ribuan hingga Rp 900 ribuan. Sebagai ban motor terbaik kelas dunia harga ban motor Bridgestone tersebut memang terbilang wajar.
 
2. Ban Motor IRC

Ban motor IRC ini memang sudah cukup populer dikenal oleh masyarakat Indonesia karena keunggulan serta kualitas yang ditawarkannya. Maka, sangat wajar jika ban IRC ini merupakan salah satu dalam daftar ban motor terbaik kelas dunia yang juga dijual di Tanah Air. 

Beberapa ban buatan pabrik PT Gajah Tunggal Tbk ini memang sudah sangat terkenal, bahkan beberapa pabrikan sepeda motor di Tanah Air pun banyak yang menggunakan ban motor IRC ini sebagai ban standar bawaan pabrik. Sebab, selain memiliki kualitas yang bagus, merk ban motor terbaik IRC ini pun juga dikenal sangat awet saat digunakan serta memiliki daya cengkeram yang cukup tinggi. Sehingga, bisa dipastikan bahwa ban motor IRC ini aman digunakan baik saat musim panas maupun musim hujan dengan kondisi jalan apapun.

Maka, sangat wajar jika IRC menjadi merek dagang ban yang masuk dalam kategori daftar ban motor terbaik yang dipasarkan di Indonesia. Untuk harga ban IRC sendiri pun bermacam-macam tergantung dari ukuran dan tipenya. Untuk harga ban motor IRC tipe luar Tubeless berkisar antara Rp 90 ribuan hingga Rp 166 ribuan. Sementara untuk tipe ban IRC luar Tube Tyre berada di angka Rp 100 ribuan sampai Rp 300 ribuan. Ban motor IRC ini memang dikenal cukup terjangkau untuk sekelas ban motor terbaik.
 
3. Ban Motor Dunlop

Ban motor Dunlop merupakan ban yang masuk dalam daftar ban motor terbaik yang bisa anda jadikan referensi, terutama bagi kawan-kawan yang memiliki motor sport atau touring. Sebab, salah satu merek ban motor yang diimport dari luar negeri dan dijual di Indonesia ini dikenal memiliki keunggulan dalam menyesuaikan berbagai macam kondisi medan jalan yang ditempuh. 

Dengan menyandang nama besar maka merk ban motor terbaik Dunlop ini pun memiliki banyak konsumen setia karena kualitas dan keunggulan yang ditawarkan ban motor Dunlop tersebut.

Yang cukup menarik minat konsumen terhadap ban Dunlop ini yaitu meski memiliki kualits tinggi namun harga jualnya terbilang cukup terjangkau jika dibandingkan dengan beberapa ban motor terbaik besutan produsen lain. Sebab, diketahui bahwa harga ban motor Dunlop sendiri dipatok dengan banderol yang tak terlalu mahal untuk sekelas ban bertara internasional, yaitu dibanderol antara Rp 100 ribu sampai Rp 400 ribuan. Harga ban motor terbaik merek Dunlop ini memang cukup murah jika dibandingkan dengan Michelin dan Bridgestone. Namun begitu, kualitas ban motor Dunlop ini tak berbeda jauh dengan lainnya.
 
4. Ban Motor Michelin

Selain itu, Michelin merupakan salah satu merk ban terkemuka di dunia yang masuk juga dalam kategori merk ban motor terbaik. Ban motor Michelin ini memang sudah sangat terkenal di seluruh dunia pasalnya ban motor yang satu ini kerap kali digunakan dalam berbagai ajang balapan sekelas moto GP dengan berbagai kelas serta pertandingan balap formula 1. 

Tak hanya itu saja, ban motor Michelin ini dikenal memiliki daya tahan lama dan sangat awet. Bahkan, ban motor terbaik yang satu ini pun juga menyediakan berbagai jenis ban sepeda motor, baik motor matic, motor sport, motor cross sampai pada moge.

Di sisi lain, kemampuan daya cengkeram super kuat dan berkualitas yang anti selip yang dimiliki oleh ban motor terbaik untuk harian ini pun dijamin akan memberikan keamanan dan kenyamanan saat berkendara pun akan didapatkan oleh setiap pengemudi. 

Selain itu, ban motor Michelin ini juga akan terbagi pada beberapa tipe, seperti Pilot Street Radial, Pilot Road, Pilot Power, Starcoss, dan sebagainya. Karena kualitasnya tersebut maka harga ban motor terbaik merk Michelin ini dibanderol antara Rp 300 ribu sampai Rp 2 jutaan. Harga ban motor Michelin ini memiliki kisaran yang sama dengan merek Bridgestone karena memang kualitasnya yang sama-sama internasional.
 
5. Ban Motor Corsa

Merk ban motor terbaik buatan lokal yang cukup berkualitas yaitu ban motor Corsa. Ban buatan pabrik lokal yang bernama PT Multistrada Arah Sarana ini memang diproduksi dengan menawarkan ketangguhan yang tak kalah dari merk-merk ban motor lain. 

Pasalnya, merek ban yang cukup sering mensponsori klub sepakbola terkenal di Indonesia dan masuk dalam kategori daftar ban motor terbaik ini dikenal tidak mudah bocor meski tertancap paku sekalipun, terutama untuk ban motor Corsa tipe tubeless.

Maka dari itu, tak heran jika ban motor buatan pabrik lokal yang bermerk Corsa ini menjadi incaran para konsumen. Selain itu, harga ban motor Corsa yang berada di kisaran Rp 100 ribu hingga Rp 500 ribuan tersebut pun yang menjadikan ban motor terbaik buatan lokal ini diburu oleh para pecinta otomotif, terutama para konsumen kelas pemula. 

Dengan harga yang murah tersebut, memang membuat ban motor Corsa sudah banyak dikenal di Tanah Air sebagai ban berkualitas namun tetap terjangkau. Apalagi dengan banyaknya pengguna motor di Indonesia yang merupakan kalangan menengah ke bawah, tentu membuat ban motor terbaik merek Corsa ini laris manis.
 
6. Ban Motor Pirelli
 
Bagi para pengendara kelas menengah atas yang menginginkan produk berkualitas, ban motor Pirelli tentunya bisa menjadi salah satu merk ban motor terbaik untuk harian yang bisa anda jadikan referensi. Ban buatan luar negeri yang didistribusikan oleh PT Roda Putar Maju Selaras (RPMS) dan PT Astra Otoparts Tbk ini nantinya masing-masing akan meluncurkan ban motor Pirelli untuk kelas yang berbeda. PT Roda Putar Maju Selaras (RPMS) hanya menjual ban motor terbaik dari Pirelli yang berjenis Radial yang diperuntukan bagi kelas sepeda motor 250 cc ke atas hingga moge.

Sementara itu, untuk PT Astra Otoparts sendiri hanya akan menawarkan ban motor Pirelli tipe cross ply yang konsep atau strukturnya terdiri dari beberapa lapisan ply cord atau kain ban. Sehingga, ban motor terbaik jenis ini sangat cocok untuk kendaraan jenis commuter. 

Di sisi lain, untuk harga yang akan dibanderolkan pada ban motor Pirelli ini memang sangat mahal, yaitu di kisaran Rp 2 juta hingga Rp 3 jutaan mulai dari ukuran 160/60-17 hingga 240/45-17. Harga yang mahal dari ban motor terbaik merek Pirelli ini tentu akan sebanding dengan kenyamanan dan keamanan yang pengguna dapatkan.
 
7. Ban Motor FDR
 
Satu lagi daftar ban motor terbaik buatan Indonesia, yaitu ban motor FDR. Ban motor garapan pabrik lokal ini memiliki kemampuan yang tak kalah saing dengan ban premium besutan merek lain, bahkan merek berkelas dunia sekalipun. Pasalnya, ban motor yang satu ini dikenal tangguh dalam menghadapi segala medan jalan yang dilalui dengan alur kembangan yang cukup dalam sehingga akan membuat ban motor FDR ini lebih tahan lama/awet. Selain itu, ketika dikendarai maka merk ban motor terbaik FDR ini akan memberikan ketenangan sehingga rasa nyaman pun akan anda dapatkan.

Tak sampai di situ saja, ban motor FDR yang diekspor ke belahan dunia, seperti Asia, Eropa, dan Afrika ini pun juga sering menjadi ban resmi untuk ajang balap nasional hingga Asia. Tentu saja, dengan kualitas yang ditawarkan ban motor terbaik tersebut maka jangan heran jika banyak konsumen yang menginginkannya. 

Selain itu, harga ban motor FDR pun bisa dibilang cukup kompetitif di mana pada kisaran Rp 100 ribu sampai pada nominal angka Rp 500 ribuan sehingga wajar jika banyak yang menjadikan ban motor terbaik merek ini sebagai salah satu referensi dari para konsumen.
 
8. Ban Motor Swallow
 
Ban motor Swallow pun juga masuk dalam nominasi daftar ban motor terbaik yang dijual di Tanah Air. Bukan tanpa sebab mengingat ban motor yang satu ini memang dikenal lebih awet dan tahan lama. Bahkan, ketangguhannya pun cukup diacungi jempol dan diakui dunia. 

Pasalnya, sebagai ban yang berkualitas tinggi ban motor Swallow ini sudah berkali-kali menjadi sponsor beberapa kejuaraan dalam kompetisi balap MotoGP. Sehingga, ban motor terbaik yang satu ini pantas untuk anda pertimbangkan. Yang menarik dari ban motor Swallow ini yaitu pada kemampuannya yang mampu bertahan lama dan awet meski dalam kondisi cuaca yang panas serta mampu mencengkram kuat ketika musim hujan sehingga tak mudah terpeleset.

Nah, harga ban motor terbaik Swallow ini tampaknya dibanderol cukup terjangkau dan tak semahal merk ban berkelas premium lainnya. Pasalnya, diketahui di pasaran bahwa harga ban motor Swallow akan dibanderol Rp 70 ribuan sampai Rp 300 ribu. Bisa dibayangkan betapa terjangkaunya ban motor terbaik kelas internasional ini.
 
Semua merk ban motor terbaik dapat memberikan kenyamanan dan keamanan, asalkan digunakan sesuai ukuran velg dan jalur medan penggunaan. Ada beberapa merk produsen asli Indonesia, bahkan berani memberikan klaim ramah lingkungan. Dimana bisa menurunkan persentase karbon saat bergesekan dengan aspal.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedag mencari Ban Motor terbaik saat ini.
 


Diubah oleh otomotifcom 28-04-2020 07:44
nona212
IamGoRanks
tien212700
tien212700 dan 40 lainnya memberi reputasi
41
6K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan