Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jonathandenenAvatar border
TS
jonathandenen
Cara Gampang Olahraga di Rumah Pada Saat Pandemi Virus Corona

          Sekarang, Indonesia menerapkan sistem kerja dari rumah, atau yang kita kenali dengan istilah Work From Home.Karena tidak ada aktivitas lain selain bekerja, seringkali orang – orang menjadi kelelahan dan bosan bekerja terus-menerus. Ketika pekerjaan yang dilakukan sudah usai, mereka akan mencari aktivitas yang bisa dilakukan untuk melawan kebosanan yang terasa ketika berada di rumah terus – menerus selama berbulan-bulan. Aktivitas yang dilakukan bisa berupa bermain game, membaca buku, menonton film, belajar main alat musik, dan bahkan berolahraga.

          Olahraga itu penting, karena olahraga bisa membuat tubuh kita lebih kuat jika rutin dilakukan. Dengan berolahraga, stamina kita menjadi semakin kuat. Artinya, ketika melakukan pekerjaan sehari – hari, tubuh kita tidak akan merasa kelelahan karena sudah terlatih ketika berolahraga. Olahraga juga bisa mencegah berbagai penyakit jantung yang mematikan seperti penyakit jantung koroner dan aritmia yang bisa menyebabkan serangan jantung. Tetapi, kita tidak perlu khawatir, karena kita bisa mencegah terkena penyakit jantung apabila kita berolahraga secara rutin.

          Di tengah-tengah wabah virus Corona, kita perlu berolahraga untuk menguatkan sistem imun kita. Sistem imun adalah sistem yang berfungsi untuk melawan virus ketika masuk ke dalam tubuh kita. Artinya, sistem imun kita bisa mengalahkan virus Corona yang ingin masuk ke dalam tubuh kita, sehingga kita bisa terhindar dari infeksi virus tersebut. Tetapi, sistem imun kita tidak akan kuat jika kita malas berolahraga.

          Olahraga tidak harus dilakukan di gym. Olahraga juga bisa dilakukan di rumah. Kalian pasti memiliki waktu luang ketika tidak ketika di rumah bukan? Daripada main game terus, lebih baik kalian menggunakan waktu luang itu untuk berolahraga. Dengan menggunakan waktu luang kalian untuk melakukan olahraga yang saya akan cantumkan ini, dalam waktu 1 sampai 2 bulan badan kalian akan mengalami transformasi total. Menarik bukan! Tanpa basa basi lagi, ini adalah 3 olahrga praktis yang bisa kalian lakukan untuk membuat tubuh kalian menjadi lebih sehat dan bugar.

 

 

1. Lompat tali (skipping)


     Lompat tali termasuk olahraga yang praktis, karena untuk melakukannya, kita hanya memerlukan tali skipping, yang harganya pun terjangkau. Meskipyn kelihatan sederhana, skipping adalah olahraga intensitas tinggi yang melatih tubuh bagian atas dan bawah. Tubuh bagian atas yang dilatih adalah otot perut dan otot di bagian pergelangan tangan, sedangkan pada bagian bawah otot ankle, betis, dan paha sangat terlatih.

 

     Pastikan kalian menggunakan alas kaki, karena tanpa alas kaki, kaki kalian pasti akan terasa pegal. Cara yang benar melakukan skipping adalah: pertama, tali diletakkan dibelakang kaki. Kedua, ayunkan tali kedepan dan lompati tali. Pada saat melompati tali, jangan menekuk kaki ke belakang, karena itu hanya akan membuat kaki kalian sakit. Lompati tali dengan menjinjit sambil menekuk lutut sedikit. Cukup skipping selama 5 menit setiap hari, jantung akan menjadi kuat dan tubuh tidak akan mudah kelelahan.

 

2. Push up


     Pasti kalian akan bertanya, bagiamana jika tidak ada tali skipping? Push up adalah solusinya. Olahraga push up adalah olahraga yang melatih kekuatan otot tubuh bagian atas, seperti otot dada, lengan (bicep dan tricep), dan pundak. Cara melakukannya cukup sederhana.

 

     Pertama, baring di lantai dengan posisi perut menyentuh lantai, kemudian letakkan tangan kalian di samping selebar bahu dan tekuk tangan kalian hingga lengan kalian berbentuk 90 derajat. Kemudian angkat tubuh kalian menggunakan tangan perlahan dan turun perlahan juga. Lakukan terus menerus selama 5 menit. Apabila kalian masih belum mampu melakukan push up, kalian boleh menggunakan lutut sebagai tumpuan. Dengan begitu, push up akan semakin mudah untuk dilakukan.

 

3. Plank

Cara Gampang Olahraga di Rumah Pada Saat Pandemi Virus Corona

     Plank adalah olahraga yang sederhana juga, dan dapat dilakukan tanpa alat bantu apapun. Caranya adalah, berbaring dengan posisi perut menyentuh lantai, sama seperti pushup. Kemudian, posisikan tangan selebar 90 derajat. Lalu, gunakan lengan bagian bawah kalian untuk mengangkat tubuh dan tahan selama yang kalian bisa. Olahraga ini menguatkan otot perut (core). Otot ini harus dijaga kekuatannya karena 90% dari gerakan yang kita lakukan sehari-hari menggunakan otot bagian perut. Olahraga ini juga membantu kalian melatih pernafasan dan kekuatan jantung. Lakukan setiap hari, dan kalian pasti akan merasakan perbedaan yang cukup signifikan.

 

     Nah, sekarang kalian bisa menggunakan waktu luang yang kalian miliki untuk berolahraga di rumah. Olahraga akan membantu kalian menghilangkan stress dari bekerja seharian di rumah dan akan membuat tubuh kalian menjadi lebih rileks. Olahraga juga memperkuat sistem imun kalian, jadi kalian akan aman dari berbagai macam penyakit. Ingatlah selalu untuk berolahraga setiap hari di rumah. Setelah wabah virus corona selesai, badan kalian akan menjadi bugar dan kalian akan mengalami transformasi total.


onik
nona212
tien212700
tien212700 dan 29 lainnya memberi reputasi
30
2.6K
32
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan