daffaprdtyaAvatar border
TS
daffaprdtya
Pemerintah Tak Percaya Kebijakan Lockdown Atasi Pandemi, Vietnam Beri Bukti

(Indonesian-Vietnam Flag)

Jakarta- Sejak Pandemi Covid-19 mulai menyebar luas ke seluruh penjuru dunia, Hampir seluruh negara di dunia mengambil kebijakan lockdown untuk mengatasi semakin merebaknya Pandemi ini dan menghentikan korban jiwa yang terus berjatuhan dari hari ke hari.

Negara-negara di Uni Eropa seperti Jerman, Prancis, Inggris, Italia, Spanyol, Irlandia, Belanda, Belgia, Denmark mengambil kebijakan lockdown yang sudah tentu akan sangat beresiko dan berdampak terhadap perekonomian negara mereka. Akan tetapi seakan mereka lebih mengutamakan kesehatan dan keselamatan warganya, akhirnya mereka pun mengambil kebijakan lockdown untuk melindungi dan memproteksi warganya dari bahaya Pandemi Covid-19.

Tak terkecuali di negara-negara ASEAN, hampir seluruh negara anggota ASEAN mengambil kebijakan Lockdown. Seperti Vietnam, Malaysia, Filipina yang menerapkan kebijakan lockdown untuk mencegah semakin meluasnya penyebaran Covid-19. Sedangkan di Indonesia sendiri, pemerintah mempunyai caranya tersendiri yaitu dengan menerapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). PSBB ini merupakan kebijakan yang diambil oleh pemerintah yang didasari oleh UU no 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan. Sedangkan jika pemerintah mengambil kebijakan lockdown maka tentu harus berpacu kepada UUD 1945 Bab XIV tentang Perekonomian Nasional Dan Kesejahteraan Sosial. Pasal 34 ayat 2 dan 3 dimana pada Pasal 34 ayat 2 berbunyi "Negara mengembangkan sistem jaminan sosial bagi seluruh rakyat dan memberdayakan masyarakat yang lemah dan tidak mampu sesuai dengan martabat kemanusiaan".

Sedangkan Pasal 34 ayat 3 berbunyi "Negara bertanggung jawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan dan fasilitas pelayanan umum yang layak". Presiden berpendapat bahwa : "Bukan karena masalah bujet, kita kan juga belajar dari negara-negara lain. Apakah lockdown itu berhasil menyelesaikan masalah, kan tidak," kata Jokowi dalam wawancara eksklusif di acara Mata Najwa yang disiarkan Trans7, Rabu (22/4/2020) malam. Jokowi sangat yakin akan data tersebut. "Coba tunjukkan negara mana yang berhasil melakukan lockdown dan bisa menghentikan masalah? Nggak ada menurut saya," kata Jokowi. Itulah alasan mendasar tentang mengapa Pemerintah tidak mengambil kebijakan lockdown.

Akan tetapi mengutip apa yang telah presiden nyatakan diatas, bahwa ada negara di ASEAN yang berhasil mengatasi merebaknya pandemi ini dengan kebijakan lockdown. Negara manakah itu ? Vietnamlah jawabannya. 

Rupanya Vietnam yang masih sesama negara anggota ASEAN menerapkan kebijakan lockdown dan bisa mencegah penularan virus corona. Mengutip situs John Hopkins, Kamis (23/4/2020), belum ada kasus kematian akibat virus corona di Vietnam. Jumlah kasus positif hingga saat ini tercatat sebanyak 268.

Apapun kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah, pada dasarnya merupakan concern masing-masing dari setiap negara.
#Staysafe
#Dirumahaja

Referensi
https://news.detik.com/berita/d-4987...888.1587614917
abdullahrian89
bujangankampung
viniest
viniest dan 239 lainnya memberi reputasi
232
20.6K
339
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan