Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

delia.adelAvatar border
TS
delia.adel
Nikmatilah Papeda Sosis Alam Dimprul
Spoiler for screenshotan:




Agak sebel sih, sama orang yang kepoin banget masalah masakan papeda ini. Sudah tau aku gak bisa menuliskan resepnya, karena tidak bisa membuat tersebab sagu dirumah sudah tidak memiliki stoknya. Namun pada akhirnya aku menemukan sebuah artikel, kubaca dan akhirnya kueksekusikan sajalah, walau resepnya agak sedikit berbeda.

Ok demi kamu pada akhirnya mereka ini dihadirkan, namanya papeda, sebuah masakan dari Maluku Utara dan Papua, yang mana berbahan dasarnya terbuat dari sagu. Dan perlu kalian tau, daerah Maluku menjadikan papeda sebagai masakan utama selayaknya nasi. Dan seperti nasi, papeda juga dimakan bersama lauk dan sayur-sayuran.

Seperti nasi, papeda pada dasarnya memiliki rasa tawar, berwarna putih bening, kenyal, juga lengket mirip dengan lem.

Namun begitu, papeda juga kaya akan serat, rendah kolesterol, cukup nutrisi dan karbohidrat. Untuk menyantap papeda di Maluku ada alat yang digunakan khusus yang bernama gata-gata, yaitu sejenis garpu yang terbuat dari bambu, berfungsi untuk menggulung-gulung papeda dari wadah ke piring makanan. Karena memang makanan ini sangat lengket. Dan juga sebaiknya memakan makanan ini jangan sampai dingin, karena jika sudah dingin rasa makan akan lain rasa, bahkan menurutku sangat tidak enak.

Sekarang cara membuat papeda adalah sebagai berikut ini.

Bahan-bahan utamanya adalah :

* 100 gr Tepung sagu
*Air satu liter
*2 bawang putih halus
*Setengah sendok teh garam
*Setengah sendok teh gula

Cara membuatnya yaitu sebagai berikut ini:

Larutkan air dan tepung sagu kedalam panci anti lengket, berikan garam, gula dan bawang putih halus. Lalu rebus air hingga mendidih, setelah itu tuang kedalam adonan sagu tadi perlahan-lahan sambil terus diaduk hingga sagu matang merata dengan air panas tersebut. Ketika sagu tersebut belum berwarna putih bening maka artinya sagu belum matang, panaskan lagi di kompor dengan api kecil sampai benar-benar telah matang dan siap untuk dihidangkan.

Papeda biasanya di makan bersama ikan dan kuah kuning.

Sedangkan untuk resep papeda goreng adalah serupa berikut ini

Quote:



BumiTimur
onik
nona212
nona212 dan 33 lainnya memberi reputasi
34
3.4K
289
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan