binti84muslimatAvatar border
TS
binti84muslimat
Menyulap Halaman Jadi Kebun Sayuran


Gansis... Apa kabar semua nih? Semoga sehat semua ya. Di masa - masa seperti sekarang ini, akses ke luar banyak yang ditutup. Padahal kebutuhan hidup kita terus berlanjut, iya kan? Nah, dari mana kita bisa dapetin keperluan - keperluan sehari - hari? Terutama bahan makanan ini. Tentunya beli. Eh, tapi ada juga lho yang panen sendiri, ya?

Bagi gansis yang ngalamin gak bisa ke luar untuk belanja - belanja, jaman sekarang sudah serba canggih. Tinggal tekan tombol di layar handphone kita, sudah bisa dapetin apa yang kita butuhkan. Tentunya nih kalau kita - kita ini punya saldo cukup untuk transaksi online. Lha kalau saldo di rekening aja tipis ... kayak punyaku. Hehe ....gimana dong solusinya?

Nah, bagi kita - kita yang lagi limit keuangannya nih ( kayak aku, ha ha ha) ada cara yang bikin kita irit. Cara ini sangat mudah dan murah Gansis. Yuk, cek ke dapur atau kulkas kita. Sapa tahu ada barang yang hampir kita buang karena sudah berminggu - minggu nangkring di kulkas misalnya. Biasanya kalau aku punya stok cabai atau tomat di kulkas, ada sebagian cabai atau tomat yang membusuk karena saking lamanya. Nah, ini jangan dibuang ya. Bisa kita manfaatkan. Trus caranya gimana? Sisihkan dulu ya cabai sama tomatnya, jangan dibuang lho. Tapi potong - potong tipis tomat, letakkan di atas pot kecil atau apa saja yang bisa untuk menanam, kemudian kita tutup dengan sebagian tanah agar tidak dimakan semut. Begitupun dengan cabainya tadi.





Jika di rumahmu ada lahan atau halaman rumah yang masih kosong,
bisa nih kita sulap jadi kebun sayuran. Selain halaman jadi lebih asri, jika sewaktu - waktu kita butuh sayuran atau bumbu - bumbu tinggal petik saja. Tidak perlu pergi jauh - jauh.

Pernah gak Gansis memiliki sisa - sisa potongan kangkung? Biasanya, potongan batang kangkung bagian bawah akan jadi sampah. Nah, ini bisa kita tanam. Begitupula dengan sisa daun bawang bagian bawah, biji buncis, pepaya, ubi, talas, dll.

Setelah tanaman - tanaman itu bertumbuh menjadi besar, bisa kita petik sewaktu - waktu kita butuhkan. Uang yang semula akan digunakan untuk membeli sayuran, bisa kita gunakan untuk membeli keperluan lainnya seperti: beras, gula, teh, dll.

Bisa dicoba ya Gansis? Gampang kan. Yang jelas gak pakai sim sala bim ya.
Karena ini bukan sulap. Tapi sebuah ikhtiar kita untuk menghadapi kenyataan hidup beberapa minggu ke depan. Paling tidak, kita bisa menanam mulai sekarang. Apapun yang kita punya, yang biasanya kita buang begitu saja dapat kita manfaatkan.

Kita hanya menanam, Allah lah yang memiliki kekuatan untuk menghidupkan dan menumbuhkan tanaman - tanaman itu. Tugas kita hanyalah berikhtiar saja. Selanjutnya, Allah yang berkehendak. Allah sudah begitu baik sama kita, makan minum sudah dicukupi. Menanam saja tahu - tahu sudah tumbuh dan tinggal memetik hasilnya.

Jika sudah ada hasilnya, jangan lupa ya bagi - bagi ke tetangga sebelah. Karena dengan berbagi dapat menambah rizky kita. Semakin kita bagi, semakin banyak yang kita dapatkan. Jangan takut miskin dengan memberi ya gan... ayo berlomba - lomba dalam kebaikan.
Diubah oleh binti84muslimat 04-04-2020 16:17
chezar18
muyasy
abellacitra
abellacitra dan 11 lainnya memberi reputasi
12
590
43
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan