Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

salamsetirkiriAvatar border
TS
salamsetirkiri
Gokil, Toilet Pinter ini Bisa Deteksi Penyakit GanSis!

Emang dasar ilmuwan, apapun bisa dibikin dengan kepintarannya. Sekali pun itu terkesan agak aneh di mata orang awam kayak Ane...hehe

Belum lama ini peneliti atau ilmuwan dari Stanford Unversity berhasil menemukan toilet pintar yang bisa menganalisa berbagai penyakit, dengan cara meneliti tinja dan urine. Gak hanya itu, toilet ini juga bisa mengidentifikasi pengguna dengan menggunakan sidik jari.


Hasil penelitian ini udah diterbitkan di jurnal Nature Biomedical Engineering. Uji coba toilet canggih ini diikuti sebanyak 21 partisipan selama beberapa bulan.

Sebenarnya kalau dari segi tampilan, toilet yang digunakan sama dengan jenis toilet duduk biasa. Yang membedakan dan yang bikin toilet ini pinter adalah toilet ini dilengkapi dengan sensor pendeteksi gerakan berteknologi tinggi.

Cara kerjanya, toilet ini akan merekam video dari tinja dan urine pengguna yang kemudian diproses oleh algoritma (hasil rekamannya gak usah dibayangin GanSis...hehe). Nah, algoritma ini nantinya akan menetukan durasi keluarnya urine sekaligus tingkat kepadatan sampel tinja.

Toilet ini juga bisa menggunakan strip uranalysis untuk menghitung sel darah putih di urine dan mendeteksi level protein. Dari data ini dapat ditentukan apakah pengguna sehat atau menderita penyakit infeksi kandung kemih, kanker, diabetes, atau gagal ginjal.

Untuk memastikan bahwa analisis yang dihasilkan sesuai dengan penggunanya, toilet ini menggunakan sistem two-factor authentication yang sedikit aneh. Selain sidik jari, toilet ini juga bisa mendeteksi penggunanya berdasarkan pola anus mereka...wooooow

Data yang dikoleksi oleh toilet ini disimpan di cloud untuk diakses oleh dokter nantinya. Walau toilet ini memindai anus penggunanya, fotonya gak akan disimpan di cloud atau bahkan diteruskan ke dokter.

Asli keren ini GanSis, Tapi kok bisa kepikiran yah cara kayak gini atau teknologi kayak gini, kira – kira penelitinya dapat inspirasi dari mana ya GanSis?


nunu403
zachwaadzromare
onik
onik dan 17 lainnya memberi reputasi
18
1.1K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan