RetnoQr3nAvatar border
TS
RetnoQr3n
Pedes Endes! Karedok Khas Sunda, Pilihan untuk Buka Puasa
makanan buka puasa



Masing-masing wilayah memiliki makanan khas sendiri-sendiri. Semua pastinya disesuaikan dengan selera masyarakat di wilayah tersebut. Tidak ada yang terbaik, hanya masalah selera.

Kali ini, ane mau ajak Agan Sista melihat makanan selera orang tanah Sunda. Sebenarnya, kunci dari selera makanan orang sunda adalah cita rasa pedasnya yang khas. Ada namanya sambel goang, yaitu cabe rawit diulek pake garem, dicolek deh sama kerupuk. Bahkan, sebelum ane kenal dengan Boncabe, di sunda sudah legenda yang namanya Aida.

Eits ... bukan nama Neng Aida, ya. Tapi nama salah satu merek cabe bubuk yang sangat melegenda di sunda khususnya di daerah Tasikmalaya. Rasanya itu, pedesnya sampe ke ubun-ubun. Biasanya dipakai sebagai campuran cimol, cilok, cireng, atau seblak.

Quote:


Kembali ke pembahasan.

Nah, makanan yang satu ini juga tidak kalah pedasnya, karedok leunca. Makanan berbahan dasar leunca ini menjadi salah satu pilihan orang sunda untuk berbuka puasa karena rasanya yang enak dan mudah proses pembuatannya.
Hanya dengan mengulek kacang tanah yang telah digoreng sedikit, cabe, kencur, terasi sedikit, gula, dan garam secukupnya. Kemudian masukkan air sedikit campur hingga rata. Terakhir masukkan leunca yang telah dipipil dari tangkainya dan dicuci bersih. Sedikit ditekan-tekan sampe meresap dan diaduk lagi supaya bumbunya merata.

Jadi deh, karedok leunca. Gampang kan?



Selain karedok leunca, Agan Sista juga bisa mengganti bahan leuncanya dengan kacang panjang. Rendos atau ulek cabe, kencur, gula, dan garam, kemudian kacang tanah yang telah digoreng goreng. Tambahkan sedikit air matang, aduk hingga rata. Masukkan kacang panjang yang telah dicuci bersih dan dipotong kecil-kecil, tekan-tekan sedikit sampai meresap bumbunya. Kemudian aduk hingga merata. Jadi deh, karedok kacang panjang.

Quote:


Pokoknya gampang banget kan ya bikinnya, tanpa minyak tanpa rebus-rebus. Yang pasti semua bahan udah dicuci bersi, ya.

Eits, jangan lupa! Sebelum dihidangkan, jangan lupa koreksi rasanya dulu. Kalo semua sudah pas, langsung serbu. Pake nasi hangat dan makan bersama keluarga ketika buka puasa. Pasti lebih nikmat rasanya.
Quote:

Bisa juga ditambahkan atau dignti dengan sayuran lainnya seperti tauge atau kol. Untuk kacang tanahnya, kalo ga suka pake kacang tanah bisa ditiadakan. Rasanya tetep enaaak ko.

Salam hangat,
RetnoQr3n

Referensi
Opini pribadi



Spoiler for Cendol thread forum Cooking n Resto:
Diubah oleh RetnoQr3n 21-04-2020 09:51
BumiTimur
onik
nona212
nona212 dan 47 lainnya memberi reputasi
48
3.1K
50
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan