codename.isalAvatar border
TS
codename.isal
Mengenal Bromidrophobia, Ketakutan Berlebih Terhadap Bau Badan

Gambar

Mandi, keramas, pakai deodoran atau parfum, adalah beberapa hal yang biasa kita lakukan untuk menjaga agar tubuh tetap bersih dan wangi. Apalagi ketika harus bertemu dengan banyak orang, gak pengen dong orang lain ilfeel gara-gara mencium bau badan kita yang tidak sedap? Bisa bikin rusak image deh. emoticon-Busa

Tapi ngomongin soal bau badan nih, memang wajar kalo kita tidak suka terhadap bau badan yang tak sedap. Tapi jangan sampai berlebihan juga, karena bisa jadi itu menjurus kearah phobia. Phobia sama bau badan? Faktanya memang ada loh! Beberapa orang bahkan mengalaminya. Kondisi ini disebut bromidrophobia.
emoticon-cystg


Gambar

Bromidrophobia, bisa juga disebut autodysomophobia atau bromidrosiphobia, (berasal dari bahasa Yunani, bromos: "bau busuk", dan hidros: "keringat") adalah suatu kondisi di mana seseorang memiliki ketakutan berlebih terhadap bau badan. Bromidrophobia merupakan cabang dari osmophobia, phobia terhadap bau (apa saja).

Ketakutan ini bukan cuma dipicu karena bau tidak sedap badan orang lain, tapi juga terhadap bau badan diri sendiri. Penderita bromidrophobia bisanya akan sering mandi minimal tiga kali sehari, mereka juga akan memakai parfum yang banyak dan menjauhi orang-orang.


Gambar

Banyak penderita bromidrophobia juga tidak mau berolahraga, tentu saja alasannya karena bisa memicu keluarnya keringat yang berujung menyebabkan bau badan tidak sedap. Beberapa bahkan sampai tidak mau keluar rumah/kamar, yang juga dapat menjurus kepada phobia lainnya yaitu agoraphobia (takut berada di ruangan terbuka/umum).

Dalam kasus yang lebih ekstrim, penderita bromidrofobia bisa sampai melukai tubuhnya sendiri karena menggosok terlalu berlebihan pada saat mandi atau bersih-bersih. Penderitanya seolah seperti orang parno yang bisa cemas kalo mencium ada aroma bau badan yang tidak sedap.


Gambar

Dan ternyata, jenis phobia ini cukup umum kita temukan di masyarakat. Orang yang takut terhadap bau badan mengalami gangguan obsesif-kompulsif atau OCD. Mereka cenderung tidak dapat mengendalikan rasa takutnya terhadap bau badan. Bromidrofobia bisa berkembang menjadi semakin buruk jika tidak segera ditangani, sama seperti phobia-phobia lainnya.

Metode pengobatan bromidrophobia yang paling umum biasanya adalah terapi kognitif-perilaku, yang melibatkan pembelajaran cara berpikir sehat tentang tubuh mereka sendiri dan aroma yang dikeluarkannya. Teknik relaksasi digunakan untuk mengelola kecemasan mereka. Ada pula desensitisasi sistematis di mana mereka akan dilatih untuk dapat mentoleransi aroma tubuh mereka sendiri.


Gambar

Sejatinya tubuh manusia memang mengeluarkan bau alami yang khas. Bau ini juga mengandung feromon yang bertindak sebagai komunikator kimia. Bahkan bau ini dapat berperan untuk daya tarik seksual. Ada kan beberapa orang yang justru doyan cium-cium bau badan pasangannya? emoticon-Embarrassment

So, bau badan bukanlah sesuatu hal yang harus ditakuti secara berlebihan. Tapi bukan berarti kita mesti cuek gitu aja kalo bau badan kita tidak sedap. Karena bagi beberapa orang bau badan yang tak sedap malah bisa sangat mengganggu, apalagi kalo lagi ada di tempat-tempat umum atau tertutup.
emoticon-DP

Referensi:
1. 2
Diubah oleh codename.isal 12-04-2020 08:32
infinitesoul
onik
999999999
999999999 dan 217 lainnya memberi reputasi
218
13.1K
185
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan