Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Sleipnir9Avatar border
TS
Sleipnir9
Cantik Bisa Berarti Ganteng di Korea, Inilah Budaya Maskulinitas K-Pop
Cantik Bisa Berarti Ganteng di Korea, Inilah Budaya Maskulinitas K-Pop

Jin BTS © Pink Piece

Kapanlagi.com - Budaya K-Pop telah mendunia dengan memiliki banyak fans di berbagai negara. Tak hanya musik dan drama, tapi ada banyak budaya Korea yang menarik untuk dipelajari.

Kamu pun pasti sudah tak asing lagi dengan sebutan cowok cantik atau flower boy. Para Idol yang punya sebutan flower boy ini memang selalu mengutamakan penampilan. Maka tak heran kalau di Korea banyak ditemukan produk makeup dan skincare yang khusus untuk cowok.

Namun tentu saja budaya ini sangat berbeda dengan budaya maskulinitas di budaya Barat. Maskulinitas atau dalam artian perilaku dan peran laki-laki di setiap negara tentu memiliki standarnya sendiri. Maka dari itu, kamu harus pahami terlebih dahulu seperti apa maskulinitas di Korea berikut ini.

1 dari 4 halaman
1. Sudah Mulai Sejak 90-an

Cantik Bisa Berarti Ganteng di Korea, Inilah Budaya Maskulinitas K-Pop

Sudah Mulai Sejak 90-an
credit: KBS2TV
Melansir dari Koreaboo, baik idola K-Pop dan aktor drama sudah biasa memainkan peran sebagai sosok pria yang lembut di tahun 1990. Mulai dari era ini, mereka sudah memperkenalkan pesona 'flower boy' untuk para penggemar.
"Aku pikir sangat ideal jika pria Korea selalu tampil berbeda. Jika seorang pria Korea terlihat cantik maka bisa berarti dia tampan," ucap Joy Kang, CEO Eunogo, layanan operasi plastik di Korea berbasis Singapura.

2 dari 4 halaman
2. Dianggap Standar Kecantikan

Cantik Bisa Berarti Ganteng di Korea, Inilah Budaya Maskulinitas K-Pop

Dianggap Standar Kecantikan
credit: Istimewa
Joy Kang menambahkan banyak orang yang menganggap bahwa pria Korea ingin terlihat lebih feminim dari budaya negara lain, tapi bukan hal itu yang dimaksud. Pasalnya berdandan dianggap hanyalah standar kecantikan di Korea.
Bagi orang Korea, berdandan sudah dianggap hal yang biasa dilakukan para cowok. Dalam artian, berdandan itu sudah seperti mengubah gaya rambut ataupun pakaian.

3 dari 4 halaman
3. Pria Korea Bebas Bereksperimen

Cantik Bisa Berarti Ganteng di Korea, Inilah Budaya Maskulinitas K-Pop

Pria Korea Bebas Bereksperimen
credit: Vogue
Lebih lanjut, budaya Barat yang biasa menganggap sesuatu hal yang feminim ternyata bisa diterima oleh pria Korea. Hal ini karena pria Korea sangat terbuka dan suka bereksperimen dalam berbagai penampilan.
Contohnya saja kamu bisa melihat idol cowok Korea yang sering menggunakan makeup ataupun skincare. Selain itu, pria Korea juga bebas dalam bereksperimen dengan fashion.

"Di Amerika, pria sering memakai warna gelap seperti hitam dan abu-abu. Di Korea, sangatlah normal melihat pria memakai warna cerah seperti pink dan biru muda," kata Park Jihoon, Profesor di Universitas Korea.

4 dari 4 halaman
4. Kontak Fisik Sesama Pria

Cantik Bisa Berarti Ganteng di Korea, Inilah Budaya Maskulinitas K-Pop

Kontak Fisik Sesama Pria
credit: Right Before
Demikian juga perilaku pria Korea yang tidak terbatas dengan satu tipe perilaku maskulin. Tingkah laku feminim seperti menyilangkan kaki dan menutup mulut juga menjadi hal yang biasa di Korea.
Selain itu, kamu pasti juga sering menemukan para Idol cowok yang tak malu-malu untuk melakukan kontak fisik alias skinship. Kontak fisik ini adalah hal yang wajar sebagai menunjukkan kedekatan.

"Saya mengajar di sebagian besar sekolah menengah anak laki-laki. Mereka terus berpegangan tangan dan duduk di pangkuan masing-masing. Tidak ada anak laki-laki yang melihatnya sebagai suatu masalah," kata Jason Iannone, guru di Korea.

Nah, itu dia penjelasan budaya K-Pop tentang maskulinitas yang harus diketahui. Semoga bermanfaat ya.


sumber
Diubah oleh Sleipnir9 17-04-2020 14:15
.doflamingo.
4iinch
Koala.kucel
Koala.kucel dan 7 lainnya memberi reputasi
6
2.2K
39
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan