Quote:
Biar nambah ilmu permobilan gan. Ane mau ijin share seputar salah satu mesin mobil yang lagi rame dibahas di media seputar VNT Turbo yang dipake sama mobil SUV Toyota Fortuner. 
Nama teknologinya teknologi Variable Nozzle Turbocharger (VNT) gan.

Quote:
VNT yang dipakai Toyota Fortuner Diesel ini mampu meningkatkan output daya dan torsi secara signifikan. Dengan perangkat VNT tersebut, produksi tenaga meningkat dari 102 PS/3.600 rpm jadi 144 PS/3.400 rpm.
Sementara torsi yang 26.5 kgm/1.600 - 2.400 rpm menjadi 35 kgm/1.600-2.800 rpm.
Emang Fungsinya VNT Turbo Apa gan? Cekidot!
Quote:
Teknologi VNT yang sanggup mendorong mesin lebih produktif fungsinya sama dengan kerja turbocharger. Tujuan pemasangan turbo adalah memperkaya jumlah oksigen yang masuk ruang bakar agar pembakaran sempurna.
Tambahan oksigen ini disedot dari luar. Turbocharger terdiri dari kompressor yang bertugas menyedot dan mendorong udara ke ruang bakar. Kompressor mempunyai poros yang sama dengan turbin. Jika turbin berputar, kompresor berputar pula menyedot udara luar, nah turbin ini digerakkan gas buang dari mesin.
Sementara pada turbo biasa, agar kompressor bisa efektif, dibutuhkan putaran turbin yang kencang. Hal itu hanya bisa dihasilkan jika tekanan gas buang cukup tinggi. Dengan kata lain turbo baru efektif pada putaran mesin tinggi.
Ini Keunggulan Lainnya dari VNT Turbo gan:
Quote:
Pada putaran rendah, ketika tekanan gas buang masih lemah dan tidak efektif memutar turbin, maka sudu-sudu ditutup sehingga gas buang mengalir di area sempit yang otomatis meningkatkan tekanannya. Hasilnya bisa memutar turbin secara efektif yang membuat kompressor bisa bekerja sejak putaran rendah.
Semakin tinggi putaran mesin, sudut bukaan sudu-sudu makin besar untuk menghindari tekanan berlebihan yang bisa merusak perangkat turbo. Karena turbo berhubungan dengan aliran gas buang yang panas, maka suhu udara yang terhisap ikut meningkat.
Padahal jika suhu udara panas membuat molekul oksigen renggang dan menipis. Karena itu pada Toyota Fortuner Diesel ini dilengkapi intercooler diantara turbo dan intake manifold untuk menurunkan kembali suhu udara yang panas agar kandungan oksigen menjadi lebih rapat.
Sumber pendingin adalah hembusan udara luar yang dialirkan dari air scoop pada kap mesin Fortuner Diesel VNT.
Jadi, udah keliatan kan, mesin VNT Turbo yang dipajang di Mobil Toyota bikin itu mobil SUV makin garang kalau di Jalan. 