CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / Handphone & Tablet /
Apa Sih Keunggulan Ponsel 2 Jutaan Yang Diberikan Oleh Si Realme 5i?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e97c5185cf6c46c5b78c19d/apa-sih-keunggulan-ponsel-2-jutaan-yang-diberikan-oleh-si-realme-5i

Apa Sih Keunggulan Ponsel 2 Jutaan Yang Diberikan Oleh Si Realme 5i?

Quote:
Apa Sih Keunggulan Ponsel 2 Jutaan Yang Diberikan Oleh Si Realme 5i?
Pada kesempatan thread kali ini kita akan membahas tentang ponsel baru dari realme lagi nih gansis, yaitu adalah Realme 5i. Smartphone ini walaupun serinya yang baru, akan tetapi punya rasa smartphone yang lama. Kenapa saya bilang punya rasa yang lama? Karena ini adalah Realme 5 yang dibagi lagi menjadi sub seri lain dan menjadi penambah satu lagi varian keluarga Realme 5 series setelah Realme merilis Realme 5S yang sebelumnya. Kalau begitu kalian pasti tahu kan artinya apa? Ya, artinya Realme 5i ini punya spek dan desain yang bisa dibilang 95% mirip dengan Realme 5 dan Realme 5S. Yang membedakan hanya konfigurasi kameranya saja. Nah karena perbedaan yang sangat sedikit tadi, maka calon konsumen Realme 5 mungkin akan semakin dibingungkan lagi untuk memilih karena bertambahnya pilihan dari Realme 5 series yang ada dipasaran saat ini.

Sebenarnya apa aja sih yang perlu kita ketahui tentang Realme 5i ini? Dan apa aja bedanya dengan Realme 5 biasa dan mengapa kita harus memilih versi 5i ketimbang yang versi 5S atau 5 biasa? Yuk mari silahkan simak terus informasinya dibawah ini.

1. Realme 5i Adalah Realme 5 Dengan Kamera Depan 8 Megapixel
Quote:
Yups... selain kamera, secara spesifikasi tidak ada yang berbeda antara Realme 5 dengan Realme 5i. Jeroan yang dipakai sama persis yang sama-sama menggunakan Snapdragon 665 dengan GPU Adreno 610, beserta untuk OS-nya dan UI-nya juga masih sama yaitu masih menggunakan Android Pie 9.0 dengan color OS versi 6. Untuk bagian pada sensor juga tidak ada yang disunat ya gansis, dimana Gyroscop-nya tetap ada, sensor cahaya juga ada dan baterai juga masih sama-sama berkapasias 5000mah dengan port pengisian yang masih micro USB 10 watt. Kamera belakang juga sama persis yang menggunakan 4 kamera dengan konfigurasi lensa utama 12 megapixel + lensa kedua 8 megapixel + lensa ketiga 2 megapixel depth sensor dan yang terakhir 2 megapixel lensa macro. Sama persis dengan yang ada di Realme 5 sih. Yang membedakan cuman kamera depan aja nih. Kalau si Realme 5 pakai kamera depan 13 megapixels, namun si Realme 5i ini di downgrade menjadi cuma 8 megapixel saja. Jadi turun 5 megapiksel aja dari Realme 5 biasa ke Realme 5i.

2. Realme 5i Punya Warna Baru Dan Finishing Yang Berbeda
Quote:
Pada bagian desain, perbedaan cuma ada di warna dan finishing back cover saja. Dimana untuk Realme 5i ini punya dua pilihan warna yaitu Ocean Blue dan Forest Green. Dan menjadi warna khas Realme 5i ini adalah yang Forest Green atau warna hijau hutan. Kalau agan sista penyuka warna hijau, apalagi saat ini masih jarang banget ya smartphone yang warnanya hijau, maka Realme 5i ini adalah salah satu smartphone yang bisa agan sista pilih. Untuk finishing-nya, kalau Realme 5 dan 5S dibuat glossy agar mengkilap biar kaya ala-ala kaca gitu ya, sedangkan untuk Realme 5i ini dibuat lebih kalem karena dia menggunakan finishing doff yang di buat bergaris-garis. Kemudian karena hal finishing-nya ini, sehingga membuat Realme 5i ini lebih susah kotor ketimbang Realme 5 atau 5S.

Quote:
Oh ya, kemudian ada lagi nih detail kecil yang agak berbeda pada Realme 5i yaitu di bagian LED flashnya. Di mana ada di buat area berbentuk garis sejajar dengan kameranya dan di situ ada 4 buah logo aperture yang menandakan 4 lensa dan ada tulisan Ai camera. Dan bagi saya pribadi sih hal ini bukan pertimbangan yang terlalu berpengaruh ya untuk memilih diantara Realme 5 dan 5i. Karena beda warna dan finishing back cover ini juga nggak kerasa banget kan pengaruhnya. Paling cuman hanya masalah warna aja. Apalagi juga zaman sekarang rata-rata orang-orang yang pakai smartphone juga pasti akan dipakaikan case lagi. Jadi mau pilih warna apapun ya tetap aja akan ketutup case. Kecuali kalau pakai case-nya yang bening ya

3. Pilihan Varian Dan Harga
Quote:
Saat Realme 5i ini diperkenalkan dan dijual resmi di Indonesia, ia punya 2 varian memori yaitu 3/32 GB dan 4/64 GB. Dan untuk yang versi 3/32 GB saya sempat merasa bingung. Karena kelasnya ini akan masuk ke mana ya? Karena Realme 5i 3/32 GB dengan Realme 5 versi 3/32 GB hanya punya beda yang hampir nggak kerasa. Paling cuma kamera depan dari 13 megapixel jadi 8 megapixel aja. Dan sisanya kan pasti sama semua termasuk internalnya dan Ram-nya juga. Apalagi pas saya cek di Official Store-nya Realme, harga Realme 5i 3/32 GB dan Realme 5 biasa 3/32 GB juga dalam keadaan harga yang sama ketika sedang promo kala itu. Lah... apa enggak jadi saling memangsa tuh nantinya di pasaran? Namun pada saat flash sale kemarin, Realme 5i ini hanya dijual dengan harga Rp.1.699.000 atau 1,7 juta untuk yang versi 3/32 GB. Maka dari itu Realme 5i ini adalah varian termurah dalam keluarga Realme 5 series. Karena untuk varian yang 4/64 GB dihargai sebesar Rp.2.049.000 untuk harga normalnya dan Rp.1.999.000 untuk harga flash sale. Oh ya, buat catatan penting bahwa harga-harga tersebut adalah harga yang ada saat thread ini dibuat ya. Karena harga bisa berubah-ubah kapan saja.

4. Realme 5i Menjadi Pesaing Redmi 8
Quote:
Nah, kalau dilihat dari harganya bahwa Realme 5i ini sepertinya diluncurkan oleh Realme untuk merusak pasar Redmi 8. Kenapa begitu? Karena kalau kita lihat dari harga flash sale-nya bahwa harga Realme 5i versi 3/32 GB harganya itu sama persis dengan harga normal Redmi 8 versi 3/32 GB. Dan kalau dari segi harga Realme 5i yang versi 4/64 GB juga normal harganya itu sama persis dengan harga Redmi 8 versi 4/64. Kalau dibandingkan dari chipset yang dipakai, tentu Redmi 8 jelas dibawah Realme 5i ini. Karena Realme 5i sudah pakai Snapdragon 665, sedangkan Redmi 8 masih memakai Snapdragon 439. Secara chipset juga bahwa Realme 5i ini setara dengan Redmi Note 8. Begitu juga dengan kameranya, bahwa Realme 5i ini juga sudah menang telak. Karena Realme 5i sudah menggunakan 4 lensa, sedangkan si Redmi 8 masih menggunakan dua lensa saja. Alhasil Realme 5i ini akan menjadi pesaing berat Redmi 8 dalam hal performa dan kamera di kelas harganya.

5. Realme 5i Punya Performa Yang Baik Di Kelas Harganya
Quote:
Berkat penggunaan chipset Snapdragon 665 yang juga dipakai oleh Realme 5 dan Realme 5S, membuat performa si Realme 5i ini juga pasti nggak jauh beda dengan saudaranya tersebut ya. Dimana skor benchmark-nya juga tetap menyentuh angka 153908. Dimana untuk menjalankan game berat juga hasilnya sama dan cukup lancar pastinya. Alhasil smartphone ini menjadi salah satu pilihan ponsel dengan Snapdragon 665 termurah yang resmi di Indonesia saat ini ya. Jadi buat yang suka nge-game, maka smartphone ini cocok sekali untuk dipilih menurut saya sih.

6. Perbedaan Lain-lain
Quote:
Di luar yang sudah disebutkan tadi, maka ada lagi nih perbedaan lain di antara Realme 5 dan 5i. Tetapi bukan beda divisi smartphone ya gansis. Akan tetapi beda dari paket penjualannya. Dimana kalau Realme 5 dijual dengan box berwarna putih begitu juga dengan Realme 5S, maka si Realme 5i ini di jual dengan box berwarna kuning dengan tulisan Realme 5i di depan box-nya yang mirip sekali dengan box-nya milik si Realme C2. Dan untuk kelengkapan paket penjualannya juga kalau di Realme 5 ada dapat softcase, sedangkan di Realme 5i ini nggak ada dapat ya gansis. Menurut saya wajar sih ya, karena hal ini dilakukan untuk menekan biaya produksi agar bisa dijual dengan harga yang lebih murah. Dan sisanya sama semua ya gansis. Dimana untuk chargernya juga tetap dapat yang 10 watt.

Quote:
Kesimpulan menurut saya adalah bahwa Realme 5i ini merupakan smartphone yang sangat layak dibeli di kelas harganya. Terutama bagi yang mencari smartphone dengan performa terbaik walaupun sebenarnya agak membosankan sih ya. Karena Realme terkesan mengeluarkan smartphone yang itu-itu aja. Apalagi dikarenakan nama yang diberikan juga masih sama dan cuma ada tambahan embel-embel di belakang saja. Dan antar seri tersebut juga hanya ada upgrade dan downgrade minor dari Realme 5 yang sudah cukup lama meluncur di pasaran. Dan hadirnya Realme 5i ini juga membuat teman-teman agar bisa untuk mempertimbangkan smartphone di kelas harga smartphone seperti Redmi 8. Karena dengan harga yang beda tipis saja, kita bisa mendapat Realme 5i yang punya chipset yang lebih baik bahkan setara dengan Redmi note 8. Begitu juga dengan kameranya yang sudah 4 lensa yang membuatnya pasti lebih baik dari Redmi 8 yang hanya memiliki dua lensa.

Akan tetapi pilihan kembali ke teman-teman semua sih ya. Karena keduanya pasti punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oh ya, kalau boleh berharap saya sih pengennya ke depan itu nggak ada lagi nih Realme 5 lain yang keluar setelah Realme 5i ini. Apalagi yang bedanya cuman secuil-cuil gitu ya. Jadi kesannya nggak ada bedanya gitu loh. Kesannya kayak bukan smartphone baru ya. Mungkin itu aja sih kalau saya harapannya. Dan kalau harapan teman-teman gimana nih? Dan apa pendapat teman-teman mengenai Realme 5 series yang seperti-seperti itu aja? Silahkan komen di bawah ya teman-teman.
Sekian informasi dan sedikit review curahan hati beserta saran yang bisa saya berikan kepada teman-teman semua. Terimakasih.
Apa Sih Keunggulan Ponsel 2 Jutaan Yang Diberikan Oleh Si Realme 5i?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 14 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh indriketaren
Ane masih make realme 5 pro cuy emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dahyun98 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Apa Sih Keunggulan Ponsel 2 Jutaan Yang Diberikan Oleh Si Realme 5i?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indriketaren dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
pengen punya hp baru, ya Allah 😔
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indriketaren dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Widih keren Uda punya pun

Quote:


Bulan Ramadhan Insya Allah diijabah, tp tetep berusaha yak
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan indriketaren memberi reputasi
Lihat 2 balasan
punya adik ini


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di