istijabahAvatar border
TS
istijabah
Cara Mudah Mengenalkan Sholat Pada Anak
Mengenalkan Sholat Pada Anak

Sumber: Pinterest



Anak adalah amanah yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita para orang tua, sebagai orang yang telah diamanahi sudah sepatutnya kita menjaga amanah tersebut dengan sebaik-baiknya.

salah satunya mendidik mereka dengan benar, khususnya masalah pendidikan agama karena agama seperti pondasi untuk kehidupan.

Seperti, mengajarkan mereka untuk melakukan sholat yang merupakan salah satu dari lima rukun Islam.

Tidak bisa dipungkiri mengajarkan anak sholat itu gampang-gampang susah. Apalagi kalau si anak sudah pintar membantah, butuh kesabaran ekstra tentunya.

Lalu bagaimana caranya agar anak mudah dan rajin mengerjakan sholat?

Anak adalah peniru ulung. Jadi, berilah contoh yang konkret dan disiplin setiap harinya dimulai dari diri kita orang tuanya. Dengan demikian anak akan meniru atau mengikuti apa yang biasa orang tuanya lakukan.


Adakah batas usia untuk mengajari anak sholat?


Belajar di waktu kecil bagai mengukir di atas batu.
Belajar di waktu dewasa bagai mengukir di atas air.


Tanpa perlu dijelaskan kata-kata di atas sudah banyak yang paham ya.

Sebenarnya tidak ada batasan usia dalam belajar, tapi baiknya dimulai sejak dini, agar bisa tertanam kokoh dalam jiwa. Begitu juga dengan mengajari anak sholat. Mulailah dari usia balita, caranya dengan membawa serta mereka saat kita sholat.


Sumber: Pinterest


Saat anak terbiasa melihat kita sholat, tentu mereka akan meniru setiap gerakan atau bacaan yang kita baca, meskipun belum benar semua. Dengan begitu anak akan lebih mudah diajari nantinya.


Lalu, bagaimana cara mengajari bacaan-bacaan sholat pada anak?


Sumber: Pinterest



Anak-anak tentu tidak bisa lepas dengan yang namanya bermain. Jadi, ajari mereka satu persatu bacaan sholat sambil bermain, tangannya bermain, bibirnya mengikuti bacaan sholat yang kita ucapkan. Ulangi berkali-kali sampai bisa.

Bisa juga dengan mengajaknya berjalan santai sembari mengajarinya tentang bacaan sholat.

Cara ini juga bisa dipakai saat menghapal bacaan surah pendek dalam Al-Qur'an atau lainnya.

Namun, perlu diingat anak bukanlah robot yang sekali pencet bisa ini dan itu. Jadi, ajari anak satu persatu atau bertahap.


Bagaimana cara agar anak sholat dengan Istiqomah?

Dalam hal mendidik anak peran orang tua adalah yang pertama. Seperti yang dikatakan di atas, jika anak adalah peniru maka orang tua harus menjadi contoh. Misalnya, mengajak mereka sholat berjamaah setiap waktu.


Tidak hanya contoh yang harus kita berikan, tapi juga:

1.Nasehat

Berilah nasehat tentang pentingnya sholat dan juga akibat bila meninggalkan sholat. Pakailah bahasa yang lembut dan dipahami oleh anak seusianya tanpa berbelit-belit juga tidak pula menakuti.


2.Hukuman

Bila anak meninggalkan sholat maka berilah hukuman, tapi hukuman yang mendidik tanpa melukai atau menciderai. Misalnya dengan mengurangi jatah waktu bermainnya.

Berilah juga pujian jika anak melaksanakan sholat dengan benar dan tepat waktu. Karena, anak-anak sangatlah suka dipuji, tapi pujilah dengan pujian yang membuatnya lebih bersemangat.

Seperti, "wah, adik cantik hebat sholatnya. Allah akan lebih sayang kalau setiap hari seperti ini."

3. Mendoakan


Doa adalah senjata paling ampuh apalagi doa orang tua pada anak. Jadi, barengi semua usaha-usaha di atas dengan doa-doa dari kita orang tuanya. Karena dengan doa apa yang telah kita usahakan akan berakhir maksimal.

Anak yang Sholeh/Sholehah adalah penolong kita kelak di akhirat.



Demikianlah cara-cara mudah untuk mengajak dan mengajari anak tentang sholat, bila ada yang kurang mari kita diskusikan bersama-sama tetap dengan santun dan santuy.

Terima kasih, semoga bermanfaat dan semoga kita semua bisa menjadi orang tua yang melahirkan generasi-generasi terbaik untuk agama, negara dan dunia. Aamiin.
Diubah oleh istijabah 10-04-2020 16:14
makola
nona212
tien212700
tien212700 dan 48 lainnya memberi reputasi
49
2K
64
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan