Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kabar.kaburAvatar border
TS
kabar.kabur
Memakamkan Jenazah Covid-19 Terlantar, Bripka Jerry Dihadiahi Kapolri Sekolah Perwira


Merdeka.com - Kapolri Jenderal Idham Azis memberikan hadiah Sekolah Inspektur Polisi (SIP) kepada Bripka Jerry Tumondo. Hadiah itu diberikan berkat keberanian Bripka Jerry memakamkan jenazah Covid-19 yang sempat terlantar di wilayah Sulawesi Utara.

Kanit Reskrim Polsek Dimembe Polres Minahasa Utara, Sulawesi Utara itu bahkan tak menyangka rasa kemanusiaannya itu mendapat perhatian dari pimpinan Polri. "Saya atas nama pribadi dan institusi Polri respect sama hasil kerja kemanusiaan kamu, saya terima kasih. Seluruh anggota Polri bangga akan ketulusanmu bekerja membantu memakamkan korban akibat Covid-19," kata Idham dalam video saat melakukan sambungan video call WhatsApp kepad Jerry, Jakarta , Selasa (15/4).

Saat itu, Idham pun menanyakan pangkat Jerry saat ini yang sudah berkeluarga dan memiliki tiga anak tersebut.

"Sudah bisa sekolah belum," tanya Idham.

"Sudah bisa jenderal," jawab Jerry.

Kemudian, Idham bertanya kembali kepada dirinya dengan pertanyaan telah berapa kali mendaftar SIP.

"Belum pernah jenderal,” jawab Jerry.

Mendengar hal itu, mantan Kapolda Metro Jaya ini langsung memberikan surat telescoting atau keistimewaan jalur agar Jerry bisa melanjutkan Sekolah Perwira.

"Nanti tahun depan masuk SIP ya, bilang ke istri, pak Kapolsek dan Kapolres bilang Kapolri tadi telepon, nanti surat (telescoting) nya saya kirim ke Kapolda ya," ujar Idham.

Sementara itu, Kapolda Sulawesi Utara Irjen Royke Lumowa menyampaikan apresiasinya kepada mantan Kabareskrim yang telah memberikan apresiasi terhadap anggotanya yang melakukan tugas kemanusiaan secara tulus dan ikhlas.

"Penghargaan ini menjadi pemicu semangat semua insan Bhayangkara Bumi Nyiur Melambai di dalam menjaga Ibu Pertiwi dengan setulus hati," tutup Royke.
(mdk/gil)


https://m.merdeka.com/peristiwa/mema...h-perwira.html





KOMPAS.com - Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis melakukan video call dengan Kanit Reskrim Polsek Dimembe Bripka Jerry Tumundo, pada Senin (13/4/2020).

Bripka Jerry menjadi relawan menguburkan jenazah pasien virus corona di Minahasa Utara, Jumat (10/4/2020) lalu.

Saat itu, Bripka Jerry ikut mengawal jenazah dibawa ke lahan pekuburan.

Jenazah pasien corona 07 tersebut sempat ditolak pemakamannya sehingga pemakaman tertunda kerena tidak mendapatkan lokasi.

Jenazah pun harus dipindahkan ke desa tetangga. Namun, tak ada yang mau memakamkan korban.

Bripka Jerry mengambil inisiatif dengan turun langsung membantu menguburkan dengan memakai alat pelindung diri (APD), dibantu sopir ambulans, anak almarhumah dan kepala lingkungan.

Mereka langsung melakukan proses pemakaman jenazah.

Juru bicara Satgas Covid-19 Sulut Steven Dandel sebelumnya mengatakan, pemakaman pasien positif di Minahasa Utara sedikit ada insiden.

"Terjadi miskomunikasi antara Dinas Kesehatan Sulut, RSUP Kandou, dan Dinkes Minut. Di mana, Dinkes Minut salah tangkap, mereka pikir yang selenggarakan (pemakaman) dari RSUP Kandou, semestinya ditangani bersama, RSUP Kandou hanya bawa jenazah," jelas Steven.

Menurut dia, ini harus dikoreksi ke depan.


Kabid Humas Polda Sulawesi Utara Kombes Pol Jules Abbast mengatakan, aksi kemanusian Bripka Jerry Tumundo menjadi kebanggaan seluruh personil kepolisian.

Dikatakan Jules, personil Polda Sulut serta Polres dan jajaran sangat mengapresiasi pelaksanaan tugas Kanit Reskrim Polsek Dimembe Bripka Jerry Tumundo.

"Di mana, Bripka Jerry telah melaksanakan tugas melebihi kewajiban tugas pokok kepolisian pada saat pemakaman korban Covid-19," kata Jules saat dikonfirmasi Kompas.com , Selasa (14/4/2020) siang.

Hal ini sangat membanggakan bagi seluruh personil kepolisian di tengah pandemi Covid-19.

"Namun Bripka Jerry mampu melakukan tugas kemanusiaan yang luar biasa. Salut dan respek," ujarnya.

Di samping penghargaan dari Kapolda Sulut Royke Lumowa berupa piagam penghargaan, Bripka Jerry juga dapat penghargaan dari Kapolri yaitu kemudahan mengikuti pendidikan SIP tahun 2021.

(Kontributor Manado , Skivo Marcelino Mandey)


https://manado.kompas.com/read/2020/...page=all#page2
Diubah oleh kabar.kabur 14-04-2020 08:22
.doflamingo.
4iinch
sebelahblog
sebelahblog dan 13 lainnya memberi reputasi
12
2.8K
44
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan