CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Misteri di Balik Panorama Keindahan Pantai Balekambang
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e91af8268cc955e142cf3f3/misteri-di-balik-panorama-keindahan-pantai-balekambang

Misteri di Balik Panorama Keindahan Pantai Balekambang

Misteri di Balik Panorama Keindahan Pantai Balekambang


Agan dan Sista pasti pernah mendengar tentang Pantai Balekambang, bukan? Atau justru pernah ke sana? Pantai ini merupakan pantai selatan yang sangat indah, selalu ramai pengunjung, terutama pada hari raya kupatan dan tahun baru. Serta banyak yang bilang pantai ini merupakan miniatur Pantai Kuta Bali. Tapi, entahlah ane nggak pernah pergi ke Bali emoticon-Ngakak



Pantai Balekambang merupakan sebuah pantai yang terletak di Dusun Sumber Jambe Desa Srigono, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Tempat ini tidak hanya menawarkan pemandangan yang luar biasa indah sebagaimana yang terdapat pada deretan pantai selatan. Namun, ada beberapa tradisi dan misteri menarik yang belum banyak diketahui oleh orang.

Misteri di Balik Panorama Keindahan Pantai Balekambang
Liburan asyik

Pantai ini memang terkenal menyimpan banyak misteri berbau mistis serta tradisi yang masih kejawen. Misteri nomor satu yang paling diketahui adalah keberadaan Nyi Roro Kidul, sang penguasa kerajaan di pantai selatan.


Quote:



Misteri di Balik Panorama Keindahan Pantai Balekambang
Pura yang terletak di tengah laut


Sedang untuk tradisi yang sampai sekarang masih dilakukan, yaitu Larung Sesaji.

Larung sesaji adalah salah satu tradisi dalam rangka peringatan tanggal 1 Suro di Pendopo Balekambang.

Sesaji yang akan dilarung dibentuk seperti rumah dan disiapkan di pendopo. Di dalamnya ada aneka polo pendem serta kepala, kaki dan kulit wedus kendit dan jenang suro.

Selain ada yang dilarung, juga ada yang dimakan warga. Setelah didoakan, makanan itu dibagikan ke undangan yang datang. Ada juga yang diambil warga sendiri. Larung sesaji dilakukan di kawasan pantai itu dekat Jembatan Buntung, sekitar 500 meter dari pendopo.

Rombongan pembawa larung sesaji menuju lokasi larung lewat jembatan menuju Pura Amerta Jati, kemudian Kades Srigonco yang membuang sesaji ke laut lepas Pantai Selatan. Kegiatan itu diyakini bisa untuk menolak bala.

Acara yang digelar warga ini bukan untuk memberikan sesajian kepada Nyi Loro Kidul (bagi sebagian orang dianggap sebagai penguasa Laut Selatan). Tapi acara ini merupakan bentuk syukur kepada Tuhan yang telah memberikan rezeki.

Lalu, pada saat hari raya Nyepi diadakan larungan khusus umat Hindu. Sesaji berupa buah-buahan, sayuran, dan bahan hasil tani lainnya.


Misteri di Balik Panorama Keindahan Pantai Balekambang
Liburan asyik


Sedangkan misteri yang ada di Pantai Balekambang selain Nyi Roro Kidul adalah sebagai berikut:

1. Putus dengan Pasangan
Pasangan muda-mudi yang belum menikah dilarang pergi ke Balekambang, karena dikhawatirkan akan terpisah. Akan tetapi, jika sudah menikah nggak masalah pergi berdua ke sana. Percaya atau nggak, mitos tersebut sudah banyak dibuktikan oleh pasangan muda yang belum menikah. Entah, aku sendiri nggak tahu, hanya saja memang menghindari.

2. Membuat Awet Muda
Misteri lain yang terkenal di Pantai Balekambang adalah airnya akan membuat siapa saja yang menggunakannya menjadi awet muda. Banyak yang sudah membuktikan kebenarannya. Namun, ada juga yang nggak merasakan efek apa pun setelah mengusapkan air ke wajahnya. Entah, itu mitos atau fakta, sampai sekarang masih menjadi misteri. Kalau ane sendiri, nggak pernah melakukannya, takut musyrik karena percaya pada mitos. Nggak membasuh muka dengan air pantai saja, wajahku awet imut emoticon-Ngakak

3. Tentang Sumur Pitu
Sumur Pitu letaknya di sebelah barat Pura Ismoyo Jati berada. Merupakan pusat kekuatan mistis Balekambang. Disebut Sumur Pitu karena memiliki lubang air berjumlah tujuh. Namun, banyak yang gagal jika ingin masuk ke kawasan Sumur Pitu ini. Sebab, selalu saja diganggu makhluk halus.

4. Jurang Mayit
Ketika dalam perjalanan ke Balekambang perlu berhati-hati, terutama di kawasan yang memiliki tanjakan dan tikungan yang tajam. Salah satu titik yang sering terjadi kecelakaan adalah Jurang Mayit.



Misteri di Balik Panorama Keindahan Pantai Balekambang
Salah satu souvenir Pantai Balekambang


Demikianlah beberapa tradisi dan misteri yang ada di Pantai Balekambang. Jadi, Agan dan Sista harus berhati-hati jika ingin pergi ke sana. emoticon-Big Kiss

Sekian dari Ane, cukup sekian dan sampai jumpa kembali di thread berikutnya. Jangan lupa kasih cendol, komen, dan Share.
emoticon-Cendol Gan


Opini pribadi dan berdasarkan cerita dari kakak yang tinggal di dekat Balekambang.
Pict. dok.pri


Note:

Wedus kendit: Kambing Jawa hitam yang di tengah-tengahnya ada garis putih.

Polo pendem: makanan tradisional jawa yang diambil dari dalam tanah. Seperti umbi-umbian yang layak dimakan, ketela, singkong. Pokoknya segala makanan yang tumbuh di dalam tanah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mayyarossa dan 41 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Anna471
Halaman 1 dari 3
Jauuuuuh dari Kota Malang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riwidy dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
emoticon-Angkat Beer top
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riwidy dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
waah jadi pengen liburan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riwidy dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Wahhh ada orang malang nih, atau turis kah?emoticon-Cool
selain pantai balekambang masih banyak lagi pantai di daerah malang selatan yang ga kalah indah gan, apalagi lewat lintas selatan. warbyazahhhhhh hahahahahhohohoho emoticon-Wow selamat berkeliling gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
miniadila dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
ada jurang mayit, ngeri bener dah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
miniadila dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
bosen mending ke sumbermanjing
profile-picture
profile-picture
profile-picture
miniadila dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Baru denger pantai ini aku, misti banget ya pantainya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
miniadila dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Suatu saat moga bisa liburan ke sana. Corona segeralah berlalu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Pemandangannya cantik, indah, kalo dekat, mau lsowan ke sana, he..he..emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
miniadila dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
ada Patrick star gak di sana? 🤭
profile-picture
profile-picture
profile-picture
miniadila dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Aku belum pernah ke Bale Kambang

Pernah sih ke Pure Tanah Lot Bali
Puranya itu di tengah laut. Fotonya mirip pura di Balekambang

Sebenarnya puranya ga jauh dari pantai.
Di salah satu batu karang.
Kalau air surut bisa ke pura tapi kalau air pasang ga bisa, dan jadi seperti puranya di atas laut
makanya dinamakan Pure Tanah Lot yang artinya Pura Tanah Laut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
miniadila dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Membaca jurang mayit jadi merinding. Tapi, pemandangan pantainya indah 😍
profile-picture
profile-picture
profile-picture
miniadila dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Aku jadi kangen mantai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
miniadila dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
pantainya bagus, kangen ke pantai tapi masih di rumah aja emoticon-No Hope
profile-picture
profile-picture
profile-picture
miniadila dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
pemandangan yang indah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
miniadila dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wih, beneran mirip Pantai Kutaemoticon-Smilie.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
miniadila dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Begitu dengar namanya, yang kebayang langsung mistis. Zaman ane anak-anak ada film judulnya pendekar sumur 7. Merinding disko pokoknya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
miniadila dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
aku pingin bgt ke malang lagi jadinya niih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
miniadila dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Pengin ke sana dehemoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
RetnoQr3n dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Hu'um. Kapan-kapan dah, masih Lockdown emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
RetnoQr3n dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di