PneumonoCycloneAvatar border
TS
PneumonoCyclone
7 Kuliner Khas Solo Jawa Tengah
Hai.. Haii.. agan dan aganwati semua.... emoticon-Salam Kenal

Kali ini ane balik lagi buat ngebahas beberapa kuliner yang ada di kota Surakarta atau orang biasa sebut sih kota Solo.
Ya ane udah jalan 3 tahun menetap disini untuk menuntut ilmu dan udah beberapa kali icip-icip makanan khas daerah sini. Disini ane cuma mau share nama makanannya aja yaaa. Kalo ane share tempatnya takut dibilang promosi lagi emoticon-Malu hehehe


Langsung aja nih ane mau berbagi beberapa makanan yang patut dicoba kalo lagi mampir di Solo


Spoiler for 1. Cabuk Rambak:


Yang pertama ane mau ngenalin yang namanya Cabuk rambak. Nama lain dari Cabuk Rambak yaitu Gendar Janur gan. Dimaksud Gendar Janur lantaran memiliki bahan dasar beras yang di buat ketupat dalam anyaman janur (daun kelapa muda). Bumbu Cabuk Rambak ini dapat disebut unik. Sepintas memanglah serupa bumbu sambal kacang yang umum dipakai untuk bumbu pecel.

Namun yang membedakan yaitu bumbu Cabuk Rambak menggunakan wijen yang digoreng berbarengan santan kelapa, cabai, bawang putih, kemiri serta gula merah. Janganlah lupa Cabuk Rambak disantap dgn karak yakni krupuk dgn bahan dasar beras. Cabuk Rambak umum dijajakan berkeliling kampung. Waktu perayaan sekaten dapat ditemui di sekitar halaman Masjid Agung Keraton nah untuk harga berkisar seribu sampe tiga ribu rupiah saja perporsinya. Kalo ane paling sering beli dua ribu aja sih soalnya segitu udah kenyang bgt. Dulu waktu ane SD di Jakarta kalo sore-sore suka lewat mba-mba yang jual ginian. Tapi sekarang ane udah ga nemuin lagi emoticon-Berduka (S)


Spoiler for 2. Tengkleng:


Yang kedua ini adalah menu favorit ane kalo lagi ada di Solo yaitu tengkleng. Tengkleng itu serupa gulai kambing. Namun yang membedakan kuah Tengkleng tak menggunakan santan. Isi tengkleng yaitu tulang-tulang kambing dgn sedikit daging yang melekat, berbarengan dgn usus, sate jerohan, otak serta organ-organ lain seperti mata, telinga, pipi, kaki dan sebagainya paling enak kalo makan tengkleng pas jam makan siang terus ditemenin sama es teh manis gan.
Makanan ini bisa ditemukan dihampir semua rumah makan yang menyediakan sate kambing di Solo dan sekitarnya dan untuk harga perporsinya sudah termasuk nasi berkisar 17 ribu hingga 35 ribu rupiah tergantung uku[ran dan lokasi gan.


Spoiler for 3. Sate Kere:


Yang ketiga namanya sedik ane ya gan? hehehe tapi kalo masalah rasa ane yakin agan atau aganwati bisa ketagihan yap sate kere.
Sate Kere, sate unik khas Solo. Disebut unik lantaran sate ini ngga terbuat dari daging ayam atau kambing seperti sate-sate biasanya gan. Menu utama Sate Kere yaitu sate tempe gembus, yakni tempe dari ampas kedele bekas pembuatan tahu. Diluar itu juga ada sate jerohan sapi, seperti paru, limpa, hati, iso, torpedo, ginjal, serta babat. Nah untuk bumbu pelengkap sate kere pake bumbu kacang gan ya bisa dikatakan persis kaya saus kacang buat bumbu sate ayam gitu... untuk seporsinya harga mulai 10 ribu hingga 25 ribu sesuai isian gan. Kalo beli ditukang ideran bisa lebih murah, tapi jerohanya ga lengkap atau malah ga ada gan.


Spoiler for 4. Selat Segar atau Selat Solo:


Selanjutnya ini makanan favorit ane setelah tengkleng gan, Selat segar atau orang lain banyak juga yang nyebut makanan ini selat solo gan.
Selat Segar yaitu makanan yang diadaptasi dari salad asal barat yang lalu dirubah jadi selera lidah lokal. Selat segar sendiri isinya terbagi dalam irisan daging yang ditambah dgn rebusan wortel, buncis, telur pindang, kentang. Salad Segar dilengkapi juga dgn mayonaise serta kuah kecap yang segar.
Kalo dari cerita orang sini dulu orang Belanda hobi makan steak sebagai menu sehari hari. Katanya dulu pernah pas lagi ada pertemuan dengan bangsawan keraton ataupun sultan terdahulu terdapat ketidak cocokan rasa dengan menu steak yang dimasak bagi lidah pribumi maupun lidah penjajah Belanda. Nah setelah juru masak keraton melakukan beberapa inovasi akhirnya jadi deh menu Selat segar yang bisa diterima lidah pribumi dan orang Eropa CMIIW ya gan kalo info sejarah selat segar ane salah hehehe. Untuk harga berkisaran 20 ribuan hingga 30ribuan tergantung kualitas "isiiannya" dan lokasi belinya gan


Spoiler for 5. Nasi Liwet:


Okee yang ini cocoknya dijadiin menu sarapan atau makan malem gan. Yak nasi liwet. Makanan yang satu ini yaitu makanan yang paling populer di Solo gan. Kalo agan tinggal di Solo atau pernah main-main ke Solo pasti kenal sama nasi liwet hehehehe.
Nasi Liwet yaitu beras yang dimasak denga kaldu ayam. Terasa gurih serta beraroma lezat. Nasi Liwet lalu digabung dgn sayur labu siyam yang dimasak agak pedas, telur pindang rebus, daging ayam suwir, kumut. Kumut yaitu kuah santan yang dikentalkan.
Nasi Liwet umum di sajikan dgn daun pisang yang dibentuk pincuk untuk piringnya. Cita rasanya yang gurih bisa bikin juragan ketagihan deh hehehe. Untuk harga seporsi berkisar 6 ribu hingga sekitar 15 ribuan tergantung agan nambah lauk apa misal ayam atau nambah telur hehehe


Spoiler for 6. Gudeg Ceker:


Yang satu ini bisa dibilang mirip-mirip sama gudeg tetangganyalah gudeg Jogja. Nah kalo Ddliat dari namanya telah jelas bila Gudeg yang satu ini memiliki bahan dasar ceker (kaki ayam). Janganlah cemas cekernya alot lantaran ceker di rebus dahulu dgn bumbu santan hingga jadi lunak. Tak hanya gudeg, ceker dapat juga di sajikan untuk makanan pendamping bubur biasanya kalo di Solo makannya pake bubur gan. Menu ini bakal makin mantap bila disiram dgn kuah Sambel Goreng Krecek. Manu ini paling cocok kalo dimakan menjelang magrib sampe tengah malem sambil ngobrol sama temen-temen gan... untuk harga bekisar 10 ribu sampe 20 ribuan tergantung isi lauknya ya gan.

Spoiler for 7. Bakmi Toprak:


Yang selanjutnya ini yang gak kalah enaknya yaitu bakmi toprak gan emoticon-Blue Guy Peace
Bakmi Toprak adalah satu diantara banyak variasi olahan mie. Semangkuk Bakmi Toprak terbagi dalam mi kuning, irisan kol, tahu tempe goreng, telur serta sosis goreng. Lalu disiram dgn kuah kaldu serta irisan tetelan daging sapi. Tak lupa ditaburi juga dgn bawang goreng serta seledri. Untuk pelengkap dapat ditambah karak (kerupuk nasi). Bakmi Toprak paling dijadiin menu makan siang dan ditemani es jeruk dan aneka gorengan gan. Untuk harga sekitaran 9 ribu same 15 ribu tergantung lokasi. CMIIW untuk harga ya gan soalnya akhir-akhir ini ane jarang makan bakmi toprak gan hehehe.


Spoiler for 8. Sambel Tumpang:


Nah yang ini namanya sambal tumpang gan. Sambal tumpang adalah makanan khas Kota Solo dan sekitarnya yang terbuat dari campuran santan dan tempe semangit (tempe yang mulai membusuk) yang dihaluskan. Sebagai tambahan dalam kuah ini biasanya ditambahkan tahu, telur dan krecek kulit sapi. Penyajiannya sendiri biasanya nasi putih diberi sayuran matang seperti bayam ttaoge dan kacang panjang yang kemudian disiram dengan sayur tumpang tadi. Selain dengan nasi putih ada juga yang mencampurkan sambel tumpang ini dengan bubur beras. Nasi sambel tumpang biasanya nikmat dimakan pagi hari sebagai menu sarapan gan. Kalo untuk harga ini termaksud makanan rakyat dan mahasiswa loh gan dengan harga 2 ribu atau 3 ribu aja kita udah dapet seporsi sambel tumpang loh gan hehehe


Spoiler for 9 10. Wedangan / HIK:


Yang ini bisa disebut sebagai penyelamat mahasiswa/i yang ga begitu suka makan mie instan dikala tanggal tua menghadang.
Wedangan merupakan warung khas Kota Solo yang menyediakan makanan khas nasi kucing. Dinamakan nasi kucing karena memang porsinya mirip porsi makanan kucing, yaitu sedikit nasi, sambal dan bandeng yang hanya secuil. Pada perkembangannya lauk yang digunakan tidak hanya bandeng saja namun ada juga teri dan juga oseng. Di warung angkringan biasanya juga menyediakn berbagai macam lauk dari mulai mendoan, tahu, sate telur, sate usus, sate uritan, sate kulit sapi dll. Minumannya pun juga beragam dari teh, jeruk, kopi, jahe dll. Penjual wedangan atau angkringan sangat mencolok dibanding warung yang lainnya. Kekhasan mereka adalah dengan menggunakan gerobak, memasang tenda dan teko yang unik.

Wedangan di Kota Solo sering disebut dengan HIK atau singkatan dari Hidangan Istimewa Kampung. Wedangan tidak hanya ditemukan di Solo, namun juga hampir di setiap tempat di Jawa tengah, terutama adalah Solo dan Yogyakarta. Asyiknya kalo makan di HIK itu gan, selain harganya murah dan lauknya banyak plihan, kita juga bisa ngobrol dan berbagi ilmu atau berdiskusi sesama pelanggan gan. Jadi ga sekedar makan aja kita juga bisa diskusi masalah sosial atau isu2 yg jadi berita dihari itu. Kok bisa? soalnya yang makan disana biasanya seneng ngbrol dan seneng diajak diskusi juga gan. Tapi ga semua loh cuma sebagian aja ada yang seperti itu hehehe




Ya itulah beberapa kuliner khas kota Solo yang bisa ane Share. Ane berharap kalo juragan sekalian mampir ke Solo jagan lupa icip-icip kuliner disini. Kalo ada juragan yang mau nambahin juga boleh. hehehehe

Kalo juragan gak keberatan ane minta ditimpukin emoticon-Blue Guy Cendol (L)dong emoticon-Matabelodan bagi yang nimpuk emoticon-Blue Guy Cendol (L) ane doain rezekinya semakin lancar hehehehe

Jangan lupa dikasih komen ya gan emoticon-Shakehand2


Semoga Bermanfaat Informasinya Buat Juragan Semua







Sumber inspirasi : http://wisatajogjamurah.com/7-kuline...ajib-dicicipi/dan beberapa gambar dari mbah google
Diubah oleh PneumonoCyclone 04-02-2016 11:37
4iinch
adejogjawisata
.doflamingo.
.doflamingo. dan 3 lainnya memberi reputasi
2
8.1K
94
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan