CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Proses Penukaran Koin Kreator Ada Perubahan Cek Infonya di Sini Gan!
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
Bagaimana Cara Menghadapi Anak Tantrum di Tempat Umum?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e8ae8b7c82084538166a2e3/bagaimana-cara-menghadapi-anak-tantrum-di-tempat-umum

Bagaimana Cara Menghadapi Anak Tantrum di Tempat Umum?

Pernahkah anak Gansis meminta sesuatu dengan memaksa, lalu saat tidak dituruti tantrum di tempat umum? Kalau pernah pastinya rasanya nano-nano. Antara malu, sedih, dan geram. Tantrum (tantrum temper) itu wajar terjadi pada anak. Sebab, setiap anak perlu meluapkan emosi. Biasanya ditandai dengan sikap keras kepala, menangis, menjerit, dan berteriak.


Quote:


Gansis tak perlu khawatir lagi, karena tantrum pada anak bisa diatasi, sekalipun si anak tantrumnya sudah berlebihan. Bahkan, bisa juga berhenti dari kebiasaan tantrum.


Berikut cara-cara mengatasi anak tantrum di tempat umum:

1. Cobalah tahan emosi, meskipun kemarahan sudah berada di ubun-ubun.

Sebagai orang tua tentunya akan merasa sangat marah, ketika anak menangis dan berteriak di tempat umum. Gansis merasa tidak enak pada orang sekitar, takut mengganggu. Akan tetapi, jangan langsung emosi, karena marah juga bukan solusi terbaik.

2. Tarik napas dan embuskan secara perlahan melalui mulut, lalu biarkan anak Gansis menangis.

Menarik napas dan mengembuskannya perlahan, bisa mengurangi emosi yang ada pada diri kita. Lalu, biarkan anak Gansis meluapkan emosinya dengan mendiamkannya saat menangis. Tunggu sampai lelah, hiingga tangisnya reda sendiri.

3. Bawa anak Gansis ke tempat yang tenang.

Jika sekiranya mengganggu orang lain, maka bawa anak ke tempat yang sunyi dan sepi. Sehingga anak akan merasa tenang. Dudukkan dan biarkan dia menangis sepuasnya, biarkan sampai tenang sendiri.

4. Jangan hiraukan pandangan dan omongan orang sekitar.

Pastinya jika anak Gansis tantrum karena meminta sesuatu, semua orang akan berkata, “Emang minta apa, sih, anaknya? Kenapa nggak diturutin?”, ada lagi yang komentar, “Kok, tega banget sama anak? Udahlah turutin aja maunya, daripada nangis kejer.” Nah, sebaiknya Gansis tutup telinga dari omongan orang, biarkan orang berkata apa, karena semua demi anak kita sendiri, supaya bisa mengerti bahwa tidak semuanya bisa diminta. Gansis lebih memilih kasihan sekarang, atau nanti jika sudah dewasa?

5. GanSis juga harus bersikap tegas.

Jika memang sesuatu yang diinginkan si anak itu bukan suatu kebutuhan wajib, maka jangan asal menuruti. Meskipun anak GanSis menangis histeris. Biasakan supaya anak meminta dengan baik, tanpa harus marah-marah.

7. Jika anak GanSis tidak mau berhenti tantrum, cobalah ancam dengan memberi pilihan diam atau ditinggal. Jika masih menangis cobalah langsung tinggalkan.

8. Lalu, yang terakhir cobalah peluk dan tanyakan baik-baik apa yang diminta. Ingat jangan pernah main tangan.

Anak tantrum janganlah dihadapi dengan kemarahan yang meledak, karena akan membuat si anak makin tantrum. Anak GanSis bukannya diam, tetapi kian menjadi. Hadapi dengan tenang, insyaallah tantrum pun teratasi.

Semoga bermanfaat, ya, GanSis?

Belajar Bersama Bisa dan Terima kasih


Bagaimana Cara Menghadapi Anak Tantrum di Tempat Umum?


Sumber Gambar pinterest
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ismilaila dan 44 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Anna471
Halaman 1 dari 3
niceeeee ane jd banyak belajar nih, dan gak main menghakimi kl sitempat umum ada yg tantrummm
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
biarkan anak menangis, peluk ketika sudah tenang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Yup setuju tidak semua keinginan anak harus dituruti. Saya sangat menanamkan itu pada anak. Hidup itu penuh perjuangan. Tidak semua yang kita inginkan bisa kita dapatkan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
iya, info yang bagus, karena anak-anak lumayan susah ditenangin kalo kemauannya gak dituruti
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 6 lainnya memberi reputasi
Pelajaran buat ane yang masih newmom
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Biarkan dulu anak menangis, setelah tenang baru peluk.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Setujuh sis emoticon-Jempol emoticon-Jempol emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
nice info, harus belajar dari sekarang nih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Bagus infonya ka, mkasih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 2 lainnya memberi reputasi
Aku juga nerapkan cara gini, karena kalau kemauan yang gak berguna bangaet aku gak akan di turuti nanti kebiasaa. Tapi ya itu ayahnya, gak sabaran dari pada malu katanya nangis di depan umum
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Masih jomblo, hhee
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
sayang anak sayang anak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
anak paling gede klo tantrum gak peduli mau di tempat belanja kek, di rumah..ngamuk2 karena permintaanya gk diturutin.
Tp gw cuek aja sama orang2 lain yg liat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Yes. Setuju
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kasih dia kinderjoy sis.

beres.
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Yang susah nahan esmosi
tpi sekarang udah mulai ngerti 3x kata “gak” uda keluar berarti uda gak ada harapan buat bungkus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ujian kesabaran seorang ibu, saat anak tantrum di tempat umum
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Quote:


Masama emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 2 lainnya memberi reputasi
Semoga kelak ane bisa jadi ibu yang baik buat anak anak ane dan keluarga ane ya gan, Aamiin Ya Rabbal 'Aalaamiin
Gara gara baca artikel ini jadi bayangin hahaha semoga bisaaa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di