Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kolollolokAvatar border
TS
kolollolok
ZIHWA SENIMAN TATTOO WANITA KOREA SELATAN, BERTAHAN DI TENGAH STIGMA NEGATIF


Hallo semua, gimana kabarnya hari ini, semoga dalam keadaan sehat selalu ya ... Kembali lagi sama ane nih, si TS yang dalam masa magang di dunia perkaskusan, sebelumnya ane nulis thread tentang sosok wanita di balik nama RUMAH SAKIT PENYAKIT INFEKSI SULIANTI SAROSO pasti udah pada baca dong dong dong ehehehe kalau ada yang belum baca silahkan di baca dulu di SINI nah kali ini ane mau nulis tentang seorang seniman rajah tubuh di korea selatan berjenis kelamin wanita, bagaimana dia berjuang melawan stigma negatif terhadap seni yang ia geluti, semoga di thread kali ini semakin menambah wawasan kita semua ... langsung aja yo, selamat membaca ... Let's Go ... !!!


Korea Selatan negara yang berada di selatan semenanjung korea ini terkenal dengan berbagai boyband dan girlband nan berparas "cantik" karena antara boyband dan girlband tidak terlalu signifikan perbedaannya hehehe, tak hanya budaya musik K Pop, di korea selatan ternyata ada budaya non mainstream seperti seni tattoo, walaupun kerap di pandang negatif, tak menyurutkan antusias dari penggemar tattoo baik pembuat tattoo (tattoo artist) atau penyuka seni ini (klien), meski orang dengan tattoo kerap dianggap sebagai pelaku kriminal atau anak nakal.

seorang seniman tattoo wanita asal korea selatan bernama lengkap Ji Hae Park atau kerap disapa Zihwa hadir di tengah berkecamuknya berbagai stigma negatif, ia hadir untuk melawan semua sudut pandang negatif tersebut, dengan konsep tattoo lebih feminim, karyanya identik dengan gambar bunga dan berbagai gambar khas lainnya kaum perempuan, hampir di sekujur tubuh para wanita sudah pernah ia torehkan karyanya, semua tergantung permintaan klien baik gambar maupun penempatannya.

Menggeluti profesi sebagai seniman tattoo artist ini kurang lebih sudah sekitar satu dekade, sebelumnya ia adalah seorang desainer grafis, berkat tunangannya lah ia beralih profesi menjadi seorang seniman tattoo, tahun 2016 zihwa menjadi seniman tattoo sebuah studio bernama Reindeer Ink yang berlokasi di hongdae, ibukota seoul. Ciri khas dari zihwa ialah selalu menggunakan jarum satu yang sangat tipis, tak terbiasa dengan penggunaan jarum lebih besar, dengan jarum satu dan tipis tersebut sudah seperti pulpen untuk ia berkreasi.



Walaupun zihwa bukan satu - satunya tattoo artist di korea selatan, namun yang membedakannya adalah zihwa mempunyai style tattoo golongan blackwork di mana jenis tattoo ini identik dengan tinta warna hitam, berkat jerih payahnya beberapa musisi K Pop pun mulai berani untuk merajah tubuhnya seperti Bae Yek Rin, ia membuat tattoo dengan konsep nan feminin, sehingga tak terbesit anggapan negatif sedikitpun, lambat laun warga korea selatan mulai bisa menerima dan menghilangkan stigma negatif terhadap tattoo.

Di korea selatan sendiri tetap ada pelarangan tattoo, hanya dokter yang dapat melakukan aktivitas tersebut, walaupun zihwa dan beberapa seniman tattoo wanita di korea selatan berhasil mengkampanyekan tentang seni tattoo, terbukti kawula muda di korea selatan mulai merubah pandangan tentang tattoo, mulai banyak dari generasi millenial mulai membuat tattoo keadaan ini sangat bertolak belakang dengan generasi X atau generasi para orang tua kaum millenial yang tetap memandang negatif dari orang bertattoo.

Selama berkarier di dunia seni rajah tubuh ia mendokumentasikan karya - karyanya ke dalam sebuah buku seri foto, dimana dari buku tersebut dapat di tarik kesimpulan bahwa tattoo merupakan seni nan indah, dipadukan dengan wallpaper bunga serta kain - kain bermotif floral. "Saya mau menghentikan anggapan buruk tentang tattoo, saya ingin membuktikan bila tattoo tidak menjijikkan seperti yang orang-orang Korea pikir selama ini." ujar zihwa untuk melawan stigma negatif tentang tattoo yang selama ini melekat di korea selatan.



Tattoo sebuah seni yang banyak menimbulkan pro dan kontra, walaupun banyak yang melarang tattoo tapi beberapa orang hidup dari hasil membuat tattoo, sekian thread ane kali ini semoga dapat menambah wawasan bagi ane khususnya dan bagi agan dan sista penghuni sejagat kaskus raya pada umumnya, semua kembali ke persepsi kita masing - masing asal yang penting saling menghargai satu sama lain, sampai jumpa di tulisan - tulisan ane yang ringan, menghibur dan mudah - mudahan bermanfaat, hehehe ... o'iya untuk yang mau tau tentang karya - karya zihwa yang lain lansung aja klik INSTAGRAM zihwa, ane mau post di mari terlalu vulgar nanti jadi enak lagi ehehehhee

... JANGAN LUPA BERSYUKUR, STAY SAFE & TETAP SEMANGAT ... 

Jum'at : 03 April 2020
Penulis : Kolollolok
Referensi :  Dari Sini




Diubah oleh kolollolok 03-04-2020 08:11
4iinch
sebelahblog
infinitesoul
infinitesoul dan 8 lainnya memberi reputasi
9
3.2K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan