KarjoKareAvatar border
TS
KarjoKare
Setang Motor Matik Goyang? Coba Cek Bagian ini Gan!

Agan dan Sista yang pake motor matic, pernah ngalamin setang motor goyang atau gak stabil? 

Biasanya ketidakstabilan ini terasa pada saat akan berbelok. Setang berasa lebih berat dan sudah pada saat belok. Dari beberapa info yang Ane peroleh, ternyata ada beberapa faktor yang bikin ini terjadi GanSis.


Segitiga garpu motor bengkok

Masalah yang pertama ini sebenarnya cukup jarang terjadi GanSis, apalagi pada motor – motor baru. Hal ini terjadi biasanya dikarenakan oleh dua hal, yang pertama karena motor pernah tabrakan atau kecelakaan parah. Kedua, motor melewati jalanan berlubang atau polisi tidur dengan kecepatatan tinggi. Kalau cuman sekali, mungkin ini belum berdampak GanSis, tapi kalau sering dilakuin, maka peluang terjadinya bengkok pada segitiga garpu motor akan semakin besar.

Stelan jari – jari velg tidak presisi

Stelan jari – jari pada velg motor juga bisa menjadi pemicu setang goyang GanSis. Jika stelannya gak presisi, maka akan menyebabkan ban menjadi oleng dimana ini akan berpengaruh pada handling setang. Untuk memperbaikinya, Agan dan Sista harus membawa motor ke bengkel khusus servis jari – jari velg unutk di setting ulang.

Laher roda depan rusak

Masalah pada laher roda depan bisa menjadi faktor setang motor tidak stabil. Jika laher ini aus, kering, atau pecah, maka akan membuat handling stang menjadi tidak stabil. Setang berat dan kesulitan saat belok menjadi dampak dari kerusakan pada laher Gansis. Agan dan Sista harus menggantinya jika sudah pecah atau memberi pelumas jika laher kering.

Komstir kering

Komstir menjadi salah satu bagian yang menentukan kenyamanan Agan dan Sista dalam berkendara. Apabila bagian ini kering, maka akan membuat setang menjadi berat dan oleng. Oleh karena itu cobalah untuk mengecek kondisi pelumas pada komstir. Umunya kekeringan ini bisa terjadi karena karat, hujan, atau karena memang udah waktunya untuk di servis.

Bola – bola besi komstir aus

Apabila pelumas pada komstir masih aman, tetapai setang tetap goyang, Agan dan Sista bisa melakukan pengecekan pada bagian bola – bola besi komstir. Bisa saja bagian perlu diganti karena sudah aus. Kondisi ini biasanya ditandai dengan bunyi “tak – tak” pada saat setang digerakkan.

Kira – kira itulah penyebabnya kalau setang motor matik Agan dan Sista goyang atau tidak stabil. Saran Ane, jangan biarin kondisi seperti ini beberlanjut GanSis, karena akan berdampak kurang baik kedepannya.



alphajoe.
nona212
tien212700
tien212700 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
2.1K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan