FootballStoryAvatar border
TS
FootballStory
Kenapa Orang Gemuk Biasa Dianggap Kurang Menarik? (NOT BODY SHAMING!)

Artikel ini bukan persoalan tentang ngata²in orang gemuk/orang kurus. Intinya gini jangan munafik ketika ente menilai seseorang dari tampak luarnya dulu. "Jangan menilai buku dari covernya" tapi kenyataannya yang dipajang covernya dulu dan bukunya disampul rapat oleh plastik. Begitu juga dengan manusia, "We judge people by it look's". Dan kenyataannya juga jangan munafik ketika kita menyadari pemikiran orang mayoritas yang menilai bahwa orang gendut pasti terlihat kurang menarik.

Oke yang akan kita diskusikan disini adalah kenapa hal itu bisa terjadi?. Karena apa yang dilihat oleh mata kita dikirim ke otak untuk diolah dan melahirkan persepsi dalam pikiran kita, lalu apa yang terjadi pada pikiran kita kenapa bisa men-judge orang yang gendut menjadi negatif?.

Pada dasarnya manusia tidak dilahirkan untuk gemuk ataupun kurus. Kita tarik ke zaman prasejarah, orang² dizaman prasejarah tidak bisa gemuk, kenapa?. Karena aktivitas mereka yang harus berburu binatang untuk dimakan, bayangin yaa manusia zaman prasejarah harus kejar²an dengan binatang purba seperti mamoth contohnya untuk dimakan lalu mereka puasa lagi sampai mereka dapat buruan lagi untuk dimakan, wajar jika dizaman tersebut manusia tidak dapat gemuk karena untuk cari makan saja perlu effort yang menguras tenaga banyak.

Kita lompat ke zaman sekarang yang segalanya serba mudah. Kita punya yang namanya kulkas, kita malas untuk pergi cari makan ada yang namanya ojek online sekali order langsung bisa makan semau kita. Perbedaan jelas terlihat ketika zaman dahulu "makanan dicari", sedangkan sekarang "makanan disediakan". Wajar jika semakin zaman berkembang manusia semakin gemuk.

Balik lagi ke pertanyaan, kenapa pemikiran mayoritas menganggap bahwa gendut dianggap kurang menarik. Yang terburuk adalah persepsi yang dibangun oleh lingkungan, coba anda bayangkan jadi model itu harus spesifik beratnya berapa dan langsingnya seperti apa. Gak cuma itu coba kita liat ke industri film seperti Batman lawannya Penguin yang sengaja didesain gendut, lawannya Spiderman yang kakinya banyak juga telah didesain untuk gendut. Ada gak sih jagoan yang didesain gendut? jawabannya pasti ada tapi apakah masuk dalam kelompok mayoritas? tentunya tidak. Jagoan dalam film mayoritasnya didesain seperti berotot dan badannya atletis(Captain Amerika, Wolverine, dll), kalo wanita pasti keren, sexy, atletis (Gal Gadot). Kita liat di industri komik sejak kecil kita sudah ditanamkan pikiran bahwa gendut itu kurang menarik, contohnya majalah Bo*o ada peran kartun yang namanya Paman Gembul disana (masih ingat?), Paman Gembul sifat yang ditampilkan pemalas, suka bohong, gak mau ngapa²in. Tapi bo*o dan kawan²nya yang badannya standar tidak bersifat seperti itu bahkan lebih cenderung ke sifat baik.


Ini adalah konsep dasar yang dimasukkan kedalam pikiran manusia kalau gemuk itu kurang menarik. Sekarang gini, tidak semua orang gendut itu tidak sehat dan ada orang yang ramping justru menyimpan banyak penyakit. Mau tau sehat atau tidaknya seseorang bisa lakukan medical check up ke RS, bukan dilihat dari anda gendut atau tidak.

JADI APA YANG PENTING BAGI ANDA, KESEHATAN ATAU RUPA? KOMEN DIBAWAH!emoticon-Jempol

sebelahblog
infinitesoul
bundski
bundski dan 5 lainnya memberi reputasi
6
2.1K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan