CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / ... / Internet Service & Networking /
[ASK] Router/Modem Pengganti Modem Default Indihome
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e85fee79a972e673d401790/ask-router-modem-pengganti-modem-default-indihome

[ASK] Router/Modem Pengganti Modem Default Indihome

Halo, Suhu/Master.

Gue minta saran dan nasihat. Gue berlangganan fasilitas indihome 50 Mbps dan jujur saja, payah banget. Harganya tidak sebanding dengan kualitas upload dan download yang dijanjikan. Memang banyak faktor eksternal, tapi Gue butuh saran:

1. Gue sudah pernah baca bahwa mengganti modem ONT tidak mungkin, tapi Gue tidak mau menyerah dengan kecepatan internet yang nggak ada bedanya dengan 10 Mbps. Apakah dengan menggunakan router, kecepatan somehow bisa bertambah?

2. Teknisi indihome pernah bilang bahwa usia modem berpengaruh juga dengan kinerjanya. Apakah ada yang pernah mengalami seperti ini? Gue mendapatkan modem ini sejak 2015 dan Huawei hanya punya single band, sementara dual-band sudah banyak dijumpai. Singkat kata: jadul banget!

3. Kendala lainnya adalah kecepatan internet yang menurun di lantai dua. Modem terletak di lantai satu dan sudah coba disiasati dengan extender. Tapi kecepatan internet tetap melempem. Tapi di lantai dua terdapat port ethernet yang pernah Gue tes koneksi dengan menyambungkan ke laptop menggunakan kabel LAN dan berfungsi normal. Apakah Gue bisa memasang router melalui ethernet ini untuk memperluas jangkauan internet di lantai dua?

4. Bujet 500-800ribu, rekomendasi router yang bagus apa ya?

Terima kasih, Suhu Networking.
Up dulu biar ada yang baca..
Up lagi. Kali aja ada yg berkenan jawab..
Saya coba bantu aja gan... biar gak gundah emoticon-Big Grin
Mungkin ada yang lebih bisa kasih info detail.. tapi menurut saya begini :

1. Lemotnya lewat wifi nya aja gan ? Karena kalau liat dari point 3, pakai kabel LAN katanya normal. Itu kemungkinan setting wifi di modem perlu di check lagi..
atau kalau memang mau, wifi dari modem dimatiin lalu beli access point sendiri sebagai pengganti wifi dari modem bawaan. ( Access Point barunya dicolok pakai kabel LAN ke modem bawaan )

2. Pakai yang dual band pun percuma kalau device yang dipakai di rumah rata2 belum support yang 5Ghz.. biasanya Band 5Ghz dipakai untuk komunikasi antara 2 perangkat router wireless / AP.
Jadi pakai yang 2.4Ghz pun kalau memang masih mumpuni gak perlu upgrade.

3. Bisa. Maksudnya mungkin seperti no. 1, Pasang access point untuk lantai 2.

4. Belum bisa jawab.. biasanya berlaku hukum standard.. "Ada harga ada kualitas"
profile-picture
acg4it memberi reputasi
Diubah oleh 4nonymous
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di