CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
Membiasakan Anak Itu Penting!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e803f45c342bb2f1362b48d/membiasakan-anak-itu-penting

Membiasakan Anak Itu Penting!

Membiasakan Anak Itu Penting!




Setiap anak memiliki sifat berbeda-beda. Namun, kebanyakan anak-anak susah diatur, bandel, nakal, rewel dan semaunya sendiri.



Lalu, apakah akan dibiarkan tetap seperti itu atau kita sebagai orang tua akan membiasakannya menjadi lebih baik?

Tentunya semua orang tua ingin mempunyai anak yang penurut dan baik. Orang tua manapun akan berusaha memperbaiki keburukan anaknya supaya lebih baik.


Ada pepatah mengatakan, Anak adalah cerminan dari orang tuanya. Memang pepatah itu bisa kita benarkan, lantas banyak anak yang memiliki sifat turunan dari orang tuanya.


Mendidik anak itu susah. Terkadang, apa yang kita lakukan akan diikuti, mending kalau itu baik, kalau buruk?


Ada cara yang bisa dilakukan para orang tua supaya anak tercermin baik.



Mendidik Anak, Mendidik Diri Sendiri

Karena anak-anak rentan sekali mengikuti apa yang dilakukan orang tua, maka orang tua harus menunjukkan sifat baik pada anak.


Misalnya;

Ketika kita bersama anak, tunjukkan hal baik yang seharusnya dilakukan.

Contoh, beribadah. Ajak anak saat akan beribadah, beritahu secara halus pada anak bahwa beribadah itu kewajiban. Ajak anak turut serta saat beribadah.



Ajarkan juga bagaimana seharusnya sikap bertamu yang benar. Dari mulai masuk rumah orang sampai cara sopan meminum/memakan jamuan. Jangan biasakan menyuruh anak untuk mengambil jamuan sendiri. Sebab, nantinya akan terbiasa seperti itu, anak akan merasa seperti di rumah sendiri dan itu tidak baik.

Kebanyakan anak-anak pecicilan saat bertamu, secara tidak langsung tuan rumah akan merasa risih. (Survei membuktikan dari setiap obrolan emak-emak). Walaupun tidak berterus terang.



Lalu, membiasakan anak bagaimana cara bersosialisasi yang baik dan benar. Tetapi, bukan hanya mengajarkan saja, berilah contoh melalui diri sendiri.



Sebenarnya, tugas orang tua itu bukan merubah tapi mendidik dan membiasakan. Jika anak sudah terbiasa, maka akan mudah diarahkan.

Kalau sudah tahu ilmu dan teorinya, mengurus anak itu gampang. Akan tetapi, memang awalnya susah untuk memulai itu. Banyak kendala dalam mengarahkan anak, sifat anak permanent, tidak bisa mengatur waktu, bahkan merasa tidak yakin dengan cara itu.


Semuanya bisa diatur, asalkan yakin dan berusaha jangan pantang menyerah.



Ilustrasi

Sumber : opini pribadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
081364246972 dan 20 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
ala bisa karena biasa sihh, pepatah ini yang memang terbukti kebenarannya
profile-picture
sitinur200 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Iya Gan/Sis, kalo dibiasakan buruk, yaaaa perkembangannya buruk juga
profile-picture
081364246972 memberi reputasi
setuju banget sama threadnya. kadang agak sebel sih kalo ada anak kecil yg ribut sendiri gitu gatau tempat.. ya walopun anak kecil tapi kan mestinya orang tua bisa menasihati dengan baik dan diajarkan yg baik pulaa.. semangat para orangtua
profile-picture
sitinur200 memberi reputasi
Ya, perilaku anak-anak sangat penting, dan orang tua lebih penting sebagai guru pencerahan.
profile-picture
sitinur200 memberi reputasi
penting banget membiasakan anak biar melakukan hal positif aja sih biar mereka senang tapi harus dalam pantauan orangtua
profile-picture
sitinur200 memberi reputasi
Setuju banget bund.. sudah menjadi kewajiban orang tua untuk merawat dan juga mendidik anak-anaknya.. jangan hanya mendidik anak agar menjadi pintar tapi juga didiklah moral anak kita agar bisa menjadi anak yang berhati baik, berperilaku sopan dan santun.
profile-picture
sitinur200 memberi reputasi
Quote:
itulah pentingnya membiasakan anak dalam segi hal positif

Quote:
sebandel apa pun akan luluh kalo terus menerus dididik

Quote:
betul. Kalo gak dibiasakan hal positif nantinya 'tuman'

Quote:
betul banget. Kalo orang tua gampang nyerah, yaa anak juga gampang nyerah. Makin gede makin sulit diarahkan
setuju banget karena pada dasarnya manusia terbentuk dari kebiasaan-kebiasaan yang ia lakukan, kalo dari kecil ngga' dibiasakan untuk berbuat bener ya besar kemungkinan juga ketika dewasa akan rada' kesulitan untuk berbuat bener ya, begitu pula dengan disiplin, tepat waktu, rajin, dan lain lain.
profile-picture
sitinur200 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


bener gan, karena bisa itu karena terbiasa, tidak bisa karena belum terbiasa aja, proses adaptasi memang cukup sulit tapi jika kita bisa beradaptasi maka bisa dibilang kita berevolusi.
profile-picture
sitinur200 memberi reputasi
setuju, memberikan hal2 yg positif pasti si anak bakal niruuu...
profile-picture
sitinur200 memberi reputasi
Bagus threadnya, parenting di jaman sekarang makin menantang jadi yang diperlukan ya sharing sharing hal begini.
profile-picture
sitinur200 memberi reputasi
iya emang kalau udah terbiasa kita gaperlu ngasih pelajaran banyak2 ke anak
profile-picture
sitinur200 memberi reputasi
Quote:


Iyaz yang belum berkeluarga pun bisa belajar
Quote:


Kayak pepatah Allah bisa karena biasa
Quote:


Iya karena sejatinya anak2 gampang meniru
Quote:


Bener. Pinter akal budi juga gak.kalah penting
Quote:


Iya orang tua gaboleh terlalu clingy tapi ttp.perhatian
Quote:


Orang tua kan emang guru pertama anak
Quote:


Beneran banget dan musti dipraktekin biar tahu
Quote:


Iya ortu harus bisa didik anak di.manapun ia berada
profile-picture
sitinur200 memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di