Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ElviHusnaAvatar border
TS
ElviHusna
Mumpung di Rumah, Gunakan Waktu Berkualitas dengan Gunting-menggunting
Kreativitas menjahit


Oke, welcome back to my thread. Kali ini ane datang dengan segala aktivitas mumpung di rumah, wkwk.


Mewabahnya virus corona dengan cepat membuat pemerintah mengantisipasi dengan diberlakukan lock down. Jadi, buat kamu-kamu yang biasanya kerja di luar, sekarang waktunya istirahat, tentu sambil tetap melakukan kegiatan yang bermanfaat.

Ane mau saran ini, tolong benar-benar stay at home. Jangan egois dan keras kepala menganggap lock down sebagai liburan. Karena efeknya akan fatal ketika pemerintah berupaya menghentikan penyebaran virus, kalian malah keluyuran di keramaian. Please, open your mind. Di luar sana para dokter dan perawat stay di rumah sakit, demi apa? Ya, demi mengobati pasien-pasien yang telah positif Corona. Jadi, jangan tambah beban mereka, kasihan!

Oke, udah cukup lah cuap-cuapnya. Nanti netizen protes pula karena enggak nyambung, hihi.

Berikut hal-hal yang ane lakukan selama di rumah. Sebenarnya yang ane lakukan banyak sih, maksudku banyak mainnya, wkwk. Tapi yang benar-benar bermanfaat dan menggunakan waktu dengan berkualitas adalah menjahit.

Seperti yang Gansist tau bahwa dalam menjahit itu ada beberapa tahapan yang harus dilalui sebelum proses menjahit dimulai. Oke, simak Gansist.

1. Menggambar Pola
Nah, ibarat membangun sebuah rumah, awalnya seorang tukang akan terlebih dahulu menggambar pola atau bentuk dari bangunan yang akan dibangun. Nah, begitu juga dengan menjahit. Ane akan berperang dengan alat-alat untuk menggambar, seperti pulpen, penggaris khusus jahit dan tali centimeter. Biasanya ane menggambar pola baju di atas koran, Gansist.


Tujuan menggambar pola adalah untuk mempermudah dalam menggunting kain. Juga supaya tidak terjadi kesalahan saat menggunting di kain nanti. Karena sedikit saja salah, bisa berabe, harus beli kain baru.
Setelah pola jadi, barulah digunting korannya.


2. Menggunting Kain
Nah, setelah pola digunting, maka ia bisa langsung diletakkan di atas kain. Tentu setelah kain dilipat dengan benar, sesuai dengan bidang kain. Ini penting ya, karena kalau salah melipat kain, maka kain akan banyak habis dan terbuang sia-sia. Selanjutnya bisa langsung dipotong deh sesuai ukuran koran pada pola.


3. Menjahit
Ini proses yang terakhir, setelah kain dipotong sesuai dengan pola, maka saatnya menyatukan potongan-potongan dengan menjahit kain itu dan menyulapnya menjadi baju yang cantik. Taraaa, jadi deh gamis yang cantik. Cantik itu relatif ya Gansist, berlaku juga di baju, wkwk.


Nah, bajunya siap dipakai buat kondangan. Gimana, gimana? Tertarik untuk belajar menjahit?

Oiya, untuk baju ini aku membeli 2,5 meter kain Tory Brunch. Ditambah setengah meter kain hitam untuk kombinasi. Setengah meter itu gak habis sih, masih ada sisa, karena yang dipakai cuma dikit. Nah, kalau mau dibuat selendang pashmina, boleh banget tuh, cukup kainnya.


Nah, begitulah caraku menghabiskan waktu selama di rumah, what about you?

Sumber: Narasi dan dokumen pribadi

Diubah oleh ElviHusna 10-07-2020 01:44
sebelahblog
4iinch
infinitesoul
infinitesoul dan 18 lainnya memberi reputasi
19
2.6K
61
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan