CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Dapatkah Vitamin D Menjadi Upaya Untuk Mencegah Penularan Risiko COVID-19?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7f2167f4d69567785fc3bf/dapatkah-vitamin-d-menjadi-upaya-untuk-mencegah-penularan-risiko-covid-19

Dapatkah Vitamin D Menjadi Upaya Untuk Mencegah Penularan Risiko COVID-19?

Dapatkah Vitamin D Menjadi Upaya Untuk Mencegah Penularan Risiko COVID-19?
                                                      ilustrasi gejala covid

Virus covid-19 atau corona menjadi momok yang menakutkan bagi setiap orang di seluruh dunia saat ini,berbagai upaya dan cara untuk mencegah penularan risiko COVID-19  pun terus di kampanyekan di setiap sudut negeri dan berbagai belahan dunia.

Nutrisi ini sangat penting bagi kesehatan sistem kekebalan tubuh, membuat banyak orang bertanya-tanya apakah suplementasi dengan vitamin D dapat membantu mengurangi risiko tertular virus corona baru yang menyebabkan COVID-19.

Hal ini penting untuk dicatat bahwa saat ini tidak ada obat untuk COVID-19 dan tidak ada tindakan pencegahan selain dengan cara pencegaha penularan virus corona yang tepat dan efektif  jarak sosial dan praktek kebersihan yang layak dapat melindungi Anda dari mengembangkan penyakit ini.

Yang mengatakan, beberapa studi menunjukkan bahwa memiliki kadar vitamin D yang sehat, serta mengonsumsi suplemen vitamin D, dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh Anda sehat, dan dapat melindungi terhadap penyakit pernapasan pada umumnya.

Artikel ini menjelaskan bagaimana vitamin D mempengaruhi kesehatan kekebalan tubuh dan bagaimana suplemen dengan nutrisi ini dapat membantu melindungi terhadap kondisi pernapasan.

Bagaimana vitamin D mempengaruhi kesehatan kekebalan tubuh?
Vitamin D diperlukan untuk berfungsinya sistem kekebalan tubuh, yang merupakan baris pertama tubuh Anda pertahanan terhadap infeksi dan penyakit.

Vitamin ini memainkan peran penting dalam meningkatkan respon imun. Memiliki anti-inflamasi dan immunoregulatory dan sangat penting untuk aktivasi pertahanan sistem kekebalan tubuh .

Vitamin D dikenal untuk meningkatkan fungsi sel-sel kekebalan tubuh, termasuk sel-T dan makrofag, yang melindungi tubuh Anda dari patogen .

Bahkan, vitamin yang sangat penting untuk fungsi kekebalan tubuh sehingga kadar vitamin D rendah telah dikaitkan dengan peningkatan kerentanan terhadap infeksi, penyakit, dan gangguan terkait kekebalan tubuh.

Misalnya, kadar vitamin D yang rendah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit pernapasan, termasuk TBC, asma, dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), serta infeksi saluran pernafasan yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

Selain itu, kekurangan vitamin D telah dikaitkan dengan penurunan fungsi paru-paru, yang dapat mempengaruhi kemampuan tubuh Anda untuk melawan infeksi pernafasan .

RINGKASAN
Vitamin D penting untuk fungsi kekebalan tubuh. Ini kekurangan gizi dapat mengganggu respon kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko infeksi dan penyakit.


Dapat vitamin D melindungi terhadap COVID-19?
Saat ini, tidak ada obat atau pengobatan untuk COVID-19. Tidak ada studi telah meneliti efek dari suplemen vitamin D atau kekurangan vitamin D berisiko tertular virus corona baru yang menyebabkan COVID-19.

Namun, banyak penelitian telah menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D dapat merusak fungsi kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko penyakit pernafasan.

Selain itu, beberapa studi telah menunjukkan bahwa suplemen vitamin D dapat meningkatkan respon kekebalan tubuh dan melindungi terhadap infeksi pernafasan secara keseluruhan.

Sebuah tinjauan baru-baru melibatkan 11 321 orang dari 14 negara menunjukkan bahwa suplemen vitamin D menurunkan risiko akut infeksi saluran pernapasan (ISPA) pada mereka yang kekurangan vitamin D dan mereka dengan tingkat yang memadai.

Secara keseluruhan, penelitian menunjukkan bahwa suplementasi vitamin D mengurangi risiko mengembangkan setidaknya satu ARI sebesar 12%. Efek perlindungan paling kuat pada mereka dengan kadar vitamin D rendah

Selain itu, penilaian ini menemukan bahwa kebanyakan suplemen vitamin D efektif melindungi terhadap ISPA ketika diambil setiap hari atau setiap minggu dalam dosis kecil dan kurang efektif bila diambil dalam dosis yang lebih besar.


referensi : healthline,
                 halalboga

#healthy
profile-picture
profile-picture
profile-picture
NadarNadz dan 9 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
ohhh beginu
Vitamin D didapat dari apa aja ya?
makasih infonya
ane td kemaren n td siang nyari bbrp apotek n minimarket di sekitaran t4 ane tinggal gan... vitamin pada kosong, yg ad tinggal vitacimin dsj n suplemen macem cdr redokson dsj.

Stok ane si rumah, vitamin A B kompleks IPI n natur E ud kehabisan. Di rumah cuma tinggal holisticare C doang 1 botol. Ampun bener dah
emoticon-Turut Berduka
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Bener gan di apotik vitamin c udah pada kosong semua, akhirnya ane beli imboost kalo ga imuno
profile-picture
kijangrusa memberi reputasi
Quote:


Ah ud kena tipu, males
infonya menarik dan menambah ilmu banget nih gansis bagus banget nih thread nya semoga semakin maju
semoga kita semua terbebas dari segala penyakit yang ada termasuk virus corona kaya gini nih gan sis
yang terpenting sih kita harus menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh kita nih gansis agar terhindar selalu dari penyakit
guuuud.. ane juga sekarang tiap pagi berjemur.. biar sehat aja sih.. ya jangan sampe kena covid juga haha amit2
Quote:


berjemur pagi-pagi gan.. coba aja googling untuk info durasi dan jam berapa bagusnya untuk dapet vit. d. karena.. suplemen di apotek udah pada abis wkwk
profile-picture
antomulyo memberi reputasi
Diubah oleh dhinyzfrn
jaga kebersihan jg penting bro
oh begitu thanks dah informasinya sangat bermanfaat
memang ya vitamin D ini penting banget bagi tubuh, jadi harus rajin rajin berjemur nih pagi pagi biar dapet vitamin D gratis dari cahaya matahari hehe
Quote:


Wih berasa orang kaya, kerjanya berjemur emoticon-Big Grin
wihhhhh ngeri juga yak gejala yg umum begituan
Quote:


Hahahahaha
Semua harus rajin minum atau makan vitamin sih gan
Vitamin apapun juga
Quote:


iya bener sih gan, semua vitamin pasti bermanfaat buat tubuh
Quote:


Yuppppp semua vitamin pasti sih ya
Vitamin apapun ahahahahah
emang gak melindungi secara langsung tapi imun tbuh jadi terjaga
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di