CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Setengah Abad Berlalu,ANS Setia Melaju Mewarnai Cerita Perantau Dari Tanah Minang
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e79e95baf7e9372b2534e1e/setengah-abad-berlaluans-setia-melaju-mewarnai-cerita-perantau-dari-tanah-minang

Setengah Abad Berlalu,ANS Setia Melaju Mewarnai Cerita Perantau Dari Tanah Minang

Setengah Abad Berlalu,ANS Setia Melaju Mewarnai Cerita Perantau Dari Tanah Minang

Sumber


Menyambung tulisan ane kemarin soal sejarah transportasi darat di Indonesia,khususnya bus.Kali ini ane akan ajak gan sist berkenalan dengan salah satu legenda transportasi di Sumatera,kalau kemarin kita bahas ALS kali ini ane akan membahas ANS emoticon-Big Grin


Mungkin ada yang bertanya,ada hubungan apa ANS dengan ALS ?,yang pasti mereka bukan adik kakak gan emoticon-Ngakak (S)
Memang sekilas namanya hampir mirip,salah satu hal mencolok yang membedakan adalah asal daerahnya,ALS dari Sumatera Utara.Sedangkan ANS dari Sumatera Barat,yuk kita geser sedikit ke arah barat menuju kota Bukittinggi Sumatera Barat emoticon-Big Grin


Sama seperti ALS,nama dari ANS memiliki akronim dibaliknya yaitu Aman Nyaman dan Sampai Tujuan.Didirikan sekitar tahun 1960 oleh Anas Sultan Jamaris di Bukittinggi,Sumatera Barat.Ane coba cari info yang lebih mendetail,tapi belum menemukan kapan tepatnya PO bus ini didirikan.Yang pasti sekitar tahun 1960-an,seangkatan sama ALS juga nih emoticon-Big Grin


Setengah Abad Berlalu,ANS Setia Melaju Mewarnai Cerita Perantau Dari Tanah Minang

Bus ANS menyebrangi sungai,tahun 1970an

Sumber

ANS dalam foto diatas banyak yang menyebutnya sebagai Chevrolet Division 74,ada juga yang menyebut bus tersebut dengan model 1970 ke atas atau ‘C Goreh’ karena tipenya adalah C/150.Bisa jadi kendaraan ini adalah bus generasi pertama yang menjajal berbagai jalan yang ada di Sumatera Barat pada zamannya gan sist emoticon-Belo


Bagi masyarakat zaman dulu,kendaraan ini dianggap barang mewah dan langka karena tidak semua orang mampu menaikinya.Pada masa itu,klakson bus yang ada di Minangkabau berbunyi mendayu-dayu, yang dikenal dengan istilah ‘kalason oto’.ANS merupakan PO asli Sumatera Barat yang punya jasa besar,mengantarkan para perantau minang menuju kota-kota di Sumatera dan Jawa.Salah satu pelopor transportasi bus di Sumatera Barat,menjadikan daerah Sumatera bagian barat menjadi daerah paling maju dibidang transportasi.


Setengah Abad Berlalu,ANS Setia Melaju Mewarnai Cerita Perantau Dari Tanah Minang

ANS sedang parkir menunggu jam berangkat

Sumber


Siapa sangka gan pada masa jayanya,bus ini pernah melayani rute Banda Aceh di ujung Sumatera sampai Denpasar,Bali emoticon-Belo
Sama seperti ALS yang pernah menjelajah Bali pada masanya,perusahaan bus Sumatera memang menggila ya gan sist soal trayeknya diera 80-90an.Pada era 1980-1990 bersama PO bus lain seperti ALS,NPM,PMTOH, dan SAN.Menjadi jajaran pemain top dilintas Sumatera gan sist,sayangnya trayek Aceh-Denpasar sudah tidak beroperasi lagi.Kalau masih beroperasi,mungkin akan jadi salah satu trayek bus yang terjauh di Indonesia gan sist.
Gila gak sih Aceh-Denpasar cuy emoticon-Big Grin emoticon-Hammer (S) ,Medan-Jember saja butuh waktu tempuh kurang lebih 2 minggu.Berapa kira-kira waktu tempuh dari Aceh-Denpasar ? emoticon-Belo (yang tahu silakan komen
emoticon-Ngakak (S))


Sama seperti bus Sumatera pada umumnya,ANS juga punya trayek dari Sumatera menuju beberapa kota besar dipulau Jawa.Saat ini ANS melayani rute Pulang Pergi dari Jabodetabek dan Bandung menuju Padang,Solok,Medan dan beberapa kota lainnya di Sumatera.Untuk trayek yang lebih dekat, ANS melayani rute dari kota di Sumatra Barat, seperti Padang,Bukittinggi, Pariaman,menuju beberapa kota di pulau Sumatra, seperti Banda Aceh, Medan, Pekan Baru,Dumai,
Jambi, Palembang,Bengkulu.


Setengah Abad Berlalu,ANS Setia Melaju Mewarnai Cerita Perantau Dari Tanah Minang

Sumber


ANS adalah salah satu bus yang setia memakai mesin dan chasis Mercedes-Benz selain ALS dilintas Sumatera,dari akhir 1970 sampai sekarang gan sist.Ini membuktikan bahwa Mercy memang cocok untuk melibas ekstrimnya lintas Sumatera emoticon-Cool
Selain setia dengan Mercedes,ANS juga setia hanya dengan satu karoseri,yaitu karoseri Morodadi Prima dari kota Malang.Semua unit bus ANS memakai body bus buatan Morodadi,bisa dilihat dari gambar diatas.Alih-alih memakai body Jetbus yang lagi naik daun,ANS setia tetap mempercayakan urusan body busnya pada Morodadi Prima.Bisa dibilang ini PO bus antimainstream yang gak ikut-ikutan tren body bus lainnya, seperti body Jetbus atau SR2 yang lagi ngetren sekarang emoticon-Big Grin
Konon katanya body buatan Morodadi adalah salah satu body yang paling kokoh di Indonesia,dan bagi PO bus Sumatera yang ingin memakai produk body Morodadi,bisa langsung memesan lewat PO. ANS ini gan sist emoticon-Big Grin


Setengah Abad Berlalu,ANS Setia Melaju Mewarnai Cerita Perantau Dari Tanah Minang

Sumber

Grand Tourismo milik ANS,karoseri Morodadi Prima


Setengah Abad Berlalu,ANS Setia Melaju Mewarnai Cerita Perantau Dari Tanah Minang

Body Ventura 2,Morodadi Prima

Sumber


Diatas merupakan body terbaru dari ANS buatan Morodadi Prima,dengan tampilan kaca tumpuk (bahasa kerennya double glass emoticon-Big Grin),menurut ane tampilan body Morodadi ini cukup sederhana dengan sekat pemisah kacanya seperti tren body bus sekarang.Dan tentunya gak kalah dengan produk Jetbus buatan Adiputro yang laris manis itu gan sist.Mengikuti tren itu memang penting untuk bertahan dibisnis transportasi,tapi dengan tidak mengikuti tren itu malah bagus,dimana kita bisa menciptakan tren kita sendiri.ANS salah satunya,dengan setia memakai produk Morodadi Prima,menjadikan keunikan sendiri bagi bus ini dikalangan penikmat transportasi bus dan para penumpang setianya.Tanpa mengikuti body Jetbus yang kekinian,mereka tetap bisa bertahan melaju dijalurnya.


Setengah Abad Berlalu,ANS Setia Melaju Mewarnai Cerita Perantau Dari Tanah Minang


Sumber


Nah diatas ada tiket sampul lawas milik PO. ANS,ane dapat dai salah satu blog busmania diinternet,membuktikan bahwa dulu terekam jejak ANS yang menembus pulau Dewata gan sist emoticon-Matabelo
Mungkin ini tiket era 90-an dimasa jayanya bus Sumatera,kira-kira adakah disini yang masih menyimpan tiket bus seperti diatas ? emoticon-Big Grin


Lebih dari setengah abad mewarnai kisah para perantau minang menuju tanah rantau,dan kembali mengantarkan ke kampung halaman mereka.Inilah ANS perintis transportasi darat dan salah satu legenda dijalur Sumatera,yang masih eksis sampai saat ini menemani kisah cerita rantau orang minang.



Sumber: Pemikiran pribadi TS
Referensi: 1 , 2 , 3 , 4
Gambar :blogger busmania,google image
profile-picture
profile-picture
profile-picture
siapika dan 17 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
Halaman 1 dari 6
Setengah Abad Berlalu,ANS Setia Melaju Mewarnai Cerita Perantau Dari Tanah Minang

saksi sejarah,Sumatera-Bali pake ANS,makasih udah share pengalaman om emoticon-Matabelo


Quote:


Pencerahan dibalik nama ANS,makasih gan emoticon-Big Grin

Quote:




Penglaman kaskuser emoticon-Toast

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:
profile-picture
profile-picture
a9r7a dan muantapdjivva memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
Lihat 1 balasan
Salah satu transportasi yg sangat tangguh & bisa diandalkan.. emoticon-Big Grin
Benar2 salah satu pelopor perusahaan bus pada masanya.. emoticon-Big Grin
Dulu pernah merasakan naik bus ini.. emoticon-Big Grin

Btw nasibnya sekarang gimana perusahaan bus satu ini.. emoticon-Big Grin
Masih jaya atau sudah menurun.. emoticon-Big Grin
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


masih jaya gan,itu diatas ada body bus terbaru dari ANS emoticon-Big Grin

kalo boleh tahu tahun berapa dan naik rute mana nih ?,mungkin bisa dishare dimari emoticon-Big Grin
btw makasih udah komen,cek kulkas emoticon-Toast
profile-picture
muantapdjivva memberi reputasi
Temen Nya ALS emoticon-Cool
Antar Lintas Sumatera emoticon-Cool
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Quote:


betul,teman sepersaingan di lintas Sumatera gan emoticon-Toast
Keep ngetrit tentang bis legend gan, jd seneng bacanya & tambah ilmu.
Kerennnn dahhh.
Tengkiuuuu emoticon-Nyepi
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Bahas Po. Kurnia juga donk gan.. Bus paling legend di tanah Aceh
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Ditunggu versi bus sumber kencono gan, yang sempet viral karena sering kecelakaan.
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
ans masih sering ngeliat kalo pulkam ke bukittinggi.
dulu sering berpapasan ama ans kalo naik bis jakarta padang.
dulu gw naik jastra klo pulang, cuma udah gak ada lagi.

profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Quote:


sama2 gan,pantengin terus trit ane,masih akan ada 3 legend lagi yang akan ane tulis kedepan dari lintas sumatera.terimakasih buat suportnya emoticon-Toast


Quote:


ok gan,ane akan usahakan bahas kurnia nanti.rencana mau bahas 5 legend dulu, perintis bus disumatera.ane masukin trit bonus nanti untuk kurnia,terimakasih masukan dan suportnya emoticon-Toast

Quote:


sudah masuk rencana buat dibuat tritnya gan,tapi ane mau rampungin dulu lintas Sumatera.masih tersisa 3 legend lagi yang perlu diangkat sejarahnya emoticon-Big Grin
terimakasih buat suportnya,cek kulkas emoticon-Toast


Quote:


masih sering ngebis kah gan sekarang ?
btw Sumbar selain ANS,ada NPM yang terkenal.habis ini ane buat bahasan soal NPM,cek kulkas gan emoticon-Toast
Diubah oleh si.matamalaikat
masih sepi cuyy,ramein lagi.
pejwan masih sisa banyak nihh emoticon-Toast
bisa dikatakan oto padang padahal bukittinggi emoticon-Ngakak
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Quote:


wkwkwk,mungkin karena identik dengan trayek padangnya gan,jadi disebut oto padang emoticon-Big Grin
Pelanggan setia MP emoticon-Recommended Seller
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Ane lahir dan gede dijkrta tapi pas kuliah ane milih dipadang...

Pada saat itu, harga tiket pesawat masih pada mahal, dan maskapai masih pada terbatas, beberapa tahun sebelum booming armada pesawat murah...

Nah tiap liburan kuliah, otomatis ane kan “pulkam” ke rumah dijakarta, terkadang kalo tiket pesawat mahal banget ane milih naik bis, dan ANS ini bis favorit ane buat pulkam dari padang ke jakarta...

Awalnya ane gak ngerti kan, jadi pertama beli tiket ane beli tiket kelas Super Executive (SE) yg seat nya 2 dan 1, yg kursinya nyaman fan lega bisa buat tiduran trus ada selimut plus penyangga kaki dijoknya yg bisa dinaikin...

Tapi pas ane udah sering naik dan ngerti tips dan triknya, ane kalo mau naik ANS selalu beli tiket bus kelas AC paling murah aja, nah nanti pas ane nunggu jadwal keberangkatan bus, dipool bus ANS itu banyak calo yg menawarkan buat upgrade tiket dari kelas ekonomi dengan nambah sedikit uang kekelas SE (yang kalo pun dijumlahin sama tiket ekonomi diawal + biaya upgrade totalnya masih lebih murah,30-40% harga tiket reguler kelas SE)...

Yg bikin seru itu cara calo nawarin upgradenya, mereka akan deketin penumpang satu persatu sambil berbisik nanyain tiket yg kita punya dan dia nawarin mau upgrade atau ngga kekelas SE dengan nambah sedikit uang dengan iming2 (khusus mahasiswa pria), “kursi angek”, atau dalam bahasa indonesianya “kursi panas” alias duduk berduaan diseat 2 orang sama cewek...

Trus ane stay cool kan ditawrin gitu, trus clingak clinguk liat sekeliling bener gak ada cewek, eh ternyata bener, trus ane wanti2 tuh calo, “beneran ya da, harus kursi angek”

Akhirnya terjadilah transaksi upgrade kelas tiket tersebut dan ane sukses pulkam dari padang ke jakarta naik bis duduk berduaan sama cewek

Biasanya kalo udah dapat duduk berduaan sama cewek, dan cewek sebelah nyaman sama kita, sepanjang perjalan mulai dari di bis, ditempat istirahat bis buat makan atau kekamar mandi, sampe dikapal penyeberangan pun si cewek pasti bakalan nempel terus sama kita...

emoticon-Cool emoticon-Cool emoticon-Cool


Ahhhh serunya masa2 itu...

Bahkan pas booming tiket pesawat murah dan menjamurnya armada pesawat, ane masih sempat naik bis ANS buat balik kejakarta buat menikmati perjalanan...
profile-picture
profile-picture
notagoodman dan si.matamalaikat memberi reputasi
Diubah oleh prince.cerberus
rute paling jauh ane dr jateng - sumbar. 3 hari 2 malam
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Aman Nyaman Sejuk apa Sampai Tujuan?
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Quote:


iya gan,dari dulu gak mau pindah ke lain hati emoticon-Malu

Quote:


salah satu pemain top di sumatera pada masanya emoticon-2 Jempol

Quote:


yoi gan,perpaduan warna biru mudanya juga pas buat bus ANS emoticon-Big Grin
Diubah oleh si.matamalaikat
mantul...

Aman
Nyaman
Sejuk

96-2000 ane sm keluarga selalu naik ini nih, pool nya ada di jalan pemuda Rawamangun situ.

termasuk bus top lah di taun 90an, untuk AKAP armadanya paling banyak beroperasi yg kelas bisnis ke atas, armada ekonomi (non-ac) banyak dipakai buat padang - bukittinggi,

dulu ini PO kek ibarat darah biru nya minang, rakyat jelatanya PO NPM ( Naikilah Perusahaan Minang) wkwkkw

kudu rasain naik Super Executive 2-1 ( seatnya 2 kanan, 1 kiri, lega bet... daoet selimut, ada toilet, bawa busnya nyaman

apalagi pas berjejer sama bus lain di R.M Umega Gunung Medan, catnya simple mantul bikin ini bus kelihatan elegan ( tapi emang di tahun itu armada bus ANS keknya baru prmbaharuan bus bus nya, jd masih mulus mulus dan kinclong )


kenangan kecil ane banyak di bus ini ni...


walaupun sekarang udah sedikit armadanya karena satu dan lain hal, ane ingin ucapkan terima kasih kepada seluruh pegawai ANS karena ane diantarkan pulang kampung pulang pegi dengan selamat
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Diubah oleh slumama
Setengah Abad Berlalu,ANS Setia Melaju Mewarnai Cerita Perantau Dari Tanah Minang
Stock di karoseri morodadi
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di