gabener.edanAvatar border
TS
gabener.edan
Tim Pakar COVID-19: Mulai Sekarang Etika Batuk Harus Diubah
Jakarta - Pemerintah terus meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan penyebaran virus Corona (COVID-19) tetapi tetap tidak menimbulkan kepanikan. Penyebaran virus dari manusia ke manusia ini disebut paling rentan melalui batuk.
Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 menghadirkan tim pakar Prof Wiku Adisasmito yang memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai asal muasal virus hingga cara pencegahannya. Prof Wiku menyebut virus ini berasal dari Wuhan, China.


Wiku juga menyebut orang yang tertular virus ini tidak lantas langsung menjadi sakit karena setiap orang memiliki sistem imun yang berbeda. Namun gejala yang paling umum, disebut Wiku, adalah demam dan batuk. Gejala batuk inilah yang menurut Wiku rentan menularkan virus itu ke orang lain.

"Virus ini self-limiting disease, bisa sembuh sendiri selama daya tahan tubuh manusia memadai untuk itu," kata Wiku dalam siaran langsung yang disiarkan akun resmi YouTube BNPB, Rabu (18/3/2020).

Untuk itu, Wiku meminta masyarakat mulai menerapkan etika batuk yang berbeda. Sebab, menurut Wiku, etika batuk yang umum adalah menggunakan telapak tangan yang saat ini harus diubah.

"Ketika batuk itu reaksi umum publik adalah menggunakan telapak tangan yang ditutup dan ini adalah praktik batuk yang kurang tepat," kata Wiku.


"Jadi, Saudara-saudara sekalian, kalau batuk mungkin sekarang harus mulai berlatih dengan cara batuk yang berbeda, yaitu dengan menggunakan lengan, seperti ini, jadi tidak menyebar," imbuhnya.

Terakhir Wiku menyampaikan lagi pesan dari pemerintah yang selama ini terus diulang. Setidaknya ada 5 pesan dari pemerintah untuk publik demi menghindari penyebaran virus ini lebih luas.

"Yaitu jaga jarak, dilarang jabat tangan, cuci tangan, hindari kerumunan, dan pakai masker di tempat ramai," kata Wiku.

https://m.detik.com/news/berita/d-49...rom=wpm_nhl_12

Semoga bermanfaat yaa gansisemoticon-Jempol












emoticon-Ngacir
phyu.03
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 3 lainnya memberi reputasi
4
4.4K
39
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan